Cara Membuat Tas Dari Kain Perca Dengan Berbagai Model

Kain perca adalah kain sisa dari pembuatan pakaian. Kain perca biasa didapat dari konveksi ataupun penjahit-penjahit rumahan. Walaupun merupakan limbah sisa dari pembuatan pakaian, ternyata kain perca ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan.

 

Salah satu manfaat dari kain perca adalah untuk membuat tas. Hanya dengan memanfaatkan kain sisa jahitan yang biasanya berbentuk potongan-potongan kain dan jarang dimanfaatkan ini, kamu bisa menjadikannya sebagai media berkreatifitas serta juga dapat menambah penghasilanmu juga lho,

Cara membuat tas dari kain perca tidak begitu sulit. Apalagi dengan bahan-bahan yang tentunya dapat didapatkan dengan harga murah bahkan free of charge, tentunya lebih menghemat modal dalam pembuatannya.

Berikut cara membuat tas dari kain perca.

 

1. Tas Tangan dari Kain Perca (Hand bag)

cara membuat tas dari kain perca
Sumber : pusathijabterbaru.com

Cara membuat tas dari kain perca tidak begitu sulit. Pertama, kamu dapat coba membuat hand bag dari kain perca. Kamu hanya perlu menyiapkan semua bahan dan peralatan yang sudah ada di sekitarmu. Bahannya pun mudah di cari kok. Jadi, yuk mulai berkreasi!! Berikut caranya.

Alat dan bahan:

  • Kain perca bermotif dan polos
  • Busa angin tipis untuk bagian dalam
  • Benang jahit sesuai warna
  • Ritsleting biasa
  • Hiasan tas (sesuai keinginan, misalnya pita, atau kancing dari batok kelapa)

 

Cara membuat tas tangan dari kain perca :

  1.  Buat pola tas yang kamu inginkan di sebuah kertas terlebih dahulu.
  2. Siapkan potongan kain perca sesuai dengan keinginanmu, misal seperti bentuk persegi, segitiga dan masih banyak lagi. Kemudian satukan dengan cara dijahit pada setiap tepiannya. Perlu di ingat warna yang kamu gunakan sebaiknya di sesuaikan ya, agar hasilnya semakin bagus.
  3. Setelah kain perca yang sudah dipotong-potong tadi menyatu menjadi sebuah lembaran kain yang lebar, gunting kain mengikuti pola tas yang sebelumnya sudah kamu persiapkan. Lebihkan sekitar 2 cm dari ukuran pola untuk lipatan, dan berilah kampuh pada setiap ujung sisi pola yang akan dijahit.
  4. Letakkan busa angin di atas kain perca yang polos, lalu jahit bagian sisi-sisinya. Ini berguna untuk lapisan bagian dalam dan agar tampilan tasmu makin rapi lagi.
  5. Langkah berikutnya adalah membuat tali tas dari kain perca, pertama sesuaikan ukuran tali tas yang akan dibuat dengan pola yang telah ada. Lapisi bahan untuk tali tersebut dengan busa angin, kemudian jahit dan pasangkan pada tas.
  6. Satukan bagian tas luar dengan bagian lapisan dalam dengan cara memasangkan ritsleting pada mulut tas, Tambahkan hiasan tas untuk mempercantik tas perca yang kamu buat.
  7. Tas tangan buatanmu sudah siap digunakan

 

2. Roll-up Make Up Brushes Case Dari Perca

Sumber : meramuda.com

Tempat make-up satu ini berguna sebagai tempat kuas-kuas (brush kosmetik) yang digunakan untuk berdandan. Sama dengan cara membuat tas dari kain perca sebelumnya, kamu hany butuh menyiapkan smeua bahan dan peralatan yang diperlukan saja. Selanjutnya kamu bisa mempraktekannya lewat cara berikut.

Alat dan bahan :

  • Kain perca motif dan polos (sesuai seleramu)
  • Pita untuk tali
  • Benang
  • Busa angin
  • Alat Ukur
  • Mesin Jahit

 

Cara membuat tas make-up dari kain perca :

  1. Buatlah pola pada kain perca bermotif dan polos dengan ukuran berbentuk persegi panjang seperti yang terlihat pada gambar.
  2. Tumpuk kain perca motif di atas kain perca polos yang sudah dijahit dan diberi lapisan busa angin. Perhatikan juga posisinya agar tidak salah dalam menjahit.
  3. Setelah kain perca motif dijahit, pada sekeliling sisinya. Jahit pula setiap garis pola yang sudah ditentukan untuk setiap brush yang kamu punya.
  4. Setelah selesai menentukan ukuran-ukuran tempat brush, kamu harus merapikan setiap sisinya dengan cara di jahit kelim.
  5. Tahap selanjutnya adalah membuat bagian tali yang berguna untuk mengikat tempat make up tersebut. potong kain selebar 5×60 cm kemudian jahit. Jahitan akhir tali ini kurang lebih selebar 1,5 cm.
  6. Lalu satukan pada bagian ujung sisi sebelah kiri dari Roll-up tersebut.
  7. Tempat Brushmu sudah siap digunakan.

 

3. Tas Jinjing dari Kain Perca

cara membuat tas dari kain perca
Sumber : i.pinimg.com

Selain tas tangan dan tas make-up, kamu juga bisa mencoba membuat tas jinjing sebagai salah satu cara membuat tas dari kain perca. Selama memiliki mesin jahit dan alat-alat jahit di rumah, tentunya kamu akan lebih gampang dalam mengikuti cara membuat tas dari kain perca ini.

Alat dan bahan :

  • Kain Perca Warna-warni
  • Perca dari kain katun motif
  • Kain untuk bagian dalam (furing)
  • Benang jahit
  • Mesin jahit dan peralatan jahit lainnya

 

Cara membuat tas jinjing dari kain perca :

  1. Carilah model tas jinjing yang akan kamu buat. Jangan lupa digambar polanya biar nanti gampang untuk membautnya.
  2. Potong kain perca menjadi beberapa ukuran yang sama, kamu bisa mengkreasikannya dengan ukuran potongan kain yang beragam, setelah itu gabungkan satu demi satu. Kamu juga dapat memotong kain perca menjadi bentuk persegi atau segitiga, sesuai keinginan kamu saja. Tapi, usahakan antar kain perca memiliki warna yang kontras, agar tas terlihat unik.
  3. Buatlah pola bagian sisi tas dengan bahan kain katun motif. Potong kain tersebut dengan lebar 10 cm dan panjangnya sesuai dengan panjang tas. Satukan pola-pola tersebut dengan cara jahit kain sampai membentuk balok tanpa tutup, jangan lupa rapikan bekas jahitan setiap sisinya dengan cara dijahit kelim.
  4. Lalu, buat bagian dalam tas dengan ukuran sama dengan bagian tas luar. Pasangkan bagian dalam tas yang terbuat dari kain pelapis tersebut ke bagian tas utama dengan cara dijahit.
  5. Selanjutnya buatlah tali untuk jinjingannya, potong 2 helai kain dengan ukuran panjang 100 cm dan lebar 10 cm. Setelah itu jahit dan sambungkan pada bagian tas yang pertama.
  6. Setelah tas mulai terbentuk, kamu bisa memberikan  aksesoris sebagai hiasan untuk tas jinjingmu.
  7. Tas Jinjing siap digunakan

 

4. Clutch Bag ( Dompet Perca )

cara membuat tas dari kain perca
Sumber : id.pinterest.com

Dompet memiliki fungsi yang beragam, salah satunya adalah sebagai tempat untuk menyimpan uang dan ponsel. Dompet juga sering digunakan untuk acara-acara tertentu seperti kondangan dan lain sebagainya. Namun kali ini kita akan membuatnya dengan bahan dari kain perca. Yuk simak cara membuatnya.

Alat dan bahan :

  • Kain perca motif dan polos
  • Busa angin
  • Kain furing
  • Benang
  • Resleting
  • Mesin jahit dan peralatan jahit

 

Cara membuat dompet dari kain perca :

  1. Buat pola dompet yang akan kamu buat dan siapkan mesin jahit  serta peralatan jahit lainnya.
  2. Potong kain perca motif menjadi beberapa bagian dengan bentuk yang kamu inginkan. kemudian satukan seluruh potongan tersebut hingga membentuk selembar kain yang lebar.
  3. Kemudian bagian bawah dompet dapat kamu kreasikan dengan menggunakan kain polos atau kain dengan motif monokrom agar tampilannya unik.
  4.  Berilah kain tersebut dengan busa angin agar tampilannya makin cantik. Kemudian buatlah bagian pelapis sesuai dengan ukuran dompet. lalu satukan dengan bagian dompet luar, dengan cara dijahit.
  5. Pasangkan retsleting pada bagian mulut dompet agar dompetmu dapat dikancingkan.
  6. Kamu juga dapat menambahkan aksesoris seperti kancing, pita, ataupun manik-manik mutiara agar tampilan dompetmu terlihat makin menarik.

 

Nah, itulah beberapa cara membuat tas dari kain perca yang bisa mengisi waktu luangmu saat di rumah. Selain tambah kreatif, kamu juga bisa menambah uang sakumu tiap hari ya guys. Semoga bermanfaat!!.