Cara Membuat Resolusi Tahunan

Cara Membuat Resolusi Tahunan

Posted on

Cara Membuat Resolusi Tahunan – Ketika anda menulis sebuah keputusan, pikirkan sesuatu yang paling mungkin terjadi agar anda bisa mewujudkannya. anda tidak perlu menetapkan harapan atau tujuan terlalu besar dan terlalu banyak. Tetapkanlah tujuan yang realistis dan bisa anda kelola. karena jika resolusi tahun lalu tidak tercapai, maka anda perlu mengulang dan memperbaikinya.

Cara Membuat Resolusi Tahunan

Jadi, apapun solusinya pastikanlah untuk menyeimbangkannya dengan keyakinan yang baik. Seseorang yang melibatkan Tuhan dalam semua aktivitasnya mereka akan lebih mungkin dalam mencapai tujuannya.

Jangan jadikan resolusi sebagai tren di situs media sosial setiap saat sebelum tahun baru dimulai. Resolusi bukanlah tolak ukur yang bisa menentukan keberhasilan keindahan impian orang. Perlu di ingat bahwa penyelesaian merupakan permintaan yang harus kita buat sebagai bentuk tanggungjawab diri.

Berikut ini caraprofesor.com telah merangkum postingan tentang cara membuat resolusi tahunan yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga : Pengertian Resolusi Dan Fungsinya

Cara Smart Membuat Resolusi Tahunan

Dalam membuat sebuah resolusi untuk pribadi, kita bisa menerapkan beberapa cara, Yaitu salah satunya yang terkenal adalah cara SMART. cara ini bisa dijabarkan atau dimaknai sebagai berikut:

1. Jelas Dan Spesifik

Saat membuat sebuah resolusi, anda harus tepat dan juga jelas. Contoh jika kita membuat resolusi “Menjadi siswa yang pintar”, resolusi tersebut kurang jelas dan spesifik karena penjelasannya kurang lengkap. Kita harus memantapkan tekad “Menjadi siswa yang pintar selalu siap menjalani proses belajar dengan baik dari awal sampai akhir dan bisa menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru”. Dengan memperjelas, kita bisa dengan mudah mengidentifikasi langkah apa yang perlu kita ambil untuk mencapai resolusi pribadi kita kedepannya.

Baca juga  Perbedaan Cream Chiumien Asli Dan Palsu

2. Resolusi Yang Terukur

Ketika kita membuat sebuah resolusi pribadi, seharusnya kita mendefinisikannya dengan cara yang terukur. Ukuran yang kita tentukan tentunya harus memperhitungkan juga keadaan, kondisi dan kemampuan kita.

Dengan memperhitungkan diri kita sendiri, kita harus bisa menilai kemampuan yang kita miliki dengan lebih baik. Contoh: Kita lemah dalam pelajaran matematika, jangan membuat resolusi, “nilai pelajaran matematika saya harus di atas 90”. Setelah menentukan kemampuan diri kita sendiri, kita memiliki kesempatan dalam memperjuangkan tekad, sesuai dengan kemampuan yang kita miliki.

3. Resolusi Yang Bisa Tercapai

Ketika kita diundang untuk meninjau apakah resolusi individu kita bisa dicapai. Contoh: Jika ekonomi keluarga tidak mendukung kita untuk melanjutkan kuliah di tahun ini dan jika kita lulus sekolah dan memutuskan untuk bekerja, Tidak ada salahnya jika kita harus bekerja setelah lulus sekolah. Setidaknya dengan pilihan ini bisa meringankan beban orang tua kita.

4. Resolusi Yang Relevant Atau Sesuai

Kata-kata terkait atau relevan, Dapat dipahami dengan sesuai, cocok, selaras, atau terhubung. Oleh sebab itu, keputusan yang kita buat harus relevan dengan yang kita inginkan.

Contoh: Kita bertekad masuk ke universitas sesuai keinginan kita (saat akademis dan finansial kurang begitu menguntungkan). Dengan demikian, resolusi kita menjadi kurang relevan. Dengan melakukan hal itu, Kita menjadi kurang peka terhadap kondisi kita sendiri dan juga orang orang di sekitar kita.

Setiap hari kita berdo’a untuk resolusi diri sendiri yang telah kita buat tahun ini, agar tidak membuat terlalu banyak resolusi pribadi. Saat melihat ke belakang dan berdoa, kita didorong agar merenungkan segala tindakan yang kita lakukan sepanjang hari, apakah resolusi itu sering menyimpang dari resolusi pribadi kita atau tidak.

Baca juga  Cara Membedakan Onitsuka Asli Dan Palsu

5. Batas Waktu Resolusi

Ini merupakan aspek penting, Setiap resolusi dibuat harus dibatasi dengan waktu. Karena membuat keputusan tanpa ada batas waktu itu tidak ada gunanya. Karena jika belum mencapainya, kita akan mencari cari alasan dan kemungkinan tidak mengejar tujuan yang ingin kita capai.

Nah, itulah 5 cara smart dalam membuat resolusi pribadi, akan tetapi kita tidak boleh menggunakan cara SMART saja.Karena resolusi yang baik juga mengandung 2 hal berikut ini:

Menggunakan hati nurani (Consciousness), keputusan yang di buat untuk diri kita sendiri harus memperjuangkan nilai “Kemanusiaan untuk orang lain”. Hasil yang kita dapatkan tidak hanya bermanfaat untuk kita tetapi juga bagi orang di sekitar kita.

Seseorang membuat keputusan di tahun ini untuk bahagia. Namun jika tidak di barengi dengan metode SMART, tidak menggunakan kesadaran dan tidak memperjuangkan nilai kemanusiaan maka resolusi tersebut sangat salah.

Demikian postingan  mengenai Cara Membuat Resolusi Tahunan semoga bermanfaat untuk kita semua, Terima kasih atas kunjunganya.

Baca juga artikel menarik lainya di caraprofesor.com