20 Cara mendidik anak perempuan supaya menjadi anak yang sholehah

cara mendidik anak perempuan
Cara mendidik anak perempuan
image rawpixel.com

Cara mendidik anak perempuan supaya menjadi anak yang sholehah serta berkepribadian yang baik. Anak merupakan salah satu anugerah dari Tuhan yang paling berharga. Kehadiran anak menjadi pelengkap kebahagiaan bagi para orang tua. 

Salah satu bentuk kasih sayang kita kepada anak adalah dengan memberikan pendidikan yang bagus. Tentu cara mendidik anak berbeda-beda antara laki-laki dan perempuan. Setelah sebelumnya kita mengetahui cara mendidik anak laki-laki sekarang dalam artikel ini kita akan belajar bagaimana memperlakukan dan mendidik anak perempuan.

Cara mendidik anak perempuan

Berikut beberapa cara mendidik anak perempuan yang perlu kamu ketahui:

1. Tanamkan nilai-nilai agama sedini mungkin

Mengenalkan seorang anak perempuan kepada nilai-nilai agama nya sangat penting sekali. Termasuk mengajarinya aqidah yang benar, sholat yang benar, serta menutup auratnya dengan cara berjilbab. Semuanya sangat penting sekali bagi mereka untuk bekal menjalani kehidupan. 

2. Ajarkan anak perempuan untuk menghargai dirinya sendiri

Menghargai diri sendiri sangatlah penting terutama bagi seorang perempuan. Dengan menghargai dirinya sendiri seorang perempuan akan lebih percaya diri. Kepercayaan diri perempuan tentu berbeda dengan laki-laki, Karena pada dasarnya perempuan lebih pemalu dibandingkan laki-laki.

Menghargai diri sendiri juga akan membuat anak perempuan anda lebih tahan terhadap kerasnya kehidupan. Sehingga membuatnya tidak mudah terbawa oleh arus pergaulan.

3. Ajari mereka untuk menjaga kehormatannya

Mengajari anak perempuan untuk menjaga kehormatannya sangat penting sekali bagi orang tua. Anak perempuan harus memiliki sifat malu Yang itu akan membuatnya lebih bisa menjaga kehormatannya.

Pemalu bukan berarti minder, akan tetapi lebih bisa menjaga dirinya dari pergaulan yang buruk. Hal ini sangat penting sekali mengingat rusaknya sebuah generasi biasanya ditandai dengan rusaknya perempuan, ketika mereka tidak bisa menjaga kehormatannya.

4. Ajari anak perempuan untuk menutup aurat

Perempuan merupakan fitnah bagi laki-laki sehingga menjaga kehormatan dan menutupi aurat adalah sebuah kewajiban bagi mereka. Selain untuk menjalankan kewajiban agamanya, menutup aurat dengan cara berjilbab juga merupakan sebuah usaha untuk memuliakan perempuan.

Jadi bagi para orang tua didiklah anak perempuan anda dengan mengajarinya menggunakan jilbab sedini mungkin. Ini akan membuat mereka lebih terbiasa dan kelak ketika dewasa tidak akan risih saat menggunakan jilbab.

5. Ajari anak perempuan anda untuk lebih percaya diri

Salah satu cara mendidik anak perempuan adalah dengan menumbuhkan kepercayaan dirinya. Masalah utama anak perempuan biasanya lebih minder dan terlalu pemalu. Jika sifat ini terlalu berlebihan tentu akan membuatnya tidak percaya diri dan kurang kuat dalam menghadapi pergaulan yang keras.

Kepercayaan diri harus dimiliki oleh perempuan untuk membuatnya tetap komitmen terhadap nilai positif yang telah anda ajarkan. Jadi dengan kepercayaan diri yang tinggi akan membuatnya mampu tetap menjadi perempuan yang baik, Meskipun mungkin harus berada di tengah-tengah lingkungan yang kurang baik.

6. Ajari anak perempuan anda untuk lebih bersih dan rapi

Menjaga kebersihan dan kerapian sangat penting sekali bagi anak perempuan. Oleh sebab itu Anda harus mengajarkan anak perempuan anda lebih mengenal kebersihan dan kerapian sejak dini. 

Tentu kerapian dan kebersihan tidak bisa begitu saja ada dalam diri mereka. Jadi Anda harus mengajarkan kepada anak perempuan bagaimana caranya merawat diri mereka sendiri. Anda bisa memulainya dengan langkah yang sederhana misalnya menyuruh anak perempuan anda untuk bersih-bersih kamarnya sendiri.

Cara ini selain dapat menumbuhkan kebersihan dan kerapian pada anak perempuan juga akan meningkatkan tanggung jawab mereka. 

7. Mengajarkan tentang kasih sayang

Kasih sayang bagi anak perempuan itu sangat penting sekali karena kelak dia akan menjadi seorang ibu. Tanpa adanya kasih sayang pada anak perempuan akan sulit baginya untuk mendidik anak.

Salah satu cara mendidik anak perempuan adalah dengan mencurahkan kasih sayang anda kepada mereka. Hal ini pada gilirannya akan membuat mereka lebih bisa memahami Bagaimana cara cara menunjukkan kasih sayang kepada orang lain.

8. Ajari anak perempuan untuk menghargai laki-laki

Suatu saat anak perempuan anda mungkin akan menjadi istri dari suaminya. Sehingga mengajari mereka untuk bisa menghargai laki-laki itu sangat penting sekali terutama dalam kehidupan rumah tangga. 

Meskipun kelak anak perempuan anda memiliki penghasilan yang lebih dari suaminya, jangan sampai dia merendahkan suaminya tersebut. Anda bisa mengajarinya dengan menunjukkan kewajiban seorang istri kepada suaminya dimana salah satu diantaranya adalah taat dan menghargai nya.

9. Mengajarkan tentang tanggung jawab

Tanggung jawab bukan hanya harus dimiliki oleh laki-laki tetapi juga perempuan. Meskipun secara umum tanggung jawab laki-laki lebih besar akan tetapi perempuan juga harus diajarkan tanggung jawab, agar mereka bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Minimal mereka bisa bertanggung jawab dengan perbuatannya sendiri. Dan pastinya kelak mereka juga akan menjadi seorang ibu yang akan bertanggung jawab pada anak-anaknya. 

10. Asah keterampilan dan bakat mereka

Setiap anak pasti memiliki minat serta Bakat sendiri-sendiri. Dengan menemukan bakat yang mereka miliki akan memudahkan anda untuk mengasah keterampilannya. 

Misalnya jika anak perempuan anda memiliki hobi membaca Mungkin dia berbakat menjadi seorang penulis. Anda harus mencoba mengarahkan bakatnya agar mereka bisa lebih berkembang.

11. Ajari anak perempuan anda mengenai inner beauty

Memahamkan anak perempuan bahwa Kecantikan itu bukan hanya dari luar saja sangatlah penting. Hal ini agar mereka tidak hanya fokus menjaga penampilan luar saja. Karena sebenarnya yang paling terpenting dari perempuan adalah sifat dan akhlaknya yang mencerminkan sebuah pribadi yang baik.

Mengajarkan Innerbeauty akan membuat anak perempuan lebih bisa membekali dirinya dengan perilaku positif, termasuk menambah wawasan, pengetahuan serta sifat santun. Hal ini tentu lebih mereka butuhkan untuk menjalani kehidupan.

12. Ajari mereka untuk menjaga rahasia

Menjaga rahasia bagi perempuan sangatlah penting sekali. Mereka harus tahu mana sesuatu yang boleh diumbar dan mana yang tidak. Selain itu, perempuan juga harus memahami area pribadinya yang tidak harus diketahui oleh orang lain. Termasuk Apakah mereka harus menceritakan masalah pribadinya kepada orang lain atau tidak.

13. Ajarkan mereka untuk tidak mudah menyerah

Keuletan serta tidak mudah menyerah harus dimiliki oleh setiap orang dalam meraih sebuah kesuksesan tidak terkecuali perempuan. Meskipun peran perempuan lebih banyak di dalam, akan tetapi bukan berarti mereka harus menjadi orang yang cengeng.

Sifat tidak mudah menyerah ini akan sangat penting sekali terutama dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Menjadi perempuan yang tangguh akan membuatnya bisa memberikan dorongan kepada suami.

14. Ajari mereka tentang kelembutan

Anak perempuan itu harus lebih lemah lembut serta memiliki perangai yang baik. Kelembutan itu harus bisa terpancar dari cara mereka bertutur kata, bersikap, serta bergaul dengan orang lain.

Lemah lembut bukan berarti tidak tegas. Dalam beberapa situasi tertentu seorang perempuan juga harus memiliki ketegasan terutama untuk mengatakan “tidak” pada sesuatu yang bertentangan dengan agamanya.

15. Ajari mereka tentang ilmu reproduksi

Ketika anak perempuan anda sudah memasuki usia remaja cobalah untuk mengenalkan mereka tentang pelajaran reproduksi. Ini sangat penting sekali mengingat perempuan sering menjadi korban pelecehan s3ksual.

Mengajari mereka tentang ilmu reproduksi juga akan membantu mereka dalam membentengi diri dari pergaulan bebas. Jadi mereka harus tahu mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan seorang perempuan.

Bukan hanya itu, seorang perempuan juga harus tahu beberapa hal tentang fiqih kewanitaan termasuk mengenai kehamilan, haid, serta nifas. 

16. Sebaiknya jangan berikan mainan anak laki-laki pada mereka

Masa anak-anak merupakan masa Dimana mereka sedang menempa kepribadian, sehingga salah mendidik mereka akan berakibat fatal. Salah satu hal yang perlu anda perhatikan adalah saat memberikan mainan kepada mereka.

Usahakan tidak memberikan mainan laki-laki pada anak perempuan anda. Hal ini lantaran memberikan mainan laki-laki pada anak perempuan akan mempengaruhi kepribadiannya. Selain itu, kenal kan juga kepadanya jika dia adalah perempuan, yang itu artinya nya berbeda dengan laki-laki.

17. Ajari mereka tentang kedisiplinan

Cara mendidik anak perempuan yang selanjutnya adalah dengan mengenalkan kedisiplinan kepada mereka. Kedisiplinan sangat penting sekali untuk meraih sebuah kesuksesan. Jika anda ingin anak perempuan Anda kelak menjadi orang yang sukses maka cobalah mengajarkan pada mereka kedisiplinan.

Salah satu cara menumbuhkan kedisiplinan pada anak adalah dengan cara mengajarinya sholat tepat waktu. Dengan mengajarkan sholat tepat waktu pada anak perempuan anda akan membuatnya lebih disiplin.

18. Tanamkan kepedulian kepada mereka

Anak perempuan itu harus peka dan memiliki kepedulian yang tinggi. Meskipun anak laki-laki juga harus memilikinya tetapi kepekaan dan kepedulian sangat penting sekali Bagi perempuan. Saat mereka menjadi seorang ibu kepekaan sangat dibutuhkan terutama dalam mendidik anak.

Kepedulian ini juga bisa dilatih dengan cara memberikan contoh kepada mereka. Jadi peran orang tua sangat dibutuhkan dalam memberikan suri tauladan kepada anak perempuannya.

19. Ajari anak perempuan anda untuk lebih Mandiri

Menjadi perempuan itu bukan berarti harus menjadi anak yang manja. Seorang perempuan juga harus mandiri, Artinya mereka tidak hanya mengandalkan orang lain dalam mengurus dirinya sendiri.

Memang perempuan biasanya hidup dengan jaminan orang tua serta suaminya, tetapi terkadang kehidupan itu bisa saja tidak sesuai rencana. Sehingga mendidik anak untuk menjadi pribadi yang mandiri sangat diperlukan.

20. Ajari mereka untuk tidak cengeng

Menangis bagi perempuan adalah sesuatu hal yang biasa, dan itu bukan merupakan sesuatu yang buruk. Tapi terlalu cengeng dan mudah mengeluh juga tentunya tidak baik.

Meskipun perempuan pada dasarnya lemah tetapi anda harus mengajarkan kepada mereka bagaimana untuk tidak mudah menyerah. Hal ini perlu dilakukan agar mereka tidak mudah putus asa terutama saat menghadapi masalah sepele.

Nah demikian tadi beberapa cara mendidik anak perempuan yang perlu Anda ketahui. Anak perempuan itu sangat berbeda dengan laki-laki sehingga cara mendidiknya pun juga harus berbeda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →