cara menebalkan rambut secara alami
image from yogamagazine.com

Top 10 Cara menebalkan rambut secara alami dengan cepat dan mudah

Posted on
cara menebalkan rambut secara alami
image from yogamagazine.com

Cara menebalkan rambut secara alami dengan cepat dan mudah yang bisa anda terapkan di rumah. Tentunya menggunakan bahan-bahan rumahan yang aman dan murah. Tentu tidak semua dari kita dianugerahi rambut tebal dan sehat secara alami. Kebanyakan wanita memang menginginkan memiliki rambut tebal karena rambut seperti ini dianggap dapat menunjang kecantikan mereka. Rambut tebal dan hitam menandakan bahwa rambut dalam keadaan sehat. Jika Anda termasuk orang yang dianugerahi rambut semacam ini, maka Anda patut bersyukur. Tetapi jika tidak, jangan khawatir karena ada beberapa tips yang bisa anda terapkan untuk membantu menebalkan rambut secara alami.

 

Nutrisi penting untuk menebalkan rambut

Mencukupi kebutuhan nutrisi adalah hal yang sangat penting sekali sebelum melakukan cara menebalkan rambut secara alami. Nutrisi diibaratkan sebagai bahan bakar tubuh kita sehingga kekurangan nutrisi akan menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Berikut daftar nutrisi yang berguna menebalkan dan menyehatkan rambut Anda:

1. Protein

Salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan bagi rambut untuk membuatnya tetap rkuat adalah protein. Protein memainkan peran penting dalam meningkatkan kekuatan akar rambut Anda sehingga membuatnya tidak mudah rontok. Jika anda ingin memiliki rambut yang tebal secara alami, sebaiknya cukupi asupan protein harian Anda. Hal ini dikarenakan protein merupakan salah satu nutrisi yang menyusun rambut dan kebanyakan dari tubuh manusia termasuk kulit. Kekurangan protein akan melemahkan otot tubuh kita tidak terkecuali rambut.

2. Zat besi

Zat besi adalah nutrisi kunci yang memainkan peran penting dalam mendistribusikan darah ke seluruh bagian tubuh. Di dalam darah tersebut terdapat berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan kekuatan rambut Anda. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut mudah rontok dan kehilangan ketebalannya. Jadi sebelum anda mencari cara menebalkan rambut secara alami, sebaiknya cukupi kebutuhan zat besi harian Anda.

3. Biotin

Biotin merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks, lebih tepatnya nutrisi ini disebut sebagai vitamin B7. Fungsi dan manfaat vitamin B7 sangat banyak sekali, diantaranya adalah menjaga rambut kita tetap sehat dengan memecah protein menjadi asam amino dan menghasilkan glukosa. Karena manfaatnya tersebut, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B7. Hal penting dalam rangkan menunjang kesehatan kita secara keseluruhan, terutama menebalkan rambut.

4. Vitamin E

Cara menebalkan rambut secara alami yang tidak kalah penting adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin E harian Anda. Vitamin ini dikenal sebagai nutrisi paling penting untuk kecantikan kulit dan rambut. Maka tidak heran jika banyak yang menggunakan vitamin E sebagai bahan utama produk kosmetik. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E diantaranya seperti alpukat, biji-bijian, kacang almond, dan brokoli.

5. Zinc

Kurangnya asupan zinc ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan rambut Anda. Bahkan, dalam kasus yang lebih parah defisiensi zinc dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Kekurangan zinc akan mengakibatkan ketidakseimbangan hormon yang pada akhirnya dapat menyebabkan hilangnya kekuatan pada rambut. Beberapa makanan yang mengandung tinggi zinc diantaranya seperti bayam, ubi jalar, buncis, telur, kacang dan tiram.

6. Asam folat

Asam folat atau yang dikenal dengan vitamin B9 merupakan nutrisi penting bagi kesehatan rambut Anda. Meningkatkan asupan asam folat akan mengurangi kemungkinan munculnya uban dan masalah rambut lainnya. Kebanyakan dari makanan yang mengandung tinggi vitamin B juga memiliki beberapa asam folat. Sereal dan biji-bijian yang terbuat dari gandum merupakan salah satu sumber asam folat yang sangat baik. Jadi sebelum anda mencari cara menebalkan rambut secara alami dan cepat sebaiknya cukupi kebutuhan asam folat terlebih dahulu dengan banyak mengkonsumsi gandum. Selain gandum, makanan lain seperti kubis, buah alpukat, sawi hijau, lobak hijau, dan selada juga mengandung tinggi folat.

 

Cara menebalkan rambut secara alami

Setelah anda mengetahui lebih banyak mengenai daftar nutrisi yang berguna untuk meningkatkan ketebalan dan kekuatan rambut Anda. Berikut kami sajikan mengenai beberapa tips atau cara yang bisa anda lakukan untuk membuat rambut menjadi lebih tebal dan sehat:

1. Hindari terlalu sering melakukan styling pada rambut

Melakukan styling pada rambut secara berlebihan akan membuatnya menjadi lebih tipis dan kehilangan ketebalan. Cara terbaik adalah membiarkan rambut apa adanya. Pewarnaan pada rambut dengan menggunakan bahan kimia tentu sangat tidak baik untuk kesehatan rambut Anda, yang pada akhirnya akan membuat rambut lebih mudah kering dan rapuh. Jika hal ini terjadi, maka usaha anda untuk menebalkan rambut akan semakin sulit.
Selain itu, terlalu sering mengikat rambut juga akan membuatnya tertekan sehingga akan mengurangi kekuatan pada rambut. Sesekali Anda harus membiarkan rambut terurai untuk membuatnya lebih bebas bergerak. Hal ini bukan hanya membantu menebalkan rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhannya secara alami.

2. Gunakan produk yang berkualitas

Hal ini tentu menjadi suatu keharusan, bahan-bahan yang anda gunakan untuk merawat rambut adalah bahan yang harus berkualitas tinggi. Hal ini dikarenakan rambut membutuhkan perawatan yang baik dengan bahan yang berkualitas tentunya. Apalagi jika anda ingin memiliki rambut yang benar-benar cantik dan sehat. Sangat direkomendasikan untuk menggunakan bahan-bahan alami dalam merawat rambut. Sebenarnya ini bukan suatu keharusan, akan tetapi produk alami tentunya lebih aman digunakan jangka panjang.

3. Gunakan conditioner

Cara menebalkan rambut secara alami yang patut Anda coba adalah dengan rutin menggunakan conditioner. Conditioner bukan hanya berguna menghaluskan dan melembabkan rambut anda, tetapi juga mampu merawat kesehatannya. Hal ini pada gilirannya akan membantu Anda mendapatkan rambut yang tebal dan cantik secara alami. العاب كازينو مجاني Setelah keramas, usahakan Anda menggunakan kondisioner mulai dari batang tengah rambut sampai ke arah ujung rambut. Sebaiknya hindari penerapan conditioner langsung ke akar karena dapat menyebabkan rambut menjadi lebih tipis. Selain itu, sebaiknya gunakan air dingin untuk membilas rambut Anda agar rambut tidak mudah kering.

4. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Proses pembersihan rambut sangat penting untuk menghilangkan kotoran dan juga bakteri yang berada di kulit kepala dan rambut Anda. Akan tetapi terkadang melakukan pencucian terlalu sering pada rambut justru akan menyebabkan rambut menjadi lebih tipis. Hal ini dikarenakan kandungan minyak alami dalam rambut akan menjadi hilang karena terlalu sering melakukan keramas.

Selain itu, kebanyakan dari kita menggunakan shampo berbahan kimia sehingga akan membuat rambut menjadi semakin tidak sehat. Sebaiknya, lakukan keramas tidak lebih dari 2 hari sekali untuk membantu Anda menebalkan rambut secara alami. لعبة بلاك جاك مجانية

5. Menggunakan kemiri

Penggunaan kemiri untuk rambut memang sudah cukup terkenal. Cara menebalkan rambut secara alami dengan kemiri juga tidak sulit, sehingga bahan yang satu ini bisa anda perhitungkan. Kemiri memiliki beberapa kandungan nutrisi alami yang berguna meningkatkan volume rambut sehingga membuatnya tampak lebih tebal dan sehat secara alami.

Kandungan beberapa zat penting seperti polifenol dan aponin dalam kemiri juga berperan besar dalam meningkatkan kesehatan rambut Anda. Cara menggunakan kemiri untuk menebalkan rambut sangat sederhana. Anda bisa menerapkan minyak kemiri langsung pada rambut dan kulit kepala lalu bilas setelah 30 menit. Menerapkan metode ini secara rutin akan membantu Anda mendapatkan rambut yang tebal dan sehat secara alami.

6. Lidah buaya

Tidak ada yang bisa menyangkal manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan rambut Anda. Penggunaan lidah buaya secara rutin bukan hanya berguna menebalkan rambut, tetapi juga membantu pertumbuhannya. Dari semua manfaat lidah buaya tersebut, membuatnya sangat baik digunakan sebagai bahan perawatan rambut. Lidah buaya juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak meliputi zat besi, kalsium, fosfor, vitamin C, B1 dan beberapa protein yang berguna meningkatkan kesehatan rambut Anda.

Anda bisa mengoleskan lidah buaya secara langsung ke rambut Anda atau mencampurnya dengan bahan-bahan lain seperti susu atau minyak zaitun. Tambahan bahan-bahan tersebut berguna meningkatkan manfaat dari lidah buaya. Penerapan lidah buaya secara rutin dapat membantu menghitamkan sekaligus menebalkan rambut secra alami.

7. Minyak kelapa

Cara menebalkan rambut dengan cepat secara alami yang selanjutnya adalah memanfaatkan minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut memang tidak diragukan lagi. Selain berguna mengatasi ketombe, minyak kelapa juga dapat menebalkan rambut Anda dengan cepat dan pastinya aman. Minyak kelapa mampu meningkatkan kelembaban rambut sehingga mencegahnya dari kekeringan dan penipisan. Ini sangat penting untuk mencegah rambut rontok dan kering.

8. Alpukat dan pisang

Ada 2 buah yang sangat lezat, di mana keduanya sangat baik untuk menebalkan rambut Anda. Tapi jangan salah loh ya, alpukat dan pisang bukan untuk dikonsumsi, tetapi digunakan sebagai masker rambut. Cara membuat masker pisang dan alpukat untuk rambut sangat mudah, berikut beberapa langkah yang harus ditempuh:

Pertama, masukkan pisang dan alpukat ke dalam blender lalu haluskan hingga berbentuk seperti pasta. Terapkan pada rambut dan kulit kepala anda dari akar hingga ke ujung sampai merata. Biarkan sambil bersantai selama 30 menit lalu bersihkan dengan cara membilasnya.

9. Mencukupi kebutuhan nutrisinya

Cara menebalkan rambut secara alami tidak bisa berjalan maksimal jika kebutuhan nutrisi dari rambut tidak terpenuhi dengan baik. Untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat secara alami, tentu harus diimbangi dengan asupan nutrisi yang seimbang. Salah satu nutrisi yang sangat baik untuk rambut diantaranya seperti vitamin A dan protein. Selain keduanya, ada beberapa nutrisi lain yang juga dibutuhkan rambut. Selengkapnya bisa anda baca dalam artikel berikut:

10. Putih telur

Salah satu bahan yang murah dan baik untuk menebalkan rambut Anda adalah putih telur. Makanan yang kaya protein ini memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut. Saat digunakan sebagai masker rambut, putih telur akan membantu meningkatkan asupan protein pada rambut sehingga membuatnya tampak lebih kuat dan tebal. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko kerontokan. Selain itu, masalah rambut yang menipis juga bisa diatasi dengan penerapan putih telur secara rutin. Cara penerapan putih telur untuk rambut sangatlah mudah. لعبه بلاك جاك

Langkah pertama, ambil satu butir telur ayam kampung lalu ceplok dan pisahkan dari kuningnya. Gunakan mixer untuk mengencerkan putih telur. Jika tidak memiliki mixer Anda bisa mengocoknya dengan sendok. Jika anda sudah mendapatkan tekstur yang diinginkan, terapkan putih telur ke seluruh area kulit kepala dan rambut. Tunggu hingga putih telur mengering dengan sendirinya, lalu bilas dengan shampo untuk menghilangkan bau amis.

Baca juga  Model Rambut Tentara Amerika