cara membuat wajik bandung kacang hijau

Cara Membuat Wajik Bandung Kacang Hijau

Posted on

cara membuat wajik bandung kacang hijau

Ingin mencoba membuat wajik Bandung kacang hijau sendiri? Ikuti langkah-langkah dalam resep tradisional ini untuk mendapatkan wajik lezat ala Bandung.

Cara Membuat Wajik Bandung Kacang Hijau: Resep Tradisional yang Mudah dan Enak

Apakah Anda penggemar makanan tradisional Indonesia? Jika iya, Anda pasti sudah tidak asing dengan wajik Bandung kacang hijau. Wajik adalah salah satu makanan khas Indonesia yang terbuat dari beras ketan dan bahan tambahan lainnya, seperti kacang hijau. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep lengkap cara membuat wajik Bandung kacang hijau yang lezat dan nikmat.

Mengenal Wajik Bandung Kacang Hijau

Wajik Bandung kacang hijau adalah makanan tradisional yang populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Barat. Makanan ini memiliki cita rasa manis, lezat, dan tekstur yang kenyal. Biasanya, wajik Bandung kacang hijau disajikan sebagai hidangan penutup atau camilan yang enak.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan wajik Bandung kacang hijau, pastikan Anda telah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 250 gram beras ketan putih, rendam semalam
  • 150 gram kacang hijau, rebus hingga lunak
  • 200 ml santan kental
  • 150 gram gula merah, sisir halus
  • 1/2 sendok teh garam
  • Daun pisang untuk membungkus

Langkah-Langkah Pembuatan Wajik Bandung Kacang Hijau

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat wajik Bandung kacang hijau yang lezat:

  1. Menyiapkan Kacang Hijau: Rebus kacang hijau yang telah dicuci bersih hingga lunak. Angkat dan tiriskan.
  2. Mempersiapkan Adonan Ketan: Tiriskan beras ketan yang telah direndam semalam. Kukus beras ketan selama sekitar 30-40 menit hingga matang dan kenyal.
  3. Membuat Gula Merah Cair: Rebus gula merah dengan sedikit air hingga gula larut dan mendapatkan tekstur sirup. Saring untuk memisahkan dari kotoran.
  4. Mencampur Bahan: Campur beras ketan matang, kacang hijau, santan kental, gula merah cair, dan garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.
  5. Pengukusan Wajik: Siapkan daun pisang sebagai bahan pembungkus. Letakkan campuran bahan di atas daun pisang dan lipat seperti membungkus. Kukus wajik selama 30-40 menit hingga matang.
  6. Penyajian: Setelah matang, biarkan wajik agak dingin sebelum dipotong-potong sesuai selera. Sajikan wajik Bandung kacang hijau dalam keadaan hangat.
Baca juga  Resep Mujair Bumbu Kuning Kemangi: Cara Membuat Ikan Mujair yang Lezat dan Sehat

FAQ – Pertanyaan Umum tentang Wajik Bandung Kacang Hijau

Apakah bisa menggunakan beras ketan hitam? Sebaiknya gunakan beras ketan putih agar wajik memiliki warna yang khas dan tekstur yang kenyal.

Bisakah saya menggunakan santan encer? Santan kental lebih disarankan karena memberikan cita rasa dan tekstur yang lebih baik pada wajik.

Berapa lama wajik dapat disimpan? Wajik dapat disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang sejuk. Biasanya dapat bertahan hingga beberapa hari.

Apakah saya harus menggunakan daun pisang? Daun pisang memberikan aroma khas pada wajik, tetapi jika tidak tersedia, Anda bisa menggunakan plastik makanan sebagai pengganti.

Apakah wajik cocok untuk camilan sehari-hari? Wajik adalah makanan yang kaya akan gula, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak sebagai camilan sesekali.

Kesimpulan: Nikmati Kelezatan Wajik Bandung Kacang Hijau

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat wajik Bandung kacang hijau yang lezat dan mudah. Dengan mengikuti resep tradisional ini, Anda dapat merasakan cita rasa autentik Indonesia dalam hidangan Anda sendiri. Selamat mencoba dan menikmati kelezatan wajik Bandung kacang hijau!