Cara Menanam Bayam Cabut Yang Baik Dan Benar

Posted on

Manusia tentunya membutuhkan makanan yang bergizi agar tetap sehat. Salah satu sayuran yang mudah ditemukan dan mudah ditanam adalah Bayam Cabut yang kaya akan kandungan vitamin dan mineral. Nah, kali ini kami akan memberikan tips dan cara menanam Bayam Cabut dengan mudah dan hasil melimpah.

Cara Menyiapkan Benih Bayam Cabut

Bayam Cabut

Langkah pertama dalam menanam Bayam Cabut adalah menyiapkan benih. Benih Bayam Cabut dapat dibeli di toko pertanian atau juga bisa mengambil benih dari tanaman bayam cabut terdahulu yang sudah tumbuh dewasa.

Cara menyiapkan benih Bayam Cabut, pertama-tama siapkan nampan atau wadah yang cukup besar. Kemudian siapkan permukaan media tanam berupa ‘campuran tanah merah dan pupuk kandang dengan perbandingan semafor 2:1’.

Campurkan dengan air secukupnya hingga media tanam cukup lembap untuk menanam. Kemudian sebar benih Bayam Cabut secara merata, tutup dengan sedikit media tanam, lalu semprot dengan air bersih hingga benih sedikit basah.

Cara Menanam Bayam Cabut

Bayam Cabut

Cara kedua adalah menanam benih Bayam Cabut. Setelah benih Bayam Cabut disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah menanamnya. Lakukan penanaman pada lahan dengan sinar matahari yang cukup, karena Bayam Cabut merupakan tanaman yang membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Penanaman benih Bayam Cabut dilakukan dengan cara menyemai benih, oleh karena itu disiapkan terlebih dahulu bedengan atau polybag khusus tanaman Bayam Cabut.

Langkah pertama, siapkan bedengan atau polybag yang diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang secukupnya, lalu berikan air secukupnya.

Baca juga  Cara Membuat Pestisida Dari Bawang Putih

Langkah kedua, sebar benih Bayam Cabut secara merata pada media tanam dan kemudian tutup dengan lapisan tipis campuran tanah dan pupuk kandang hingga seluruh benih tertutup tanah. Jangan lupa untuk menyiraminya dengan air bersih agar benih terjaga kelembapannya.

Cara Merawat Tanaman Bayam Cabut

Bayam Cabut

Cara ketiga adalah merawat tanaman Bayam Cabut agar tumbuh subur dan menghasilkan daun Bayam Cabut yang lebat dan hijau segar. Setelah penanaman dilakukan, jangan lupa untuk melakukan perawatan terhadap tanaman Bayam Cabut. Biasanya, perawatan yang diperlukan antara lain penyiraman, pemberian pupuk, pemangkasan, dan pembenahan gulma jika diperlukan.

Penyiraman pada tanaman Bayam Cabut perlu dilakukan secara teratur, terutama jika kondisi cuaca sedang panas dan kering. Lakukan penyiraman dengan intensitas sedang, hindari penyiraman terlalu sering atau terlalu sedikit karena dapat membuat tanaman Bayam Cabut mati.

Memberikan pupuk pada tanaman Bayam Cabut juga sangat penting, gunanya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dan menjadikannya tumbuh lebih subur. Pemangkasan daun Bayam Cabut yang kering atau rusak juga perlu dilakukan agar pertumbuhan tanaman menjadi lebih baik. Jangan lupa juga untuk membenahi gulma atau rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

Nah, demikianlah tips dan cara menanam Bayam Cabut dengan mudah dan hasil melimpah. Dengan menanam Bayam Cabut sendiri di rumah, tentunya kita bisa menghemat pengeluaran untuk membeli sayuran sehari-hari, sekaligus mengonsumsi sayuran yang segar dan bergizi tanpa khawatir dengan pestisida atau bahan kimia berbahaya yang sering digunakan pada sayuran yang dijual di pasar.

Baca tulisan lainnya seputar Sayur-sayuran

Baca juga  Resep Tumis Kacang Panjang Tahu Sederhana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *