Cara Membuat Keripik Pepaya

Posted on

cara membuat keripik pepaya

Cara Membuat Keripik Pepaya – Apakah Anda pernah mencicipi keripik pepaya? Camilan nikmat yang satu ini banyak digandrungi oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Kelezatan rasa buah pepaya memang nikmat dan digandrungi banyak orang, sehingga tidak heran bila buah pepaya ini populer.

Saat ini, kripik buah pepaya memang sedang popular. Dimana kripik yang satu ini banyak digandrungi dari banyak kalangan. Di pasaran pun kripik buah pepaya ini sangat besar peminatnya. Tidak heran karena memang saat ini kripik buah dan sayur sedang ngetrend.

Selain enak, kripik pepaya juga menyimpan beragam khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan, lho. Kripik yang memiliki tekstur padat berair ini memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa. Hal ini karena di dalam buah pepaya sendiri terdapat banyak kandungan nutrisi, yaitu vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, niacin, riboflavin, zat besi, kalium, fosfor, protein, karbohidrat dan lemak.

Dengan beragam kandungan nutrisi tersebut, sehingga kripik pepaya ini bisa bermanfaat untuk mencegah flu, mengobati penyakit diabetes, mencegah serangan jantung dan stroke, menjaga kesehatan pencernaan, membantu menurunkan berat badan dan membuang racun dalam tubuh. Dengan manfaat yang ada tersebut, tentunya krupuk buah ini menjadi konsumsi nikmat yang disantap juga menyehatkan.

cara membuat keripik pepaya

Sumber: https://health.kompas.com

Bagaimana Cara Membuat Keripik Pepaya yang Enak, Gurih dan Bisa Dijual?

Kripik pepaya ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri permintaan akan kripik pepaya terbilang tinggi. Harga jual kripik pepaya yang tinggi akan menjadikanan bisnis ini semakin menjanjikan.

Tentu bila Anda terjun dalam bisnis kripik pepaya ini akan sangat menguntungkan. Apakah Anda tertarik untuk berbisnis kripik pepaya? Sebelum Anda terjun ke dalam bisnis kripik pepaya, tentunya Anda harus mengetahui cara pembuatan kripik pepaya itu sendiri.

Penasaran dengan cara pembuatannya? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara membuat keripik pepaya yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

cara membuat keripik pepaya

Sumber: https://www.tokopedia.com

Bahan-bahan:
  • 5 kg kripik pepaya muda
  • 2 liter minyak goreng sawit
Alat-alat yang Dibutuhkan:
  • Pisau
  • Vacuum frying
  • Mesin Pemisah Minyak
  • Alumunium foil
Cara Membuat Kripik Pepaya Muda:
  1. Pertama, kupas kulit buah pepaya dan bersihkan biji-bijinya. Buah pepaya selanjutnya dicuci dengan air yang mengalir sampai bersih.
  2. Setelah itu buah pepaya dapat dipotong dengan bentuk dan ukuran sesuai selera Anda. Agar saat digoreng teksturnya lebih kering, sebaiknya dipotong tipis-tipis berukuran kurang lebih 5 milimeter.
  3. Setelah dipotong, buah pepaya dapat langsung dimasukkan ke dalam mesin freezer. Dinginkan hingga kurang lebih 24 jam.
  4. Siapkan mesin vacuum frying, masukkan minyak goreng yang jumlahnya disesuaikan kapasitas dari mesin.
  5. Kemudian keluarkan irisan buah pepaya dari freezer (tentunya bila sudah 24 jam). Masukkan irisan buah pepaya ke dalam mesin vacuum frying. Gorenglah pada ukuran suhu 85 derajat celcius.
  6. Kripik pepaya yang sudah kering bisa Anda angkat dari penggorengan. Tearkhir, Anda tinggal memasukkannya di mesin peniris minyak.
  7. Kripik buah pepaya sudah siap disajikan. Simpanlah kripik pepaya di tempat yang kedap udara supaya awet, seperti pada plastik yang bahannya alumunium foil.

Baca Juga: Cara Membuat Nugget Sayuran yang Lezat, Sehat dan Kaya Nutrisi…