6 Cara membuat masker alpukat untuk rambut yang sangat mudah

Buah, Rambut
Cara membuat masker alpukat untuk rambut
image from www.pexels.com

Cara membuat masker alpukat untuk rambut yang sangat mudah dengan kombinasi bahan-bahan lainnya sehingga manfaatnya lebih maksimal dalam meningkatkan kesehatan rambut. Bagi Anda yang ingin memiliki rambut sehat dan terawat bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan. Di antara bahan alami yang cukup bagus adalah alpukat. Alpukat kaya akan nutrisi penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan rambut seperti vitamin, asam folat, dan mineral penting. Kesemua nutrisi tersebut berguna meningkatkan kekuatan rambut sekaligus membuatnya lebih halus dan cantik secara alami.

 

Cara membuat masker alpukat dengan mudah

Langsung saja, bagi Anda yang ingin menggunakan alpukat sebagai bahan perawatan, berikut cara membuat masker alpukat untuk rambut:

1. Masker alpukat murni

Ini merupakan paket lengkap untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Dengan kandungan nutrisinya yang kaya, buah ini membantu menutrisi rambut Anda. Sehingga membuatnya lebih tebal dan kuat. Cara membuat masker alpukat untuk rambut sangat mudah, yang anda butuhkan hanya satu buah alpukat yang sudah masak.

Haluskan hingga membentuk pasta kemudian aplikasikan ke seluruh rambut. Pijat dengan lembut selama beberapa menit, setelah itu biarkan selama 20 menit. Nutrisi dari alpukat akan menembus ke kulit kepala sehingga akan memperbaiki kerusakan pada rambut.

2. Alpukat dan pisang

Paket ini akan menambah kilau rambut dan mencegahnya dari kerusakan. Kandungan zat-zat penting dalam alpukat akan mengembalikan kelembaban rambut secara alami. Sedangkan pisang mengandung tinggi mineral yang berguna mencegah rambut rontok. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam pisang diantaranya seperti zat besi, vitamin B6, C dan asam folat. Kesemuanya sangat berguna bagi rambut dan kulit kepala anda.

Cara membuat masker alpukat dan pisang: pertama tumbuk buah pisang dan alpukat menggunakan sendok. Masukkan keduanya ke dalam mangkuk lalu aduk dengan baik. Usapkan pada kulit kepala dan rambut sampai merata. Gunakan topi kepala dan tinggalkan selama 20 menit. Jika sudah selesai bilas dengan air sampai bersih.

3. Alpukat dan minyak zaitun

Jika rambut Anda mudah rontok dan kusam ramuan ini sangat cocok sekali. Alpukat dan minyak zaitun adalah kombinasi yang sangat luar biasa. Campuran kedua bahan tadi akan membuat rambut lebih halus dan berkilau secara alami. Minyak zaitun memiliki efek pelembab alami seperti halnya alpukat. Sedangkan kandungan nutrisinya seperti vitamin E berguna menghaluskan rambut dan membuatnya tampak berkilau.

Cara menghaluskan rambut secara alami dengan alpukat: pertama-tama campurkan satu buah alpukat matang dengan ¼ cangkir minyak zaitun. Gunakan sebagai masker rambut setidaknya 20 hingga 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan keramas seperti biasa untuk menghilangkan bau pada rambut Anda. Melakukannya setidaknya 2 bulan sekali akan sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan rambut Anda.

4. Alpukat, oatmeal dan susu

Oatmeal mengandung beberapa nutrisi mikro yang memainkan peran utama dalam mencegah kerontokan pada rambut. Saat dikombinasikan dengan alpukat dan susu, oatmeal akan bekerja sempurna dalam mencegah rambut rontok. Cara membuat masker alpukat, susu dan oatmeal.

Pertama haluskan 1 buah alpukat kemudian tambahkan dengan seperempat cangkir oatmeal dan satu cangkir susu. Aduk sampai campuran tadi menyatu dengan baik. Setelah itu, ambil kuas yang halus kemudian gunakan untuk menerapkan paket ini secara merata ke semua bagian rambut. Diamkan selama 30 menit kemudian bila seperti biasa.

5. Alpukat dan madu

Campuran antara alpukat dan madu sangat baik untuk mengatasi rambut kering dan kusam. Madu adalah conditioner alami yang diperkaya dengan senyawa penting untuk membuat rambut lebih berkilau dan tebal. Madu juga memiliki kandungan vitamin dan enzim tertentu yang sangat baik untuk kesehatan rambut Anda.

Cara membuat masker alpukat dan madu untuk rambut: langkah pertama anda perlu mempersiapkan 1 buah alpukat matang dan 2 sendok makan madu. Haluskan alpukat terlebih dahulu dengan blender kemudian masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan 2 sendok makan madu tadi ke dalamnya lalu aduk hingga berbentuk pasta. Gunakan ramuan tadi sebagai masker rambut selama setidaknya 40 menit kemudian bilas dengan shampo.

6. Alpukat dan yoghurt

Manfaat alpukat untuk rambut sangat banyak sekali mulai dari melembabkan rambut hingga mencegah ketombe. Sedangkan yoghurt mengandung beberapa komponen penting seperti vitamin D, K, A, E, besi, dan kalium. Kesemua nutrisi tersebut memainkan peran kunci dalam meningkatkan kesehatan rambut kita. Cara membuat masker alpukat dan yoghurt: pertama haluskan buah alpukat kemudian tambahkan dengan 2 sendok makan yoghurt. Seperti biasa aduk kedua bahan tadi hingga tercampur dengan baik. Lalu ratakan ke seluruh rambut dan kulit kepala. Biarkan sambil bersantai selama 30 menit sebelum akhirnya cuci rambut anda dengan air sampai bersih.