cara mengatasi hidung mampet sebelah

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah

Posted on

cara mengatasi hidung mampet sebelah

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah – Mengalami hidung tersumbat atau mampet sangatlah menggangu, selain sulit bernafas, hidung tersumbat juga akan membuat setiap aktivitas terhambat. Namun tahukah kalian jika ada bebrapa cara mudah dan praktis untuk mengatasi hidung mampet sebelah? Rupanya kalian dapat mengaplikasikan beberapa bahan alami yang biasa digunakan di dapur, lho.

Sejauh ini, saat kita mengalami hidung mampet, umumnya kita akan mengaplikasikan obat-obatan dan bebrapa terapi untuk dapat mengatasi gangguan pernafasan tersebut. Namun siapa sangka jika beberapa bahan alami yang biasa ada di dapur dan mudah dijumpai ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati hidung tersumbat yang sedang Anda alami. Penasaran apa saja bahan natural tersebut? Yuk, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini, hanya di Caraprofesor.com.

BACA JUGA : Cara Mengeluarkan Air di Telinga

Cara Mengatasi Hidung Mampet Sebelah dengan Bahan Alami

Ada beberapa opsi yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, Anda dapat aplikasikan salah satunya. Sebagai info, saat menggunakan bahan-bahan ini, Anda harus bersabar, karena membutuhkan proses saat penyembuhan.

1. Bawang Merah

cara mengatasi hidung mampet sebelah

Bahan pertama yang bisa Anda manfaatkan ialah bawang merah. Bahan rempah yang biasa digunakan untuk bumbu dapur ini ternyata dapat mengatasi hidung tersumbat. Dibalik rasanya yang sedikit pedas dan membuat pedih di mata, rupanya bawang merah dapat diaplikasikan sebagai herbal alami untuk mengatasi hidung tersumbat.

Untuk mengaplikasikan bawang merah sebagai obat, Anda harus kupas bawang merah hingga bersih, kemudian hirup aromanya hingga beberapa saat. Selain mudah diterapkan dan harganya sangat ekonomis, cara herbal satu ini juga terbilang cukup efektif untuk melegakan hidung tersumbat.

Baca juga  Pengertian Operasional Variabel Serta Contohnya

BACA JUGA : Darah Tinggi Disebabkan Oleh?

2. Bawang Putih
Sumber : https://akcdn.detik.net.id/

Bahan selanjutnya ialah saudara dari bawang merah, yaitu bawang putih. Bawang putih yang memiliki tekstur lebih keras dari bawang merah, ternyata juga berkhasiat ampuh dalam membantu menyembuhkan masalah hidung tersumbat secara alami.

Jika pengaplikasian dari bawang merah cukup dihirup saja dan akan menyembuhkan hidung mampetmu, sedangkan untuk bawang putih berbeda, Anda dapat meraciknya menjadi sebuah minuman herbal yang menyehatkan. Untuk dapat merasakan manfaat kebaikan bawang putih, Anda cukup merebus 2- 3 siung bawang putih, kemudian hasil air rebusannya dapat diminum saat hangat maupun dingin.

BACA JUGA : Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

3. Garam
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Tak hanya bawang-bawangan saja yang dapat Anda manfaatkan untuk mengatasi hidung mampet, bahan lainnya seperti garam dapur rupanya juga dapat diaplikasikan. Memiliki rasa yang asin dan biasa ditambahkan ke masakan sebagai pemberi rasa asin. Garam juga merupakan senyawa netral yang terdiri dari ion positif dan negatif, serta bermanfaat bagi tubuh serta kerja otak.

Cara menggunakan garam sebagai obat pelega hidung tersumbat adalah dengan melarutkannya dalam segelas air hangat. Kemudian gunakanlah air tersebut untuk berkumur beberapa kali. Hal tersebut berguna dalam membantu mengencerkan cairan lendir yang terdapat di saluran hidung, sehingga hidung akan kembali lega dan bernafas menjadi lebih nyaman.

BACA JUGA : Obat Sakit Telinga Bengkak

4. Teh Herbal
cara mengatasi hidung mampet sebelah
Sumber : https://img.okezone.com/

Cara selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan menggunakan ramuan teh herbal. Teh herbal yang diseduh dan ditambahkan dengan madu dan perasan lemon rupanya dapat menjadi obat yang efektif untuk mengatasi hidung tesumbat.

Anti bakterial yang terdapat di dalam madu dan adanya kandungan vitamin C dari buah lemon akan membantu mempercepat proses penyembuhan hidung tersumbat atau pilek. Selain itu, teh yang memiliki bau harum ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih rileks dan nyaman.

Baca juga  Pengaturan Suhu Kulkas LG 2 Pintu
5. Jahe dan Kunyit
Sumber : https://d1bpj0tv6vfxyp.cloudfront.net/

Bahan dapur seperti jahe dan kunyit juga dapat Anda manfaatkan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya. Mengonsumsi minuman jahe akan membuat tubuh Anda menjadi terasa hangat, sehingga produksi lendir di saluran hidung akan lebih banyak. Dengan terproduksinya jumlah lendir yang banyak ini, maka lendir-lendir tersebut akan lebih mudah untuk di keluarkan, dan hidung menjadi tak tersumbat lagi.

Sedangkan senyawa yang terdapat di dalam kunyit rupanya memiliki sifat anti-inflamasi tinggi yang akan membantu menyehatkan tubuh dan menjaga kebugarannya. Sehingga jika kedua rempah tersebut disatukan dan dibuat ramuan herbal semacam jamu, Anda akan mendapat manfaat lebih yaitu menjaga daya tahan tubuh, dengan begitu Anda tak mudah terkena penyakit.

BACA JUGA : Obat Koreng Bernanah di Apotik

Meskipun menggunakan bahan-bahan dari alam, Anda juga harus tetap bijak dalam menggunakannya, serta dosis dan konsumsi jangka panjang sebaiknya jangan dilakukan. Jika seandainya dengan cara-cara diatas hidung tetap mampet, sebaiknya segeralah konsultasikan ke dokter. Selamat mencoba.