Cara Mengatasi Insomnia Akut !

cara mengatasi insomnia

Cara Mengatasi Insomnia AkutSulit untuk tidur di malam hari bisa menjadi tanda bahwa Anda merasakan insomnia. Ada banyak cara untuk menangani insomnia yang dapat dicoba sehingga tidur Anda lebih baik dan berkualitas. Dengan demikian, produktivitas harian Anda tidak terganggu.

Insomnia adalah syarat yang menyebabkan korban yang sulit atau tidak bisa tidur sama sekali, bahkan jika memiliki kesempatan dan waktu yang cukup untuk beristirahat. Insomnia yang sesekali terjadi bukanlah kondisi berbahaya. Namun, jika itu terjadi sejak lama, penyakit ini tentu harus dipantau.

Insomnia dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari kebiasaan memakan minuman berkafein atau alkohol sebelum berbohong pada masalah psikologis, seperti stres, depresi, dan gangguan kecemasan.

Selain itu, insomnia juga dapat dipicu oleh kondisi medis tertentu, seperti nyeri artikular dan efek samping obat !

9 Cara Ampuh Atasi Insomnia Akut !

cara mengatasi insomnia

Jika anda sering menghadapi insomnia, ada beberapa tips dan bagaimana menangani insomnia yang dapat dinilai, antara lain:

1. Luangkan waktu untuk bersantai

Anda dapat mencoba berbagai metode relaksasi sebelum tidur, misalnya dengan melakukan yoga atau pilates. Kegiatan-kegiatan ini dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk mudah tertidur.

Selain itu, beberapa kegiatan yang menenangkan, seperti membaca buku, berenang air panas dan mendengarkan musik dengan irama lambat juga dapat membuat Anda tidur lebih baik.

2. Cobalah untuk terus berpikir positif

Insomnia mungkin lebih mudah untuk mengalami orang-orang yang sering cemas atau khawatir berlebihan. Karena itu, cobalah untuk selalu berpikir positif sehingga pikiran bisa lebih tenang. Anda juga dapat mencoba meditasi untuk menenangkan pikiran.

Jika anda kesulitan, anda dapat berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater untuk menjalani saran dan psikoterapi. Metode psikoterapi yang banyak dilakukan untuk mengatasi kesulitan tidur adalah terapi perilaku kognitif.

3. Konsumsi makanan sehat

Anda harus menghindari konsumsi makanan dengan kadar lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks sebelum tidur. Memang, jenis makanan dapat memperburuk pekerjaan sistem pencernaan, sehingga tubuh menjadi sulit untuk beristirahat.

Jika Anda ingin mengonsumsi makanan ringan di malam hari, pilih makanan ringan yang sehat, seperti kerupuk segar atau yogurt.

4. Mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan berkafein

Untuk mengatasi insomnia, Anda juga harus menghindari konsumsi minuman beralkohol, kopi, teh, dan minuman non-alkohol yang mengandung kafein, terutama pada sore hari dan sebelum tidur.

Berbagai jenis minuman dapat membuat Anda lebih terjaga. Akan sulit tidur di malam hari. Untuk menjadi lebih sehat, Anda dapat menggantinya dengan susu atau air.

5. Hindari merokok sebelum tidur

Konten nikotin dalam rokok dapat membuat Anda sulit tidur. Karena itu, hindari merokok sebelum tidur sehingga Anda tidak terjaga sepanjang malam.

6. Antisipasi jam tidur saat bepergian dan bekerja

Bepergian ke suatu tempat dengan perbedaan waktu atau permintaan kerja malam, dapat mengganggu ritme sirkadian. Rhythm sirkadian adalah mekanisme alami tubuh yang mengatur tidur dan kebangkitan, metabolisme dan suhu tubuh setiap hari.

Jika ritme sirkadian terganggu, Anda juga memiliki lebih banyak potensi untuk mengalami insomnia. Karena itu, atur kalender aktivitas Anda setiap hari dan cobalah tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari.

7. Buat kamar yang nyaman

Banyak orang merasa memalukan karena mereka bekerja, bermain game atau membuat berbagai kegiatan lain di kamar tidur. Bahkan, kamar tidur idealnya digunakan untuk tidur.