Cara membuat masker jeruk nipis serta manfaatnya untuk kulit wajah

Kulit wajah, Masker wajah
Cara Membuat Masker Jeruk Nipis
image via pixabay.com

Cara membuat masker jeruk nipis serta manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah Anda seperti mencerahkan kulit wajah sampai dengan membuat awet mudah. Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang banyak dimanfaatkan di dunia kecantikan. Bahkan, tidak sedikit produk kecantikan kulit modern yang menggunakan bahan utama ekstrak jeruk nipis. Banyak sekali manfaat yang ditawarkan oleh jeruk nipis untuk kecantikan kulit mulai dari untuk mencerahkan wajah, menghilangkan komedo, hingga mengencangkan kulit. Semua manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan AHA atau hydroxyl acids yang tinggi di dalam buah tersebut.

Kandungan ini berperan untuk membuka pori-pori kulit agar dapat bernapas dengan bebas dan membersihkan sel-sel kulit mati penyebab kulit wajah kusam. Untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis tanpa menggunakan produk kosmetik yang mengandung bahan ini, Anda dapat menjadikan jeruk nipis menjadi masker. Ada berbagai cara membuat masker jeruk nipis yang dapat dilakukan dan menawarkan manfaat yang berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

 

Cara membuat masker jeruk nipis

1. Masker Jeruk Nipis dan Susu Untuk Memutihkan Kulit

Untuk membuat masker kombinasi jeruk nipis dan susu, susu yang digunakan adalah susu bubuk murni yang tidak diberi tambahan gula. Zat-zat yang terkandung di dalam susu dan jeruk nipis akan membuat wajah lebih putih berseri secara alami. Untuk cara membuatnya, siapkan 2 jeruk nipis dan 5 sendok makan susu. Peras air jeruk nipis tersebut dan campurkan dengan susu bubuk murni yang telah disiapkan.

Aduk rata sampai teksturnya seperti pasta setelah itu oleskan secara merata di wajah dengan kuas masker. Tunggu hingga masker mengering atau sekitar 20 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan cara ini seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

2. Masker Jeruk Nipis dan Putih Telur Untuk Wajah Berminyak

Untuk para pemilik kulit wajah berminyak, Anda dapat memanfaatkan masker jeruk nipis yang dipadukan dengan putih telur. Cara membuat masker jeruk nipis dan putih telur sangat mudah. Cukup siapkan 1 putih telur ayam kampung kemudian campur dengan perasan sari jeruk nipis. Aduk rata kemudian oleskan masker tersebut secara merata di wajah menggunakan kuas masker. Gunakan masker ini sebelum tidur di malam hari. Pastikan wajah sudah dibersihkan sebelum mengaplikasikan masker tersebut. Bersihkan wajah dengan air di keesokan harinya.

3. Masker Jeruk Nipis, Teh Hijau, dan Kunyit Untuk Mencegah Tanda Penuaan

Green tea merupakan bahan alami yang kaya akan antioksidan dan kandungan phytochemical yang mencegah tanda-tanda penuaan seperti garus halus di wajah. Sari jeruk nipis yang dipadukan dengan the hijau akan menghilangkan gari-garis halus di wajah dan mencegah penuaan dini. Sementara itu kunyit mengandung sifat anti inflamasi dan antioksidan yang akan melindungi kulit dari kerutan.

Untuk membuat masker ini, siapkan 2 sendok makan teh hijau, sedikit bubuk kunyit, dan setengah sendok teh sari lemon. Campur semua bahan tersebut menjadi satu di dalam mangkuk dan aplikasikan di wajah dengan cotton ball. Diamkan selama 3 menit kemudian aplikasikan lagi untuk lapisan selanjutnya, Diamkan lagi 3 menit dan ulangi langkah sebelumnya sampai masker tersebut habis. Setelah habis, diamkan selama 10 menit dan bersihkan wajah dengan air dingin.

4. Masker Jeruk Nipis dan Tomat Untuk Mencerahkan Wajah

Baik tomat maupun jeruk nipis telah dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat untuk membantu memutihkan kulit. Sama seperti jeruk nipis. Tomat juga mengandu antioksidan yang tinggi dan kaya akan vitamin C. Ketika kedua bahan ini dipadukan sebagai masker, Anda tentu akan mendapatkan manfaat ganda untuk kecantikan kulit.

Caranya, siapkan 1 buah tomat segar kemudian cuci hingga bersih. Tumbuk tomat tersebut sampai halus atau diblender. Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis bersama tomat tersebut. Aduk sampai semua bahan tercampur rata dan oleskan di kulit wajah secara merata. Diamkan selama sekitar 20 menit dan bersihkan wajah dengan air dingin.

Baca juga: 6 Cara membuat masker madu dan jeruk nipis untuk wajah

Demikian beberapa cara membuat masker jeruk nipis untuk kecantikan wajah. Setiap perpaduan bahan yang ditambahkan pada masker tersebut tentu memiliki manfaat masing-masing yang akan mengoptimalkan kinerja dari zat-zat yang terdapat pada jeruk nipis. Untuk cara yang paling mudah, Anda dapat menggunakan sari jeruk nipis secara langsung sebagai masker tanpa bahan tambahan. Namun cara ini kurang cocok untuk pemilik kulit sensitive.