Cara Membuat Jenang Grendul yang Enak & Lembut, Yuk, Intip Resepnya!

Posted on

cara membuat jenang grendul

Cara Membuat Jenang Grendul – Jenang grendul memiliki nama lain yaitu bubur candil atau biji salak. Makanan enak dan lembut ini sering kali disebut dengan jenang grendul di Jawa Tengah dan Solo. Candilnya dibentuk dengan ukuran bulat kecil grendul-grendul seperti bola-bola bakso yang diberi areh, sehingga diberi nama grendul.

Areh merupakan kuah jenang grendul yang terbuat dari santan, daun pandan dan garam, sedangkan untuk pemanisnya diberi gula pasir dan gula aren. Jenang grendul atau jenang candil ini salah satu menu ta’jil atau menu berbuka puasa. Hidangan manis ini sangat menyegarkan ketika dikonsumsi pada bulan puasa Ramadhan.

Jenang ini bisa diciptakan dari bahan adonan dasar tepung beras atau tepung ketan, tepung ubi jalar atau ubi ungu, ubi kuning, ubi merah, ubi putih, dan singkong ubi kayu, gaplek atau jagung manis untuk jenang jagung. Bahan adonan dasar jenang grendul ini yakni tepung kanji atau tapioka.

Namun, ada juga yang membuatnya dengan tepung beras dan tepung ketan supaya empuk dan lembut. Biasanya, makanan ini bisa dicampur atau dikombinasikan dengan ketela singkong, ubi ungu atau ubi madu kuning, dan aneka kreasi lainnya. Untuk membuat jenang grendul ini sangat mudah dan sederhana.

Anda bisa membuat jenang grendul ini sendiri di rumah untuk dikonsumsi sendiri ataupun untuk jualan anekan jenang. how much ivermec to give a dog Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, langsung saja simak ulasan mengenai cara membuat jenang grendul enak dan lembut yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

cara membuat jenang grendul

Sumber: https://www.analisis.id

Cara Membuat Jenang Grendul yang Enak dan Lembut…

Bahan:

  • 500 ml air untuk merebus
  • 200 gram tepung ketan
  • 150 ml air hangat (untuk membuat adonan grendul)
  • 2 lembar daun pandan wangi
  • 200 gram gula merah atau sesuai selera
  • 150 ml santan untuk kuah
  • 2 sdm larutan tepung ketan
  • Garam secukupnya

Sumber: https://www.sizzleyum.com

Cara Membuat:

  1. Rebus gula merah dan daun pandan. Setelah mendidih dan larut, kemudian saring.
  2. Campur tepung ketan, dan garam. Tuangi air hangat sedikit demi sedikit sampai bisa dibuat bulatan. Buat bulatan sesuai selera sampai adonan habis. Lalu, taburi dengan tepung ketan agar tidak lengket.
  3. Masukkan bulatan-bulatan tepung ketan ke dalam air larutan gula merah sampai mengapung.
  4. Tambahkan larutan tepung ketan dan garam sambil diaduk-aduk sampai mendidih atau tanek.
  5. Untuk membuat saus santannya yaitu, rebus santan dan daun pandan. Tambahkan garam sambil diaduk-aduk sampai mendidih agar santan tidak pecah. ivermectina 6 mg securo
  6. Sajikan jenang grendul kedalam mangkok dan tuangi dengan saus santan diatasnya.

Jenang grendul siap disajikan, nikmati selagi hangat. Cara membuat jenang grendul sangat mudah bukan? Anda dapat mempraktekan membuatnya sendiri di rumah untuk hidangan keluarga tercinta. ivermectin for shingles   Semoga resep diatas dapat bermanfaat untuk Anda, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Manfaat Tape Ketan Hitam untuk Kesehatan Tubuh, Yuk, Baca Ulasannya!