Cara Menanam Bawang Merah Di Air

Posted on

Bawang merah adalah salah satu komoditas sayuran yang memiliki harga jual yang cukup tinggi di pasaran. Oleh karena itu, menanam bawang merah di rumah bisa menjadi alternatif untuk menghemat pengeluaran dan juga untuk memastikan kualitas bawang merah yang dikonsumsi dalam keluarga.

Cara Menanam Bawang Merah di Rumah

Menanam Bawang Merah di Rumah

Untuk menanam bawang merah di rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah beberapa cara untuk menanam bawang merah di rumah dengan mudah:

  1. Persiapan Media Tanam
  2. Media tanam yang cocok untuk menanam bawang merah adalah dengan menggunakan polybag atau pot berukuran sedang. Polybag atau pot ini dipilih agar memudahkan dalam memperhatikan pertumbuhan bawang merah.

  3. Semai Benih
  4. Semai benih bawang merah dilakukan di dalam sekam bakar atau dengan menggunakan cupling plastik yang telah dibuang kulitnya. Sebelum dicupling, biji bawang merah dicuci bersih menggunakan air mengalir dan diberi perlakuan pestisida agar terhindar dari hama dan penyakit.

  5. Tahap Penanaman
  6. Bibit bawang merah yang telah berkecambah selama 14 hari kemudian dapat dipindah ke pot atau polybag yang telah disiapkan. Bibit ditanam pada kedalaman kurang lebih satu setengah dari ukuran bibit. Setelah itu, siram bibit dengan air dan letakkan bibit di tempat yang terkena sinar matahari secukupnya.

  7. Perawatan Tanaman
  8. Setelah bibit ditanam, perawatan bibit bawang merah sangat penting untuk memastikan pertumbuhan yang optimal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan bibit antara lain:

    • Penyiraman harus dilakukan secara teratur dengan takaran yang cukup.
    • Tanaman harus diberikan pupuk yang mengandung nitrogen dan fosfor yang cukup.
    • Setelah tanaman mencapai usia sekitar 2 hingga 3 bulan, pupuk harus diberikan kembali untuk memastikan pertumbuhan yang optimal.
    • Tanaman harus diberikan perlindungan dari hama dan penyakit yang bisa menyerang.
  9. Panen
  10. Bawang merah dapat dipanen setelah tumbuh selama kurang lebih 100 hingga 120 hari. Tanda bahwa bawang merah siap dipanen adalah ketika daun bibit telah layu dan kering. Ambil bibit secara perlahan dan jangan terlalu cepat menariknya agar umbi yang dihasilkan tidak rusak.

Keuntungan Menanam Bawang Merah di Rumah

Keuntungan Menanam Bawang Merah di Rumah

Menanam bawang merah di rumah memang memerlukan waktu dan perawatan yang cukup teliti dan seringkali memakan waktu yang cukup lama. Namun, ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan menanam bawang merah di rumah. Berikut adalah beberapa keuntungan menanam bawang merah di rumah:

  • Memastikan kualitas bawang merah yang dikonsumsi dalam keluarga
  • Menghemat pengeluaran karena tidak perlu membeli bawang merah di pasaran dengan harga yang cukup mahal
  • Menumbuhkan kesadaran dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan

Tentu saja, menanam bawang merah di rumah memerlukan usaha dan ketekunan yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut tidak akan sia-sia karena keuntungan yang didapatkan juga cukup berharga.

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Baca juga  Makalah Tanaman Bayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *