Cara Menanam Kacang Panjang Agar Berbuah Lebat

Posted on

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagiinformasi mengenai cara menanam kacang panjang dengan hasil yang melimpah dan besar untungannya. Kacang panjang (Vigna unguiculata sesquipedalis) merupakan salah satu tanaman sayuran yang cukup mudah untuk ditanam dan cocok untuk segala jenis tanah dan iklim di Indonesia.

Untuk memulai menanam kacang panjang, kita harus memilih benih dengan baik dan benar. Sebaiknya kita memilih bibit kacang panjang yang sehat dan kuat, karena bibit yang sehat akan tumbuh lebih cepat dan lebih produktif daripada bibit yang tidak sehat. Selain itu, kita juga harus memperhatikan ketersediaan nutrisi dan pupuk untuk tanaman kacang panjang.

Setelah kita memiliki benih yang baik, langkah selanjutnya adalah menyiapkan lahan untuk menanam kacang panjang. Kacang panjang sebaiknya ditanam di lahan yang terkena sinar matahari penuh dan kaya akan nutrisi. Sebaiknya lahan dipersiapkan dengan baik dan diberikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebelum menanam.

Jika kita ingin menanam kacang panjang secara organik, kita dapat menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang kotoran sapi, kotoran ayam, dan kotoran kambing. Selain itu, kita juga dapat menggunakan pupuk organik cair seperti pupuk bokashi dan pupuk cair EM4.

Setelah lahan siap, langkah selanjutnya adalah menanam bibit kacang panjang. Kita dapat menanam bibit kacang panjang dengan cara menanam langsung di lahan atau kita juga dapat menanam bibit di media tanam seperti polybag atau pot terlebih dahulu.

Untuk menanam langsung di lahan, kita dapat membuat lubang tanam dengan jarak sekitar 40-50 cm antara satu lubang dan lainnya. Kemudian, letakkan bibit kacang panjang ke dalam lubang dan tutup dengan tanah sampai rapat. Setelah itu, siram bibit dengan air secukupnya dan jangan lupa untuk memberikan naungan sementara pada bibit agar tidak layu.

Baca juga  Budidaya Timun Suri

Sedangkan, untuk menanam bibit kacang panjang di polybag atau pot, kita dapat mengisi polybag atau pot dengan campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 4:1. Setelah itu, letakkan bibit kacang panjang di media tanam tersebut dan siram dengan air secukupnya. Letakkan media tanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari penuh dan jangan lupa untuk memberikan naungan sementara pada bibit agar tidak layu.

Untuk memastikan pertumbuhan tanaman kacang panjang yang sehat dan subur, kita harus memberikan perawatan yang baik seperti penyiraman rutin, pemberian pupuk dan pestisida yang tepat, serta pemangkasan jika diperlukan. Selain itu, kita juga harus memperhatikan kebersihan lahan dan melakukan pengendalian hama dan penyakit yang mungkin menyerang tanaman kacang panjang.

Setelah bibit kacang panjang tumbuh besar, kita dapat mulai mengambil buah kacang panjangnya. Jangan lupa untuk memetik buah kacang panjang dengan hati-hati agar tidak merusak tanaman dan membiarkan buah yang terlalu lama di tanaman akan mengakibatkan tanaman menjadi tidak produktif.

Dalam memasarkan hasil panen kacang panjang, kita dapat memasarkannya secara langsung ke pasar tradisional atau ke supermarket. Selain itu, kita juga dapat memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook atau website seperti Bukalapak dan Tokopedia untuk memasarkan produk kacang panjang kita.

Demikian informasi mengenai cara menanam kacang panjang yang melimpah hasilnya dan besar untungannya secara organik. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memulai menanam kacang panjang di lahan Anda.

Temukan postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *