Cara Memipil Jagung

Posted on

Siapa yang tidak suka menikmati jagung manis di siang hari yang panas? Jagung memang menjadi salah satu camilan yang sering dicari oleh banyak orang karena rasanya yang manis dan gurih. Namun, siapa yang pernah merasa kesulitan saat harus memipil jagung yang masih segar?

Memipil Jagung Lebih Mudah dengan 2 Trik Cerdas Ini

memipil jagung dengan mudah

Mungkin beberapa di antara kita merasa kesulitan saat harus memipil jagung. Terkadang jagung masih terlalu rapat dengan kulitnya sehingga sulit untuk memisahkan biji jagung dengan tongkolnya. Berikut adalah dua trik cerdas untuk memipil jagung dengan mudah dan cepat.

Trik Pertama: Gunakan Pisau Dapur

memipil dengan pisau dapur

Trik pertama yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan pisau dapur. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengiris jagung persegi di setiap sisi tongkolnya dengan jarak sekitar satu inchi untuk memudahkan proses memipil jagung.

Setelah melakukan potongan, jangan lupa untuk memotong pangkal tongkol jagung agar jagung saat ditarik tidak mudah pecah. Setelah itu, kamu bisa menarik tongkol ke arah bawah dengan cara meremasnya. Dengan cara ini, biji jagung biasanya akan keluar dengan mudah di antara irisan jagung yang sudah Anda buat. Anda bisa memisahkan jagung yang sudah keluar dengan langsung memasukkannya ke dalam mangkuk.

Trik Kedua: Gunakan Wadah

memipil dengan wadah

Memipil jagung dengan menggunakan wadah juga bisa menjadi cara yang cukup efektif dan lebih cepat. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah wadah dengan bibir yang tajam dan halus, seperti panci atau penggorengan. Caranya, letakkan jagung di atas bibir wadah dan gunakan tangan Anda untuk menekan jagung ke bawah hingga biji jagung terpisah dari tongkolnya.

Baca juga  Jajan Chiki Jagung

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan pisau tumpul untuk menggores permukaan jagung dan memudahkan biji jagung keluar dari tongkolnya. Cukup risakan biji jagung dari tongkolnya dengan hati-hati dan masukkan ke dalam wadah yang sudah disiapkan.

Tahukah Anda bahwa ternyata jagung juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan? Jagung mengandung serat yang tinggi dan memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga baik untuk kesehatan pencernaan dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu, jagung juga mengandung karotenoid yang dikenal sebagai zea-xanthin, yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan mata.

Demikianlah dua trik cerdas yang bisa Anda coba agar bisa memipil jagung dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *