7 Penyebab dan cara mengatasi kram kaki secara alami

Kesehatan
Cara mengatasi kram kaki
image from huffingtonpost.com

Penyebab dan cara mengatasi kram kaki secara alami. Apakah anda pernah mengalami kram pada kaki terutama di malam hari? Jika iya tentu anda akan merasa tidak nyaman karena kram cukup menyakitkan. Kram kaki atau kram otot merupakan masalah umum yang sering dialami orang dan itu adalah hal yang alami. Namun bagi kebanyakan orang kram di kaki cukup mengganggu dan menyakitkan sehingga Anda harus mencari cara mengatasinya. Sebelum anda mencoba mengobati dan mengatasi kram di kaki sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab kram di kaki.

Gejala kram di kaki

Seperti yang anda tahu kram di kaki dianggap sebagai kontraksi otot kaki yang tidak disengaja yang membuat rasa sakit yang luar biasa. Sebenarnya kebanyakan kram terjadi secara tiba-tiba dan disertai sinyal peringatan seperti berkedut dan kesemutan dan diikuti dengan rasa sakit yang tiba-tiba. Secara umum orang mengalami kram di kaki di malam hari dan beberapa diantaranya tidak dapat tinggal bersamanya karena rasa sakit yang sangat mendadak.

Pada umumnya tidak ada kesulitan untuk mendiagnosis kram pada kaki karena semua gejalanya sangat jelas. Jangan terlalu khawatir karena anda bisa menggunakan obat yang anda buat sendiri menggunakan bahan alami untuk mengatasi kram di kaki tersebut. Namun jika kram menjadi lebih parah atau kronis sebaiknya pergi ke dokter atau tenaga medis profesional.

Penyebab kram di kaki

Memahami apa saja penyebab kram di kaki dapat memberikan Anda kemudahan untuk mengatasi masalah tersebut. Sebenarnya ada beberapa penyebab umum keram pada kaki yang dikategorikan menjadi dua kelompok yang pertama adalah penyebab yang tidak diketahui dan penyebab sekunder. Berikut diantara penyebab kram di kaki yang perlu Anda ketahui:

1. Penyebab yang tidak diketahui

Penyebab yang tidak diketahui menyebabkan kram di kaki idiopatik. Biasanya orang yang mengalami kondisi ini tidak bisa mengetahui penyebab pastinya. Namun secara teoritis dijelaskan bahwa periode otot yang berkepanjangan akan menyebabkannya diperpendek sehingga dirangsang untuk berkontraksi. Dalam kasus kontraksi yang lebih lanjut anda akan mengalami kejang.

Biasanya kram di kaki akan sering terjadi ketika anda akan tidur. Seperti yang anda ketahui, orang tidur biasanya meletakkan kaki menunjuk ke bawah dan lutut sedikit bengkok sehingga dapat memperpendek otot betis. Hal ini dapat menjadi penjelasan kenapa kram di kaki lebih sering dialami pada malam hari saat kita tidur.

2. Penyebab sekunder

Para ilmuwan menunjukkan bahwa kram kaki bisa terjadi karena penyakit yang mendasari atau situasi dan aktivitas tertentu. Misalnya berolahraga bisa menempatkan otot di bawah tekanan berat untuk waktu yang lama sehingga dapat menyebabkan kram kaki. Olahragawan sering mengalami kram pada kaki saat beraktivitas atau sesudahnya. Selain itu, kondisi berolahraga yang terlalu keras dan menguras keringat serta kehilangan sodium dalam jumlah besar juga meningkatkan resiko kram otot terutama di kaki. Selain itu, penyakit lain juga dapat menyebabkan kram pada kaki seperti penyakit Addison, sirosis, dehidrasi, diare, alkoholisme, deuretik, gagal ginjal, dan sebagainya.

Cara mengatasi kram kaki secara alami

1. Jahe

Jahe merupakan obat rumahan yang sangat diperlukan untuk mengatasi kram kaki. Jahe mengandung konsentrasi magnesium yang tinggi dimana nutrisi ini dapat membantu mengobati kram kaki secara efektif pengaplikasian jahe untuk waktu yang lama secara teratur dapat mengurangi kram kaki secara alami. Selain itu, jahe juga dikenal cukup baik untuk memperbaiki aliran darah yang sangat berguna dalam meringankan kram kaki.

Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe secara rutin untuk mencegah dan menghilangkan kram kaki secara alami. Selain dibuat menjadi wedang, Anda bisa menggunakan air jahe untuk merendam kaki anda. Seperti yang anda ketahui di atas bahwa jahe dapat meningkatkan aliran darah sehingga sangat membantu dalam mengurangi kram otot. Bukan hanya itu jahe juga dapat menenangkan otot kaki dan memberikan suplai oksigen yang lebih tinggi ke ekstremitas anda.

2. Cuka apel

Cuka sari apel dianggap sebagai salah satu ramuan serbaguna yang dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Salah satu yang bisa Anda coba adalah menggunakan cuka apel sebagai obat alami untuk mengatasi kram kaki.

Cuka Sari apel memiliki kandungan kalium yang tinggi yang dapat membantu meringankan kram otot. Faktanya kalium juga merupakan salah satu mineral penting dalam mencegah kram pada otot. Selain itu, cuka Sari apel juga memiliki kandungan nutrisi yang berkontribusi mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga mencegah dehidrasi yang juga menjadi penyebab umum kram pada kaki.

3. Kompres dingin

Cara mengatasi kram kaki yang cukup sederhana dan bisa Anda coba adalah menggunakan kompres dingin. Sebenarnya suhu dingin bisa membantu mematikan rasa sakit dan mengurangi peradangan pada kaki yang mengalami kram. Selain itu, kompres dingin juga dapat memungkinkan otot-otot untuk lebih rileks yang berguna menghilangkan kram sepenuhnya.

4. Rosemary

Rosemary merupakan bunga yang memiliki banyak manfaat, salah satunya didapat karena sifat anti-inflamasi yang bisa membantu menenangkan jaringan otot yang meradang serta mengurangi rasa sakit dan nyeri seperti kram. Ramuan ini memiliki efek pemanasan yang mampu mendorong relaksasi. Berkat manfaat Rosemary tersebut kram di kaki Anda bisa diatasi secara efektif dan In syaa Allah aman.

5. Lidah buaya

Lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan alami yang sangat berguna untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Gel dari tanaman ini dikatakan memiliki banyak sekali nutrisi yang membantu dalam menghilangkan kram kaki. Jika anda sedang mencari cara mengatasi kram kaki secara alami sebaiknya tidak melupakan lidah buaya. Secara rinci lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi yang sangat kuat yang banyak disebutkan dalam berbagai artikel kesehatan. Sifat ini mampu memberi kelegaan dengan cepat pada kram otot. Menurut menurut sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 di koran Indian Journal of Dermatology lidah buaya dilaporkan memiliki properti penyembuhan yang cukup kuat.

6. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh adalah salah satu bahan alami yang masuk daftar obat rumahan untuk mengatasi kram di kaki. Menurut para ahli, minyak cengkeh mengandung nutrisi yang memiliki sifat anti-inflamasi yang cukup kuat sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan keram pada kaki. Selanjutnya, menurut para peneliti minyak cengkeh memiliki sifat anastesi yang membantu meringankan rasa sakit.

Cara mengatasi kram kaki menggunakan minyak cengkeh cukup mudah anda hanya perlu memanaskan minyak cengkeh kemudian gosokkan ke daerah yang keram. Pijat selama 5 menit kemudian biarkan beberapa saat.

7. Kunyit

Selain lidah buaya kunyit juga menjadi salah satu bahan alami yang cukup diperhitungkan dalam mengatasi kram di kaki. Hal ini dikarenakan kunyit memiliki komponen berharga yang sangat berguna sekali mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Kunyit memiliki senyawa antiseptik yang ampuh yang sering digunakan sebagai obat penghilang rasa sakit.

Cara mengatasi kram kaki menggunakan kunyit cukup sederhana Anda bisa memarut kunyit kemudian menggunakannya sebagai bahan untuk memijat kaki Anda yang mengalami kram selama sekitar 5 menit. Setelah itu biarkan beberapa saat.