Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks – Kanker serviks tumbuh di leher rahim yang menghubungkan Miss V ke bagian atas rahim. Permasalahan kanker serviks banyak ditemui di kelompok perempuan berumur di atas 30 tahun. Pemicu utamanya merupakan peradangan jangka panjang human papillomavirus( HPV).

HPV ialah virus universal yang ditularkan dari satu orang ke orang lain dikala berhubungan seksual. Tidak hanya peradangan HPV, ada sebagian perihal yang bisa tingkatkan resiko terserang kanker serviks.

Dikutip dari Healthline, 30 September 2019, sebagian aspek resiko kanker serviks merupakan klamidia, merokok, obesitas, riwayat keluarga yang terserang kanker serviks, minum kapsul KB, serta berbadan dua awal kali dikala berumur di dasar 17 tahun.

Langkah dan Cara Mencegah Kanker Serviks

Cara Mencegah Kanker Serviks

Indikasi kanker serviks Kanker serviks bisa jadi tidak memunculkan ciri ataupun indikasi tertentu. Tetapi, kanker serviks stadium lanjut bisa menimbulkan pendarahan ataupun keluarnya cairan tidak wajar dari Miss V.

Bila hadapi salah satu dari indikasi tersebut, hendaknya lekas temui dokter buat periksakan penyebabnya. Timbulnya tanda- tanda tersebut dapat jadi diakibatkan oleh keadaan lain tidak hanya kanker, tetapi buat memastikannya merupakan dengan bertanya pada dokter.

Metode menghindari kanker serviks Dikutip dari CDC, 12 Januari 2021, perihal yang sangat berarti buat menghindari kanker serviks merupakan memperoleh vaksinasi lebih dini serta melaksanakan uji skrining secara tertib. 1. Vaksin HPV Pemberian vaksin HPV hendak melindungi badan dari tipe HPV yang sangat kerap menimbulkan kanker serviks, Miss V, serta vulva.

Vaksinasi HPV disarankan buat praremaja berumur 11 sampai 12 tahun, tetapi dapat pula diberikan semenjak umur 9 tahun. Orang yang berumur sampai di atas 26 tahun pula dianjurkan buat memperoleh vaksin HPV. Vaksinasi HPV hendak menghindari peradangan HPV baru, namun tidak menyembuhkan peradangan ataupun penyakit yang telah terdapat.

Inilah sebanya vaksin HPV bekerja secara optimal bila diberikan saat sebelum terpapar HPV. Setelah itu, skrining buat kanker serviks masih wajib dicoba secara tertib walaupun telah divaksin HPV. 2. Uji skrining Ada 2 uji skrining yang bisa menolong mengetahui serta menghindari kanker serviks semenjak dini, ialah pap smear serta uji HPV. Pap smear dicoba buat mencari prekanker, ialah pergantian sel pada serviks yang bisa jadi hendak tumbuh jadi kanker serviks bila tidak ditangani secara pas.

Kematian Kanker Serviks Diprediksi Naik

Berikutnya, uji HPV dicoba buat mencari HPV yang bisa menimbulkan pergantian sel di serviks. 3. Pergantian style hidup Di samping melaksanakan uji skrining serta vaksin HPV, pergantian style hidup pula dapat mempengaruhi dalam menghindari kanker serviks. Buat menolong merendahkan resiko kanker serviks, hendaknya hentikan Kerutinan merokok, senantiasa pakai kondom dikala berhubungan seks, serta batasi jumlah pendamping intim. Walaupun dampak pemakaian kondom dalam menghindari peradangan HPV belum dikenal, pemakaian kondom sudah berhubungan dengan tingkatan kanker serviks yang lebih rendah. Sekian pembahasan kali ini tentang ” Cara Mencegah Kanker Serviks ” Semoga bermanfaat !