Cara Menanam Bawang Merah Di Gelas Aqua

Posted on

Sahabat Demfarm, kali ini kita akan membahas cara menanam bawang merah di rumah dengan mudah. Bawang merah merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan dalam hidangan Indonesia. Selain itu, bawang merah juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, tidak semua orang tahu cara menanam bawang merah di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan bibit bawang merah

Bibit Bawang Merah

Untuk menanam bawang merah di rumah, kamu bisa membeli bibit bawang merah atau memanfaatkan bawang merah yang sudah tidak bisa digunakan sebagai bahan masakan. Pastikan bawang merah yang akan digunakan sebagai bibit dalam kondisi segar dan sehat.

2. Siapkan media tanam

Media Tanam

Media tanam yang cocok untuk menanam bawang merah adalah tanah yang kaya akan nutrisi. Jika kamu tidak punya lahan untuk menanam bawang merah, bisa juga menggunakan pot atau wadah lain yang sesuai.

3. Potong bibit bawang merah

Potong Bibit Bawang Merah

Potong bibit bawang merah menjadi beberapa bagian dengan masing-masing memiliki 2-3 ruas. Pastikan setiap ruas memiliki akar dan tangkai daun yang sehat.

4. Tanam bibit bawang merah

Tanam Bibit Bawang Merah

Tanam potongan bibit bawang merah dengan jarak sekitar 10-15 cm antar tanaman dan 2-3 cm antar lubang. Setiap lubang perlu diberi pupuk organik dan disiram dengan air secukupnya.

5. Perawatan bibit bawang merah

Perawatan Bibit Bawang Merah

Untuk merawat bibit bawang merah, perlu diberi air secara teratur dan cukup. Pastikan media tanam selalu lembab namun tidak tergenang air. Bibit bawang merah juga perlu diberi pupuk organik setiap 2-3 bulan sekali.

Baca juga  Bunga Terong Ungu

6. Panen bawang merah

Panen Bawang Merah

Bawang merah bisa dipanen setelah 3-4 bulan setelah ditanam. Ketika daun mulai menguning dan kering, bisa dipastikan bawang merah sudah siap dipanen. Atau, kamu bisa mencabut satu bibit dan melihat ukuran umbi bawang merah yang sudah terbentuk. Jika sudah mencapai ukuran yang diinginkan, bisa dilakukan panen.

Selain menjadi bahan masakan yang lezat, bawang merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat bawang merah adalah:

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  • Mencegah penyakit jantung dan stroke
  • Mengurangi kadar gula dalam darah
  • Mencegah kanker

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba menanam bawang merah di rumah. Selain bisa memenuhi kebutuhan bahan masakan, kamu juga bisa mendapatkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat!

Temukan artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *