Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas Dan Kain Perca

Posted on

Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas Dan Kain Perca – Apakah Anda sering kesulitan mencari tempat pensil yang rapi dan mudah dijangkau? Jangan khawatir, karena Anda dapat membuat sendiri tempat pensil dari kaleng bekas dan kain perca dengan mudah. Selain itu, membuat tempat pensil dari bahan bekas juga merupakan cara yang ramah lingkungan.

Sekarang, mari kita bahas beberapa hal terkait cara membuat tempat pensil dari kaleng bekas dan kain perca. Salah satu hal yang mungkin menjadi masalah adalah sulitnya mendapatkan tempat pensil yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dengan membuat sendiri tempat pensil, Anda dapat menyesuaikannya dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Jadi, bagaimana cara membuat tempat pensil dari kaleng bekas dan kain perca? Pertama, siapkan bahan-bahan yang akan Anda gunakan, yaitu kaleng bekas yang sudah dibersihkan dan dikeringkan, serta kain perca dengan pola yang menarik.

Bahan yang Diperlukan:

  • Kaleng bekas yang sudah dibersihkan dan dikeringkan
  • Kain perca dengan pola yang menarik
  • Penggaris
  • Besi atau jarum pentul
  • Pensil
  • Gunting
  • Lem kertas atau lem tembak

Langkah-langkah:

1. Mengukur dan Memotong Kain Perca

Gunakan penggaris untuk mengukur tinggi dan keliling kaleng bekas yang ingin Anda tutupi dengan kain perca. Setelah itu, gunting kain perca sesuai dengan ukuran yang Anda ukur tadi.

2. Menempelkan Kain Perca

Oleskan lem kertas atau lem tembak di bagian luar kaleng bekas yang ingin Anda tutupi. Tempelkan kain perca yang sudah dipotong tadi secara rata dan rapat. Pastikan kain perca menempel dengan baik dan tidak berkerut.

Baca juga  Cara Membuat Selempang Dari Snack

3. Menyematkan Kain Perca

Jika Anda tidak ingin kain perca terlepas dari kaleng, Anda dapat menggunakan besi atau jarum pentul untuk menyematkannya ke kaleng. Caranya, tusukkan besi atau jarum pentul ke dalam kaleng dan kain secara bergantian hingga kain perca terpasang dengan kuat.

4. Menghias Tempat Pensil

Anda dapat menghias tempat pensil dengan tambahan aksesori seperti pita, kancing, atau dekorasi lainnya. Gunakan lem kertas atau lem tembak untuk menempelkan aksesori tersebut pada kain perca.

5. Menyimpan Pensil dalam Tempat

Sekarang tempat pensil Anda siap digunakan! Masukkan pensil-pensil Anda ke dalam tempat tersebut dan letakkan di meja atau tempat yang mudah dijangkau.

Pertanyaan yang Sering Diajukan:

1. Bisakah saya menggunakan kaleng bekas yang sudah berkarat?

Sebaiknya gunakan kaleng bekas yang masih dalam kondisi baik dan tidak berkarat. Kaleng yang berkarat dapat berpotensi merusak kain perca yang Anda gunakan untuk menutupi kaleng.

2. Apakah saya bisa menggunakan kain lain selain kain perca?

Tentu, Anda dapat menggunakan kain lain seperti kain flanel atau kain rajut. Pilih kain yang sesuai dengan keinginan Anda dan pastikan kain tersebut mudah ditempelkan dan tidak mudah sobek.

3. Bagaimana cara membersihkan tempat pensil jika kain perca kotor?

Anda dapat membersihkan kain perca dengan cara merendamnya dalam air sabun hangat kemudian menggosok-gosoknya lembut. Setelah itu, bilas kain perca dengan air bersih dan keringkan dengan baik sebelum dipasang kembali pada kaleng.

4. Apakah saya harus menggunakan lem tembak atau bisa menggunakan lem kertas biasa?

Anda dapat menggunakan lem kertas biasa atau lem tembak untuk menempelkan kain perca pada kaleng. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga  Mesin Pecah Kulit Padi Otomatis

5. Apakah saya perlu menjahit kain perca pada kaleng?

Tidak perlu menjahit kain perca pada kaleng jika Anda sudah menggunakan lem tembak atau lem kertas yang kuat. Namun, jika Anda ingin memberikan sentuhan tambahan pada tempat pensil Anda, Anda dapat menjahit kain perca pada kaleng menggunakan benang dan jarum.

6. Apa saja aksesori tambahan yang bisa saya gunakan untuk menghias tempat pensil?

Anda dapat menggunakan pita, kancing, renda, atau dekorasi lainnya untuk menghias tempat pensil Anda. Biarkan kreativitas Anda berjalan dan tambahkan aksesori yang sesuai dengan selera Anda.

7. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat tempat pensil ini?

Waktu yang diperlukan bisa berbeda-beda tergantung pada tingkat keterampilan dan ukuran tempat pensil yang ingin Anda buat. Secara umum, waktu yang diperlukan sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Kesimpulan:

Dengan menggunakan kaleng bekas dan kain perca, Anda dapat dengan mudah membuat tempat pensil yang unik dan menarik. Selain dapat mengatasi masalah kesulitan mencari tempat pensil yang sesuai, membuat sendiri tempat pensil juga merupakan langkah yang ramah lingkungan. Percayalah, dengan sedikit usaha dan kreativitas, Anda dapat memiliki tempat pensil yang unik dan sesuai dengan kepribadian Anda.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang Cara Membuat Tempat Pensil Dari Kaleng Bekas Dan Kain Perca. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menginspirasi Anda untuk mencoba membuat tempat pensil sendiri.

Baca juga  Bibit Anggrek Bulan Botolan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *