Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Posted on

Apakah anda sedang mencari solusi tentang cara mengatasi laptop yang cepat panas? Pada kesempatan kali ini, kami caraprofesor.com ingin berbagi tips dan cara mengatasi agar laptop anda tidak cepat panas sehingga nyaman dan aman saat digunakan.

Image by StockSnap from Pixabay

Sebelumnya kami ucapkan Selamat datang di Caraprofesor.com yaitu salah satu portal di informasi online yang memuat ragam informasi terbaru tentang teknologi dan informasi yang dapat menjadi referensi bagi semua dan semoga informasi ini bisa memberikan tambahan ilmu baru bagi sahabat semua.

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas

Untuk menghindari panas yang berlebih, kita akan coba membahas bagaimana cara mencegah agar laptop tidak menjadi panas ketika kita gunakan. Secara umum panas dari sebuah laptop disebabkan oleh sirkulasi sistem pendingin yang terdapat pada laptop kurang berfungsi dengan baik atau kurang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa cara agar laptop tidak cepat panas yang bisa di jadikan solusi jika mengalami panas yang berlebih. Semoga cara ini dapat mengatasi overheating atau panas berlebih pada laptop yang anda gunakan.

Bersihkan Sistem Pendingin Laptop

Membersihkan sistem pendingin (cooling sistem) pada laptop. Sistem pendingin yang ada pada laptop biasanya bekerja dengan menyedot udara dari luar yang biasanya lebih dingin dan kemudian mengeluarkannya kembali.

Masalah yang sering terjadi adalah ketika menyedot udara dari luar, udara yang disedot sering kali bercampur dengan debu dan juga kotoran dari udara tersebut.

Untuk jangka panjangnya, debu ini bisa menjadi penghalang pendingin dalam bekerja. Dengan adanya permasalahan ini sebaiknya kita bisa membersihkan cooling sistem atau pendingin secara berkala. Agar sistem pendingin bekerja dengan baik.

Sebagai catatan, jika belum terbiasa dengan membongkar laptop, sebaiknya jangan melakukan pembersihan sendiri. Sebaiknya serahkan kepada tukang servis laptop, agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

Perhatikan Keluarnya Angin Panas Sistem Pendingin

Terkadang kita merasakan udara yang panas keluar dari perangkat laptop. Nah, coba anda perhatikan lebih detail, apakah aliran udara panas tersebut terhalang sesuatu atau tidak

Jika terhalang sesuatu, sirkulasi pendingin akan menjadi tidak berjalan secara optimal, sehingga bisa menyebabkan overheating pada laptop.

Menggunakan Laptop Di Permukaan Yang Keras dan Datar

Berhubungan dengan sirkulasi panas yang ada di sistem pendingin laptop. Sistem pendingin ini di desain untuk bekerja pada permukaan yang datar dan keras, seperti meja kerja.

Sistem pendingin bekerja saat kita meletakkan di atas meja dapat lebih maksimal dari pada meletakkan di tempat lain seperti Kasur, karpet atau sesuatu yang menyerap panas lainnya.

Ini dikarenakan meja yang datar dan keras akan bisa lebih mudah mengalirkan panas, sedangkan karpet dan juga kasur akan menahan panas, sehingga jika kita mengoprasikanya dalam jangka waktu yang panjang laptop kita juga akan ikut panas.

Cooling Pad Fan Bisa Mencegah Overheating Laptop

Cooling pad yang berkualitas baik dapat dijadikan salah satu alternatif lain yang bisa digunakan untuk mencegah panas pada laptop. Akan tetapi tidak semua cooling pad itu bagus untuk digunakan, karena tidak semua cooling pad di desain khusus untuk mendinginkan laptop.

Hindarkan Laptop Dari Paparan Panas Berlebih

Hindari paparan panas yang berlebih di laptop, seperti sinar matahari langsung, suhu ruangan yang panas, dan mengunakan laptop disekitaran mesin yang memiliki panas yang tinggi.

Selain bisa menyebabkan panas yang berlebih, hal ini bisa menyebabkan kerusakan laptop jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama.

Suhu ruangan normalnya 20 – 25 Derajat Celcius ( °C ) selain bagus untuk laptop suhu ruangan normal sangat bagus untuk tubuh kita. Dengan suhu ruangan normal kita bisa lebih baik dalam bekerja.

Demikianlah sedikit informasi dari caraprofesor.com tentang cara mengatasi laptop agar tidak cepat panas yang dapat Anda jadikan referensi. semoga bermanfaat yaa… , Terimakasih.