29+ Cara Membuat Kerupuk Telur Asin

Posted on

Hai teman-teman! Kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara membuat telur asin yang enak dan mudah. Telur asin merupakan camilan khas Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain dijadikan camilan, telur asin juga sering dijadikan bahan dasar dalam beberapa masakan seperti mie goreng, nasi goreng, dan masih banyak lagi.

Langkah Pertama: Persiapan Bahan

Telur Asin

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, yaitu telur ayam, garam, dan abu kayu (jika ingin hasil yang maksimal). Pastikan kualitas telur yang digunakan baik dan bersih agar tidak mempengaruhi rasa telur asin nantinya.

Langkah Kedua: Membuat Larutan Garam

Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat larutan garam. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu gelas air matang dengan 8 sendok garam. Aduk hingga larutan merata dan garam larut sempurna.

Langkah Ketiga: Membuat Sumbu

Setelah larutan garam siap, langkah selanjutnya adalah membuat sumbu. Sumbu ini berfungsi untuk melubangi telur sehingga garam dapat masuk dan membuat telur menjadi asin. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memutar telur ayam di atas meja hingga terbentuk garis-garis halus di bagian tengah telur.

Langkah Keempat: Merendam Telur dengan Larutan Garam

Setelah sumbu selesai dibuat, celupkan telur kedalam larutan garam yang sudah disiapkan tadi. Pastikan telur benar-benar terendam dan diamkan selama 15 menit.

Baca juga  Paket Nasi Ayam Kecap

Langkah Kelima: Mengeringkan Telur

Setelah direndam, keluarkan telur dari larutan garam dan lap dengan kain bersih hingga kering. Setelah telur dikeringkan, jangan lupa untuk mengembangkan sumbu agar garam dapat masuk ke dalam telur secara merata.

Langkah Keenam: Membungkus Telur

Setelah telur kering, langkah selanjutnya adalah membungkus telur. Bungkus telur dengan kain atau koran dan rapatkan bagian ujungnya. Ingat, semakin ketat pembungkusannya, semakin melekat garam dengan telur, dan semakin lezat hasilnya.

Langkah Ketujuh: Meletakkan Telur di dalam Abuk Kayu

Setelah dibungkus, telur siap dilakukan fermentasi dengan cara memasukannya ke dalam abu kayu. Langkah ini bertujuan untuk membuat telur asin menjadi empuk dan memiliki aroma yang khas. Diamkan selama 10 hari di tempat yang sejuk dan kering.

Langkah Terakhir: Membuang Kulit Telur Asin

Setelah 10 hari, telur asin siap untuk dihidangkan. Cara untuk membuka kulitnya cukup mudah, yaitu dengan memecahkan cangkang telur bagian atas dan mengelupas kulitnya ke bawah. Telur asin siap dinikmati dan dapat disajikan dengan nasi atau mie goreng.

Itulah langkah-langkah untuk membuat telur asin yang enak dan mudah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Temukan tulisan lainnya tentang Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *