11 Cara mengatasi mulut kering secara alami dengan cepat

Kesehatan, Tips
cara mengatasi mulut kering
image from assureasmile.com

Cara mengatasi mulut kering dengan cepat sekaligus tips bagaimana mencegah agar mulut tidak mudah kering. Mulut kering atau xerostomia merupakan suatu kondisi dimana produksi air liur menurun Sehingga menyebabkan mulut menjadi kering dan lengket. Kondisi ini sering diikuti oleh gejala lainnya seperti tenggorokan kering, bau mulut, lidah kering, kesulitan menelan, dan rasa haus yang tak tertahankan. Penyebab mulut kering bervariasi tetapi secara umum penggunaan obat-obatan, menopause, stres, pembengkakan mulut, dan infeksi menjadi diantara yang paling sering.

Rendahnya air liur yang diproduksi akan mengurangi kemampuan mulut untuk melawan bakteri. Hal ini dikarenakan air liur membantu memecah makanan, mencegah kerusakan gigi, sekaligus meningkatkan kesehatan pencernaan. Nah untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi mulut kering secara alami berikut tipsnya untuk anda:

 

Cara mengatasi mulut kering 

1. Buat tubuh anda tetap terhidrasi 

Meningkatkan asupan air putih dapat membantu anda mengatasi mulut kering. Hal ini dikarenakan air berperan penting dalam meningkatkan produksi air liur dan mencegah tubuh anda mengalami kekurangan air secara keseluruhan. Cukupi kebutuhan air setidaknya 8 gelas perhari.

2. Menggunakan pengganti air liur 

Penggant juga air liur dikenal sebagai air liur buatan yang disemprotkan ke dalam mulut. Air liur buatan ini dirancang untuk berfungsi seperti halnya air liur yang berguna sebagai pelumas mulut. Penggunaannya secara teratur dapat meredakan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh mulut kering yang kronis.

Akan tetapi air liur buatan ini tidak menggantikan peran air liur sepenuhnya dan pastinya tidak bisa menjaga dan melindungi gigi dari kerusakan. Meskipun demikian, air liur buatan ini mengandung senyawa yang hampir mirip dengan viskositas atau ketebalan saliva yang membantu meningkatkan retensi kelembaban pada mulut.

3. Hindari bernapas melalui mulut 

Bernafas melalui mulut dapat membuat mulut menjadi lebih kering. Sehingga anda perlu menghindarinya untuk mencegah terjadinya mulut kering. Jika anda mengalami kesulitan bernapas melalui hidung, gunakan tetes salina dan inhalasi uap untuk melancarkan pernapasan melalui hidung.

4. Tingkatkan asupan buah dan sayur 

Buah dan sayur terutama yang memiliki kandungan air tinggi termasuk buah semangka, pir, anggur dll dapat membantu anda tetap terhidrasi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini sangat penting dan mungkin juga berguna meningkatkan produksi air liur.

5. Berkumur menggunakan air garam 

Berkumur menggunakan air garam akan memicu kelenjar saliva untuk memproduksi air liur sehingga akan membantu mengatasi mulut kering secara alami. Caranya: ambil satu cangkir air hangat kemudian campurkan dengan satu setengah sendok teh garam di dalamnya. Berkumurlah menggunakan air tadi tiga sampai empat kali sehari.

6. Cobalah makan cabe 

Cabe rawit mampu menstimulasi tunas rasa yang menyebabkan kelenjar ludah untuk lebih aktif dalam memproduksi air liur. Hal ini pada gilirannya akan membantu mengatasi mulut kering dengan sendirinya. Anda bisa menambahkan cabe rawit pada makanan atau sup yang anda konsumsi.

7. Biji adas 

Biji adas membantu memproduksi air liur yang akan meringankan masalah mulut kering yang anda alami. Caranya: kunyah biji adas beberapa kali sehari terutama setelah makan untuk mengatasi mulut kering sekaligus menghilangkan bau mulut secara alami.

8. Kapulaga 

Menggunakan kapulaga merupakan cara yang cukup efektif untuk mengatasi mulut kering secara alami. Rempah-rempah ini mampu merangsang perasa lidah dan memproduksi air liur. Caranya: kunyah beberapa biji kapulaga setiap habis makan, hal ini akan membasahi mulut dan juga meredakan masalah bau mulut yang mengganggu.

9. Jahe 

Obat yang cukup efektif untuk mengatasi mulut kering yang selanjutnya adalah jahe. Jahe dianggap sangat berguna dalam mengaktifkan kelenjar ludah dan memberikan rasa segar pada mulut. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe secara rutin saat mengalami mulut kering.

10. Lidah buaya 

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan sangat banyak sekali salah satunya adalah mengatasi masalah mulut kering. Anda bisa mengkonsumsi seperempat cangkir jus lidah buaya untuk membantu Anda melembabkan kulit secara alami. Mengkonsumsi jus lidah buaya akan memicu kelenjar saliva untuk mengeluarkan air liur lebih banyak. Dengan demikian akan membantu mengatasi masalah mulut kering yang mengganggu.

11. Minyak biji anggur 

Minyak biji anggur berguna menghilangkan bau mulut dan mengatasi masalah mulut kering. Menggosokkan beberapa minyak biji anggur pada lidah dan bagian mulut Anda dapat membantu melembabkannya secara alami.

 

Tips mencegah mulut kering 

  • Hindari mengkonsumsi makanan yang berminyak dan pedas karena dapat memicu dinding bagian dalam mulut mengganggu produksi air liur sehingga menyebabkan mulut menjadi lebih kering.
  • Hindari makanan yang asin dan kering seperti kue, kerupuk, roti panggang atau roti kering terutama saat Anda mengalami masalah mulut kering.
  • Kurangi makanan yang bersifat asam seperti jeruk, nanas dan sejenisnya. Buah-buahan ini disinyalir akkan mengubah keseimbangan PH tubuh yang bersifat asam dan menginduksi peningkatan buang air kecil sehingga akan mengurangi kelembaban di mulut Anda secara drastis.
  • Hindari penggunaan antihistamin dan dekongestan kecuali jika dokter mersepkannya.
  • Berhentilah merokok dan hindari minuman beralkohol, karena keduanya akan menyebabkan mulut kering sekaligus memperparah kondisi mulut kering yang anda alami.
  • Hindari minuman seperti kopi yang mengandung tinggi kafein, karena kafein diketahui dapat mengeringkan mulut.
  • Bersihkan lidah Anda secara teratur untuk menghindari kerusakan gigi dan mulut kering.

Demikian tadi tips yang bisa kami bagi seputar cara mengatasi mulut kering dengan cepat. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk anda.