Cara Menanam Sawi Hijau Di Sawah

Posted on

Sudah lama ingin menanam sawi di halaman rumah? Ternyata, menanam sawi tidaklah sulit. Yuk, simak cara menanam sawi yang bisa kamu lakukan di halaman rumahmu.

Persiapan Awal

menanam sawi

Sebelum mulai menanam sawi, pastikan kamu sudah menyiapkan keperluannya terlebih dahulu. Di antaranya adalah benih sawi, pot kecil, tanah, pupuk organik, dan air.

Cara Menanam Sawi

1. Siapkan pot kecil dengan cangkang telur atau loyang kecil sebagai wadah tanam. Lubangi bagian bawah pot atau loyang untuk memudahkan aliran air.

2. Campurkan tanah dan pupuk organik untuk dijadikan media tanam. Aduk hingga merata.

3. Siram media tanam dengan air. Kemudian, masukkan benih sawi ke dalam media tanam. Tandai pot atau loyang dengan label agar tidak bingung saat tanaman sudah tumbuh.

4. Simpan pot atau loyang di tempat yang terkena sinar matahari dengan baik. Pastikan tanaman mendapat cukup sinar matahari, terutama saat pagi hari.

5. Siram secara berkala. Pastikan tanaman tidak kekurangan air, tetapi hindari juga menggenangi pot atau loyang dengan air berlebih.

6. Tunggu sekitar 15-20 hari hingga benih sawi berkecambah. Setelah itu, pindahkan tanaman ke media tanam yang lebih besar dengan kualitas tanah yang lebih baik.

7. Terus siram dan beri pupuk secara berkala sampai tanaman sawi tumbuh besar dan siap dipanen. Siapkan juga pestisida atau obat-obatan jika diperlukan untuk mencegah hama atau penyakit tanaman.

Keuntungan Menanam Sawi di Halaman Rumah

Menanam sawi di halaman rumah bukan hanya mendatangkan manfaat bagi kesehatan, tetapi juga bagi keuangan. Berikut beberapa keuntungan menanam sawi di halaman rumah:

Baca juga  Bawang Putih Kolesterol Tinggi

1. Mengurangi pengeluaran untuk sayuran. Dengan menanam sawi, kamu bisa menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran di pasar.

2. Menjaga kesehatan. Sawi dianggap sebagai sayuran yang sehat karena kandungan nutrisinya yang tinggi, terutama vitamin K dan antioksidan. Juga, sawi kaya akan serat dan rendah kalori yang baik untuk diet.

3. Mendapatkan sayuran segar. Dibandingkan membeli sayuran yang sudah lama disimpan di pasar, menanam sawi sendiri membuatmu mendapatkan sayuran yang lebih segar dan berkualitas.

4. Tanaman sawi mudah ditanam. Sawi termasuk sayuran yang mudah ditanam dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Cocok untuk dijadikan bahan pertama bagi pemula yang ingin terjun ke dunia pertanian.

Tips Menanam Sawi di Halaman Rumah

Berikut beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika menanam sawi di halaman rumah:

1. Memilih benih sawi yang baik. Pilihlah benih sawi yang kokoh dan tidak cacat agar tumbuh dengan baik.

2. Menjaga kelembapan tanah. Pastikan tanah tempat menanam sawi lembab agar tumbuh dengan baik.

3. Memberi pupuk secara berkala. Sawi membutuhkan nutrisi tambahan agar tumbuh dengan subur dan cepat.

4. Meletakkan sawi di tempat yang terkena sinar matahari dengan baik. Pastikan sawi mendapatkan cukup sinar matahari, terutama di pagi hari.

5. Siapkan pestisida atau obat-obatan jika tanaman sawi terkena hama atau penyakit tertentu.

Kesimpulan

Menanam sawi di halaman rumah tidaklah sulit. Kamu bisa menanam sawi dalam pot kecil atau di wadah lainnya yang lebih besar. Utamakan memilih benih sawi yang baik, jaga kelembapan tanah, berikan pupuk secara berkala, pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup, dan siapkan pestisida atau obat-obatan jika diperlukan. Dengan menjaga kesehatan, menghemat pengeluaran, dan mendapatkan sayuran segar, menanam sawi di halaman rumah menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin menghasilkan hasil panen di rumah sendiri.

Baca juga  Budidaya Cabai Merah

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *