5 Cara membuat masker alpukat untuk kecantikan kulit wajah Anda

Cara Membuat Masker Alpukat
Cara Membuat Masker Alpukat
image from www.lifehack.org

Cara membuat masker alpukat untuk kulit wajah agar membuatnya terlihat lebih sehat cantik serta terbebas dari masalah yang dapat menyebabkan jerawat komedo dan lainnya. Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih adalah dambaan setiap orang, baik pria maupun wanita. Banyak yang menggunakan bahan alami dari buah-buahan untuk membuat masker wajah, salah satunya adalah alpukat.

 

Manfaat masker alpukat untuk wajah

Ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari alpukat dengan cara membuat masker alpukat untuk wajah.

1. Membuat Kulit Halus

Aktivitas yang terjadi diluar ruangan membuat seseorang lebih rentan terkena paparan sinar ultraviolet, debu dan juga polusi sehingga menyebabkan kulit wajah kasar. Dengan menggunakan alpukat sebagai masker wajah, dapat mengangkat sel-sel kulit mati, serta dengan cepat mampu meregenerasi kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih halus dan bersih

2. Tampak Lebih Muda

Tahukah anda bahwa dengan rutin menggunakan masker alpukat akan membuat wajah tampak awet muda? Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C, dan minyak nabati yang ada pada alpukat menghasilkan kolagen yang mampu membuat kulit menjadi kencang. Oleh karena itu banyak produk kecantikan wajah yang terbuat dari alpukat.

3. Dapat Menjadi Pelembab Alami

Untuk anda yang merasa memiliki kulit bersisik, ataupun terdapat ruam merah, bisa menggunakan masker alpukat untuk melembabkan kulit. Kandungan B7, serta biotin yang ada pada alpukat melembabkan kulit. Anda bisa mengkonsumsi buah alpukat, ataupun menjadikannya masker untuk mendapatkan hasil yang lebih baik

4. Antioksidan Alami

Manfaat alpukat untuk kulit wajah yang tidak kalah menarik adalah perannya sebagai antioksidan. Karotenoid, dan vitamin E yang cukup tinggi pada buah alpukat dipercaya mampu menjaga kulit dari radikal bebas. Tidak hanya itu, alpukat juga memiliki kandungan lutein yang dimana mampu menjaga keelastisan kulit.

5. Pembersih Alami Untuk Wajah Berjerawat

Seseorang yang memiliki masalah kulit wajah berjerawat harus sangat selektif dalam mencari pembersih yang aman. Jika tidak, resikonya makan akan memperburuk kondisi wajah. Perpaduan masker pembersih alpukat dengan campuran kuning telur dapat menjadi solusi terbaik untuk wajah yang berjerawat. Hal tersebut dikarenakan masker pembersih alpukat dan kuning telur mampu mengangkat kotoran pada wajah. Anda bisa menggunakannya secara rutin untuk hasil yang maksimal dan noda bekas jerawat hilang.

 

Cara membuat masker alpukat untuk wajah

Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, kamu bisa mencobanya dengan cara menggunakan masker alpukat baik untuk pembersih, ataupun masker produk. Berikut ini cara membuat masker alpukat untuk wajah

1. Alpukat dan Susu Murni

Membuat masker alpukat dengan susu sangat mudah, ada beberapa langkah yang harus disiapkan

  • Daging buah alpukat, lalu haluskan secara merata
  • Susu murni secukupnya
  • Aduk kedua bahan secara merata. Ingat jangan terlalu cair karena tidak akan bisa dijadikan masker
  • Sebelum diaplikasikan, bersihkan wajah menggunakan milk cleanser dan gunakan lap yang telah dibasuh dengan air hangat. Oleskan ke wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bersihkan wajah menggunakan spon yang telah di basuh air hangat
  • Anda bisa rutin melakukannya selama seminggu sekali, untuk memperoleh hasil yang memuaskan.

 

2. Alpukat, Yogurt, dan Madu

Membuat masker wajah, dengan menggunakan tiga bahan seperti yogurt, madu, dan alpukat sangat mudah

  • Pertama, siapkan dua buah alpukat lalu ambil dagingnya
  • 1 sendok makan madu alami
  • 1 sendok makan yogurt
  • Campurkan ketiga bahan, lalu aduk rata sampai alpukat menjadi halus dan lembut
  • Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan, lalu diamkan selama 15 menit sampai masker mengering.
  • Bersihkan wajah menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka. Ingat, selama pembersihan tidak diperkenankan menggunakan sabun.
  • Setelah beberapa saat, basuh kembali menggunakan air dingin agar menutup pori-pori.
  • Gunakan masker alpukat, yogurt, dan madu dengan jadwal seminggu sekali.

 

3. Lemon, Putih Telur dan Alpukat

Ketiga bahan tersebut digunakan ketika anda memiliki masalah minyak berlebih pada wajah, serta ingin mendapatkan kulit yang putih berseri. Cara membuatnya adalah:

  • Siapkan setengah daging alpukat, lalu haluskan.
  • Beri perasan air lemon, dan putih telur aduk hingga merata.
  • Gunakan pada wajah, lalu diamkan cukup hanya 10 menit sampai masker mengering sempurna
  • Bersihkan wajah dengan benar, dapat menggunakan lap yang telah diberi air hangat

 

4. Alpukat dan Jeruk Nipis

  • Siapkan dua buah alpukat yang telah diambil dagingnya, lalu haluskan
  • Berikan sedikit perasan jeruk nipis, aduk hingga rata
  • Pakai pada wajah yang telah dibersihkan, diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih

 

Perhatian dalam menggunakan masker alpukat

Apakah semua jenis kulit dapat memakai masker alpukat? Tidak. Ada beberapa jenis kulit yang sangat rentan terhadap kandungan alpukat sehingga dikhawatirkan akan memperburuk kondisi pemakai.

Kulit Berjerawat

Memang benar bahwa salah satu manfaat alpukat dapat menghilangkan bekas jerawat, dan pembersih yang baik. Namun, tidak disarankan penggunaanya sebagai masker produk yang mana harus didiamkan dalam beberapa menit. Masker alpukat dapat menyumbat pori-pori sehingga dapat memperburuk kondisi wajah.

Alergi Latex

Bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap bahan latex juga tidak disarankan menggunakan/ mengkonsumsi alpukat. Latex merupakan bahan yang biasanya digunakan dalam pembuatan kondom dan juga balon. Orang yang memiliki alergi bahan latex, akan sama reaksinya ketika mengkonsumi ataupun menggunakan masker alpukat.

 

Tips penggunaan Masker Alpukat

Jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dan juga maksimal, maka anda harus menggunakan masker alpukat secara rutin, yakni seminggu sekali sebelum tidur. Anda juga harus bisa membedakan antara masker pembersih dan masker produk. Mengapa demikian? Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari kesalahan penggunaan masker alpukat. Alih-alih ingin mendapatkan wajah putih berseri, malah gagal karena ketidaktahuan anda.

 

Penggunaan masker produk harus didiamkan terlebih dahulu selama beberapa menit sebelum akhirnya dibersihkan. Hal tersebut dilakukan agar kandungan yang ada pada alpukat dapat meresap di kulit dengan sempurna. Berbeda dengan masker pembersih yang tidak boleh didiamkan, penggunaannya harus lebih cepat, sehingga dapat dibilas secara langsung.

Baca juga: 6 Manfaat alpukat untuk rambut yang sangat mengagumkan

Bagaimana dengan penggunaan masker? Dilarang keras menggunakan masker secara berlebihan. Cukup dengan jangka waktu sekali dalam satu minggu secara rutin, anda akan mendapatkan hasil yang maksimal. Jika menggunakan masker dalam rentan waktu yang sering, dikhawatirkan akan membuat kulit menjadi sangat sensitif dan juga stress.

Ada banyak cara untuk mendapatkan kulit halus, bersih, dan juga putih dengan menggunakan buah alpukat, salah satunya ialah dengan cara dimakan secara langsung. Namun ada beberapa orang yang beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi buah alpukat dikhawatirkan akan menjadi tambah gemuk, dan cenderung terkena kolesterol tinggi serta obesitas.

Faktanya, buah alpukat memiliki kandungan kadar gula yang cukup rendah. Tidak hanya itu, kandungan lemak baik yang ada pada buah ini, justru mampu menurunkan kolesterol tinggi. Namun, untuk mengkonsumsinya secara langsung cukup hanya satu ons perharinya.

Cara membuat masker alpukat untuk wajah sangatlah mudah, sehingga anda tidak perlu repot-repot untuk membuatnya. Gunakanlah secara secukupnya, dan pastikan pilihan masker mana yang cocok untuk wajah anda.

About Imam Fahrudin

Penulis adalah seorang ayah satu anak yang menyukai tenis meja dan menulis di blog tentang pengetahuan umum, kesehatan, sejarah, olahraga dan apapun yang dirasa bisa memberikan manfaat.

View all posts by Imam Fahrudin →