Cara Membuat Pentol Goreng Dari Kentang

Posted on

Pernahkah Anda mencoba membuat kentang goreng tapi hasilnya lembek dan tidak renyah? Ini mungkin disebabkan oleh kesalahan dalam proses pembuatannya. Berikut adalah cara membuat kentang goreng yang renyah dan tidak lembek.

Cara Membuat Kentang Goreng Renyah Tidak Lembek

Kentang Goreng Renyah

Langkah pertama dalam membuat kentang goreng yang renyah adalah memilih jenis kentang yang tepat. Pilih kentang kering yang memiliki sedikit air dan lebih banyak pati. Jenis kentang seperti ini akan memberikan hasil kentang goreng yang lebih renyah dan tidak lembek.

Setelah memilih kentang yang tepat, langkah selanjutnya adalah mencuci kentang dengan air mengalir dan membilasnya hingga bersih. Kemudian kupas kulit kentang dan iris tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 1 cm. Potongan kentang yang terlalu besar akan membuat kentang goreng sulit matang sempurna dan hasilnya akan menjadi lembek.

Selanjutnya, rendam potongan kentang dalam air yang sudah diberi garam selama sekitar 30 menit. Rendaman garam akan membuat air dalam kentang keluar, sehingga kentang goreng akan lebih renyah saat digoreng. Setelah 30 menit, angkat potongan kentang dan bilas dengan air bersih hingga tidak ada sisa garam.

Setelah itu, keringkan potongan kentang dengan tisu dapur atau kain bersih. Pastikan potongan kentang benar-benar kering sebelum digoreng, karena air yang tertinggal pada kentang akan membuat kentang goreng lembek dan tidak renyah.

Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng hingga mendidih. Goreng potongan kentang dalam minyak panas tersebut sampai kuning kecokelatan. Pastikan juga kentang yang digoreng di atas api yang cukup besar, agar hasilnya benar-benar renyah dan tidak lembek.

Baca juga  Bawang Merah Untuk Luka Bernanah

Setelah matang, angkat kentang dari minyak goreng dan tiriskan. Tambahkan sedikit garam atau bumbu sesuai selera, dan kentang goreng pun siap untuk disajikan.

Tips Membuat Kentang Goreng yang Renyah

Kentang Goreng Renyah

Berikut ini adalah beberapa tips tambahan untuk membuat kentang goreng yang renyah dan tidak lembek.

Potong kentang dengan ukuran yang seragam. Ukuran yang seragam akan membuat kentang matang secara merata dan tidak akan ada bagian yang terlalu matang atau terlalu mentah.

Rendam kentang dalam air garam selama 30 menit. Proses ini akan membuat kentang lebih renyah saat digoreng dan tidak lembek.

Gunakan minyak goreng yang tepat dan cukup banyak. Minyak goreng yang tepat adalah minyak yang memiliki titik asap yang cukup tinggi, seperti minyak kedelai atau canola. Minyak yang cukup banyak akan membuat kentang goreng terendam dalam minyak, sehingga kentang akan matang dengan sempurna dan lebih renyah.

Goreng kentang dalam suhu minyak yang tepat. Suhu minyak yang terlalu rendah akan membuat kentang goreng lembek dan terlalu banyak menyerap minyak, sehingga hasilnya tidak sehat. Suhu yang terlalu tinggi, di sisi lain, akan membuat kentang terlalu cepat gosong di luar sementara di dalam masih mentah.

Jangan terlalu banyak menggoreng kentang dalam satu waktu. Terlalu banyak kentang yang digoreng dalam satu waktu akan menurunkan suhu minyak dan membuat kentang goreng tidak renyah.

Tiriskan kentang goreng dengan baik. Membuang minyak yang terlalu banyak pada kentang goreng yang baru digoreng akan membuat kentang menjadi lebih renyah.

Itulah cara membuat kentang goreng yang renyah dan tidak lembek. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan tips-tips tambahan, Anda bisa membuat kentang goreng yang enak dan sehat di rumah.

Baca juga  Resep Mpasi Labu Kuning 6 Bulan

Simak tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *