masker baking soda
image from flickr.com

3 Cara membuat masker baking soda yang paling bisa diandalkan

Posted on
masker baking soda
image from flickr.com

Cara membuat masker baking soda yang paling bisa diandalkan untuk segala macam kondisi kulit seperti menghilangkan noda yang tidak diinginkan. Jika kamu mendambakan kulit yang cantik dan sehat namun kantong menjerit untuk melakukan perawatan yang ada di klinik – klinik kecantikan, kamu tidak perlu khawatir.

 

Cara membuat masker baking soda untuk wajah

Masih banyak alternative – alternative lain yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kulit yang indah dambaan semua orang. Salah satunya adalah memakai baking soda yang diubah menjadi masker ajaib. Bagaimana cara membuat masker baking soda? Langkah – langkahnya ada di bawah ini.

1. Cerah dan Segar: Masker Baking Soda

Manfaat baking soda untuk wajah sangat banyak, diantaranya adalah dapat mencerahkan kulit wajah. Untuk membuat masker soda ini, yang kamu perlukan hanyalah baking soda dan air secukupnya. Biasanya masker ini digunakan untuk menghilangkan komedo – komedo kecil di wajah.

Bahan:

  • ½ sdt baking soda
  • 1 sdt air mineral

Cara:

Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil, kemudian aduk hingga merata. Tekstur dari masker ini haruslah kental dan tidak begitu cair. Setelah itu, pastikan wajahmu bersih sebelum mengaplikasikan masker ini. Aplikasikan masker di kulit wajah dan pijat melingkar secara perlahan selama kurang lebih 5 hingga 10 menit. Lalu, bilas wajah menggunakan air hangat. Tepuk – tepuk perlahan hingga kering kemudian oleskan pelembab kesayangan kamu. Gunakan masker ini seminggu 2 sampai 2 kali untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Baca juga  5 Manfaat minyak almond untuk kulit wajah yang cantik dan sehat

Tips: pastikan yang kamu gunakan adalah baking soda (sodium bicarbonate) dan bukan baking powder!

2. Menyamarkan Noda: Masker Baking Soda, Madu dan Lemon

Baking soda, madu dan lemon adalah perpaduan yang sangat ajaib untuk mengurangi bekas luka dan menyamarkan noda pada kulit. Selain ini, kombo masker ini juga berfungsi mencerahkan kulit dan menghaluskannya.

Bahan:

  • ½ sdt baking soda
  • 1 sdt madu
  • ½ sdt perasan lemon

Cara:

Cara membuat masker baking soda selanjutnya adalah dengan mencampurkan semua bahan hingga memperoleh tekstur yang kental. Dengan menggunakan jari yang bersih, oleskan masker secara merata pada kulit wajah yang bersih juga. Diamkan selama 5 hingga 10 menit, atau hingga masker dirasa sudah mongering. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan tisu atau handuk yang halus. Kamu bisa menggunakan masker ini seminggu 2 atau 3 kali. Semua tergantung kebutuhan kulitmu.

Tips: penggunaan baking soda mungkin akan terasa sedikit geli pada wajah. namun jika rasa geli dan tidak nyamannya semakin bertambah, segera bilas wajah dengan bersih menggunakan air hangat. Fungsi air hangat adalah untuk menenangkan.

3. Mencerahkan: Masker Baking Soda, Lemon dan Yoghurt

Masker ini adalah masker yang sangat baik dan cocok digunakan untuk jerawat pada wajah dan bekas – bekasnya. Sari lemon memiliki kandungan limonene yang sudah terbukti mencerahkan dan menyamarkan bekas – bekas jerawat. Kemudian, yoghurt membantu untuk melembabkan kulit wajahmu. Masker ini bisa kamu gunakan seminggu 2 kali saja. Hal ini dikarenakan tekstur yoghurt yang sedikit kasar dan juga sekaligus menjadi eksfoliator alami.

Bahan:

  • ½ sdt baking soda
  • 1 sdt plain yoghurt
  • Satu tetes minyak esensial lemon (bisa menggunakan merk apa saja)
Baca juga  10 Manfaat lemon untuk wajah dan kecantikan kulit yang luar biasa

Cara:

Caranya masih sama dengan dua masker sebelumnya. Campurkan semua bahan ke dalam wadah kecil. Aduk hingga memperoleh tekstur yang creamy namun tidak terlalu kental. Aplikasikan masker ke seluruh bagian wajah, hindari daerah mata. Tunggu hingga 5 sampai 10 menit. Setelah itu bilas menggunakan air hangat. Tepuk – tepuk dan pijat perlahan wajahmu hingga kering. Manfaat dari memijat adalah membantu melancarkan peredaran darah.

Tips: penggunaan masker baking soda memang banyak manfaatnya. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebelum mengaplikasikan masker ke wajah pastikan kamu sudah mencoba baking soda terlebih dahulu ke kulitmu. Kamu bisa mengaplikasikannya ke bawah siku dan tunggulah beberapa saat. Hal ini guna melihat apakah kulitmu sensitif dan alergi atau tidak. Jika muncul kemerah – merahan. Segeralah basuh hingga bersih dan jangan meneruskan pemakaian masker dengan baking soda.

Di atas adalah beberapa cara membuat masker baking soda yang patut kamu coba. Selain khasiatnya yang banyak, baking soda juga sangat mudah dijumpai di kehidupan sehari – hari, dan menariknya lagi, kamu tidak perlu mengeluarkan budget yang besar karena bahan – bahan di atas sangat terjangkau. Selamat mencoba.