Cara Membuat Jam Dinding Dari Kardus Bekas, Unik Dan Menarik!

Cara Membuat Jam Dinding Dari Kardus

Cara membuat jam dinding dari kardus- Apakah kamu ingin memanfaatkan kardus bekas yang ada di rumahmu untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat? Atau kamu ingin memiliki jam dinding yang unik dan tidak dimiliki oleh siapapun? Jika iya, silahkan baca hingga selesai artikel dibawah ini. Karena kali ini kita akan membahas cara membuat jam dinding dari kardus yang unik dan juga menarik.

Seperti namanya jam dinding adalah jam yang biasanya ditaruh atau diletakkan dan menempel pada bagian dinding yang ada di dalam ruangan. Berbeda dengan jam tangan, jam dinding mempunyai ukuran yang lebih besar. Saat ini ada dua jenis dari jam dinding yang dijual di pasaran yaitu jam dinding digital dan juga analog. Bentuk dari jam dinding pada umumnya adalah bulat. Namun ada juga jam dinding yang memiliki bentuk segi empat, hexagonal, dan lainnya.

Baca juga: Warna Cat Kamar Tidur Minimalis

Secara umum ada dua bagian yang ada di jam yaitu mesin jam dan badan jam. Badan jam biasa terbuat dari bahan logam ataupun plastik. Mereka yang mempunyai kreativitas tinggi dapat menyulap kardus bekas menjadi jam dinding yang unik dan juga menarik. Membuat jam dinding dari kardus bekas adalah salah satu cara mendaur ulang barang bekas yang paling sederhana dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Sekilas tentang jam dinding yang terbuat dari kardus

Seperti yang sudah kita sebutkan sebelumnya, jam dinding biasanya mempunyai ukuran yang besar. Ukuranya yang besar memudahkan kita untuk melihat waktu dari jarak yang jauh. Jam dinding bukan hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu tetapi juga dapat difungsikan sebagai salah satu item dekorasi yang berfungsi untuk mempercantik ruangan.

Sebuah ruangan yang tampak kurang lengkap bila tidak mempunyai jam dinding yang menempel pada bagian tembok. Sebagai salah satu benda dekorasi, bentuk, ukuran dan warna jam pada dinding harus sesuai dengan tema ruanganmu. Dengan membuat kreasi jam dinding dari kardus bekas, kamu tentu bisa menciptakan sebuah jam dinding unik sesuai dengan selera dan tema pada ruanganmu.

Cara membuat jam dinding dari kardus

cara membuat jam dinding dari kardus

Bagi banyak orang membuat kreasi jam dinding yang terbuat dari kardus bekas merupakan kegiatan yang cukup menyita waktu. Namun dengan membuat jam dinding dari kardus bekas berarti kamu telah berhasil menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang memiliki nilai lebih sekaligus menjaga kelestarian alam. Dan berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat jam dinding dari kardus bekas.

Bahan- bahan:

  • Kardus bekas
  • Mesin jam
  • Pensil
  • Gunting

Langkah langkah cara membuat jam dinding dari kardusadalah sebagai berikut:

1. Menentukan konsep

Langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan konsep dan juga bentuk dari jam yang ingin kamu buat. Apakah kamu ingin membuat jam dinding yang berbentuk bulat, kotak segi lima atau lain sebagainya. Hal ini sangatlah penting karena akan berpengaruh terhadap kelancaran dari pembuatan jam.

2. Membuat pola pada kardus

Dengan memakai pensil mulailah membuat pola pada permukaan kardus bekas. Jika kamu ingin membuat jam dinding yang mempunyai bentuk bulat, kamu harus membuat pola bulat pada bagian permukaan kardus.

3. Memotong kardus

Dengan memakai gunting atau cutter yang cukup tajam, potong kardus sesuai dengan pola yang sudah kamu buat sebelumnya. Pemotongan juga harus di lakukan dengan cara hati hati agar hasilnya tetap rapi.

4. Membuat angka pada kardus

Langkah selanjutnya ialah membuat angka pada permukaan kardus. Dengan memakai spidol buatlah angka seperti yang ada pada jam dinding buatan pabrik. Pastikan juga angka terletak pada posisi yang benar dan juga tepat agar jam dinding bisa menunjukan waktu yang tepat

5. Pemasangan mesin

Agar jam dinding dapat berfungsi dengan sempurna, kita harus memasang mesin jam pada bagian belakang kardus. Jangan lupa juga untuk membuat lubang kecil pada bagian tengah lingkaran tempat untuk penggerak jarum bisa di masukan. Ketika kamu mulai memasang jarum pastikan juga arah dari jarum jam sesuai dengan waktu yang dimaksud.

Itulah cara membuat jam dinding dari kardus bekas yang unik dan juga tentunya menarik.

Berikut ini adalah kreasi lain dari jam dinding yang juga dapat kamu coba dirumah.

1. Jam dinding dari piring seng

Dari hal yang paling mudah dulu, membuat jam dinding dari piring alumunium. Unik dan mudah dicoba
Piring dari seng atau aluminium mungkin sudah menjadi sebuah barang yang langka saat ini, karena perannya yang sudah digantikan pada piring kaca maupun piring plastik. Padahal pada jaman dulu piring seng menjadi salah satu peralatan makan keluarga sehari-hari. Nah, barangkali ibu atau nenekmu masih mempunyai piring yang terbuat dari seng, kamu juga bisa membuat jam dinding dengan desain vintage yang cukup sederhana ini.

Nah berikut adalah caranya:

Cat piring berbahan seng ini dengan menggunakan warna favorit kamu (kalau kamu tidak mempunyai piring seng, kamu juga bisa membeli piring yang biasanya digunakan untuk menyajikan makanan pencuci mulut)
Bor pada bagian tengah-tengah untuk memasukkan mesin dari jam. Pastikan tepat pada bagian tengah ya!
Selanjutnya pasang mesin jam yang sudah kamu keluarkan dari jam yang lama, tepat pada bagian tengah piring yang sudah kamu lubangi tadi.

2. Jam dinding ombre

cara membuat jam dinding dari kardus

Meski terlihat sederhana, desain dari jam dinding ombre yang satu ini jelas terlihat tidak biasa. Membuatnya pun sangat mudah tidak memerlukan banyak usaha!

Untuk membuat jam dinding dengan desain seperti yang satu ini, kamu juga membutuhkan tripleks dan perlengkapan melukis untuk mewarnainya. Tripleksnya juga harus tebal, tapi jangan terlalu tebal juga agar tidak menyulitkanmu saat melubangi pada bagian tengahnya nanti.

Caranya:

Potong tripleks dengan bentuk lingkaran yang memiliki ukuran diameter sesuai dengan jarum jam yang ingin kamu pakai. Usahakan pakailah jangka untuk membuat lingaran agar bulat sempurna
Bor tepat pada bagian tengah lingkaran untuk memasang mesin jam.
Sekarang kamu juga boleh mewarnainya dengan cat warna sesuka hatimu. Boleh juga dengan cara atau model ombre seperti yang ada di foto, atau apapun yang kamu suka
Pastikan juga catnya sudah benar-benar kering sebelum kamu memasang mesin jam dan juga jarum jam

3. Jam dinding dari roda sepeda

cara membuat jam dinding dari kardus

Jangan biarkan roda sepedamu menganggur dengan percuma. Ubahlah menjadi jam dinding yang nggak biasa agar rumahmu menjadi lebih berwarna

Bila kamu memiliki sepeda yang sudah tidak lagi terpakai dan hanya diletakkan menganggur di gudang, inilah saatnya untuk memanfaatkan rodanya agar lebih berguna dan bermanfaat. Untuk jarumnya, gunakan kaleng minuman bekas. Berikut adalah cara membuatnya!

Caranya:

Bersihkan roda bekas hingga benar- benar bersih, lalu copotlah bagian-bagian yang sudah tidak dibutuhkan, seperti besi penghubung rantai pada bagian tengah
Buka bagian tengah kaleng minuman bekas dengan memotong bagian atas dan juga bawah. Setelah sudah diluruskan menjadi persegi panjang, buatlah gambar anak panah untuk membuat jarum jam dan juga menit dan potong dengan menggunakan cutter
Kamu juga bisa mengecat atau menggambari anak panahnya dengan berbagai warna favoritmu. Selanjutnya tempelkanlah keduanya pada jarum jam dan juga menit yang asli dengan menggunakan lem superglue
Pasanglah mesin jam pada balik pusat dari gir roda dengan memakai lem superglue, kemudian pasanglah jarum-jarum jamnya.
Carilah spot yang paling tepat pada dinding rumah kamu untuk menaruh jam roda yang ukurannya lumayan besar ini

Nah itu adalah beberapa jam dinding yang terbuat dari barang- barang bekas yang sudah tidak terpakai agar menjadi barang yang memiliki nialai lebih dan juga bermanfaat tentunya.