5 Cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas secara alami

Kesehatan, Tips
cara mengatasi kulit kaki mengelupas
www.cosmopolitan.com

Cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas secara alami, cepat dan Insyaa Allah bekerja cukup efektif sekaligus aman untuk diterapkan secara rutin, karena menggunakan bahan-bahan yang ramah.

Pengelupasan pada kaki merupakan salah satu masalah yang sangat umum terjadi. Pengelupasan ini bukan hanya membuat kaki Anda terlihat jelek, tetapi terkadang juga menyebabkan rasa sakit saat digunakan berjalan. Bahkan, beberapa kasus kulit kaki yang mengelupas juga memicu pendarahan dan infeksi. Gejala pengelupasan pada kaki ditandai dengan kulit terasa sangat kering. Kulit kaki yang mengelupas Sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius, tetapi tentu hal ini juga mempengaruhi penampilan dan juga kenyamanan Anda.

Banyak cara atau metode yang bisa anda tempuh untuk mengatasi pengelupasan kulit pada kaki. Salah satu metode tersebut memanfaatkan bahan-bahan alami sehingga lebih aman. Tapi sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas. Mari kita cari tahu dulu penyebabnya.

 

Penyebab kulit kaki yang mengelupas

Penumpukan sel kulit mati: masalah ini sering muncul ketika anda tidak melakukan perawatan yang tepat pada kaki. Saat kita tidak melakukan perawatan dengan benar, sel kulit mati yang terdapat pada kaki akan menumpuk sehingga terkadang terjadi pengelupasan.

Infeksi jamur: diantara salah satu penyebab kulit kaki yang mengelupas adalah akibat infeksi jamur di kaki. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan kulit kaki menjadi lebih kering serta terkadang terasa sedikit gatal dan bau.

Eksim: Eksim merupakan kondisi dimana kulit tertentu sehingga menyebabkan peradangan, kekeringan dan sensasi gatal yang terkadang diikuti dengan pengelupasan pada kulit.

Sengatan sinar matahari: Sengatan sinar matahari berlebih ternyata juga dapat menyebabkan pengelupasan pada kulit kaki. Hal ini terkadang diikuti dengan rasa sedikit terbakar dan warna kemerahan pada kulit.

 

Cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas

1. Garam epsom

Salah satu bahan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi kulit kaki yang mengelupas adalah garam epsom. Garam epsom dapat merawat pengelupasan pada kulit dengan cukup efektif. Penggunaan garam epsom juga relatif lebih mudah dan pastinya murah.

  • Pertama masukkan air hangat ke dalam sebuah bak kemudian tambahkan dengan segenggam garam epsom ke dalamnya.
  • Rendam kaki anda dalam air tersebut selama 10 menit,kemduian gosok menggunakan batu apung untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada area kaki dan tumit.
  • Jika proses ini sudah selesai Anda bisa membersihkannya dengan air dingin.

 

2. Minyak kelapa, zaitun dan, almond

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa salah satu penyebab utama kulit kaki yang mengelupas adalah faktor kekeringan. Untuk itu, penggunaan minyak kelapa, zaitun, dan almond sangat diperlukan untuk melembabkan kulit secara alami. Obat ini bekerja cukup efektif untuk mengatasi kulit kaki yang mengelupas. Selain membantu mengurangi pengelupasan pada kulit, penerapan ketiga bahan tadi juga berguna membuat kaki menjadi lebih halus dan lembab secara alami. Caranya:

  • Siapkan minyak kelapa, minyak almond dan minyak zaitun, masing-masing 1 sendok makan.
  • Masukkan ketiga bahan tadi ke dalam sebuah wadah kemudian aduk hingga merata.
  • Terapkan pada kaki Anda kemudian lakukan pemijatan ringan selama 5 menit.
  • Cara ini sangat berguna untuk menghilangkan kulit kaki yang mengelupas.

 

3. Lidah buaya

Lidah buaya merupakan pelembab kulit yang sangat luar biasa. Tanaman ini memiliki banyak khasiat, diantaranya adalah mengatasi kulit kaki yang mengelupas secara alami. Penggunaan lidah buaya secara rutin bukan hanya membantu mengatasi pengelupasan pada kulit kaki, tetapi juga melembabkan kulit anda. Sifat anti bakteri, anti inflamasi, dan anti jamur yang dimiliki oleh lidah buaya mampu merawat kondisi kulit anda secara efektif dan tentunya aman.Cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas dengan lidah buaya tidaklah sulit berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama ambil satu daun lidah buaya kemudian potong menjadi 2 bagian untuk mengeluarkan gelnya.
  • Haluskan gel tersebut agar teksturnya lebih mudah untuk diterapkan. Jika adna sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan balurkan ke kulit kaki Anda hingga merata.
  • Seperti biasa lakukan pemijatan selama beberapa menit kemudian diamkan sekitar setengah jam.
  • Jika sudah selesai bilas kaki Anda dengan air sampai bersih.

 

4. Lidah buaya dan minyak vitamin E

Vitamin E membantu mengatasi kulit kering dan terkelupas pada kaki. Vitamin E akan bekerja sangat baik untuk mengatasi pengelupasan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Menggabungkan kedua bahan ini merupakan solusi rumahan yang sempurna untuk mengatasi kulit kaki yang mengelupas. Berikut arahannya:

  • Langkah pertama, haluskan di lidah buaya dengan blender hingga teksturnya lebih encer.
  • Tambahkan 4 hingga 5 tetes minyak vitamin E ke dalam dan lidah buaya tersebut.
  • Oleskan pada area tumit dan kaki Anda yang mengelupas dan pijat selama 2 hingga 5 menit.
  • Pemijatan bertujuan untuk membuat nutrisi dalam lidah buaya bisa diserap dengan baik.
  • Jika proses pemijatan selesai biarkan selama beberapa menit kemudian bilas menggunakan air dan keringkan dengan handuk.

 

5. Oatmeal

Oatmeal membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati di kaki yang bisa memicu pengelupasan. Oatmeal juga berguna melembabkan serta menghaluskan kulit pada area kaki, sehingga Anda akan mendapatkan banyak manfaat dengan menggunakan oatmeal. Selain itu, oatmeal juga mencegah terjadinya iritasi dan gatal pada kulit kaki Anda yang mengelupas. Berikut cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas menggunakan oatmeal:

  • Ambil oatmeal dalam mangkuk kecil kemudian tambahkan air secukupnya.
  • Aduk hingga teksturnya kental seperti pasta, gosokkan pada area kaki dengan lembut.
  • Lakukan perawatan ini setidaknya 2 hari sekali secara rutin untuk membantu mengurangi pengelupasan pada kulit area kaki.

Demikian tadi beberapa langkah atau cara mengatasi kulit kaki yang mengelupas secara alami dan insya Allah aman untuk diterapkan secara rutin.