Cara Membuat Jagung Popcorn

Posted on

Siapa yang tidak suka popcorn? Tentu saja hampir semua orang di dunia ini menyukai camilan ringan yang renyah dan gurih ini. Tidak hanya itu, popcorn juga dapat menjadi teman yang sempurna ketika Anda menonton film atau acara televisi kesukaan Anda.

Cara Buat Popcorn Dari Jagung Mentah

Buat Popcorn Dari Jagung Mentah

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak ingin membeli popcorn siap pakai yang dijual di pasaran. Anda bisa mencoba membuat popcorn dari jagung mentah dengan mudah di rumah. Berikut ini adalah cara membuat popcorn dari jagung mentah yang dapat Anda coba:

  1. Pertama, siapkan jagung popcorn yang tidak boleh dicuci terlebih dahulu. Selanjutnya, panaskan oven pada suhu 450 derajat Fahrenheit.
  2. Setelah itu, siapkan loyang dan begitu juga kertas minyak untuk membantu panggangan tidak lengket atau terlalu berminyak. Letakkan jagung popcorn dalam loyang dan tunggu hingga oven benar-benar panas.
  3. Ketika oven sudah cukup panas, masukkan loyang yang berisi jagung popcorn ke dalam oven. Perhatikan kapan jagung mulai meletus dan jangan lupa untuk sesekali menggoyangkan loyang agar jagung tercampur rata.
  4. Ketika sudah tidak ada lagi suara ledakan, keluarkan loyang dari oven dan tunggu beberapa menit hingga popcorn dingin.
  5. Sudah siap! Anda bisa menambahkan garam, mentega, atau bahan-bahan lainnya sesuai dengan selera Anda.

Cara membuat popcorn dari jagung mentah yang sangat mudah, bukan? Anda bisa mencoba membuatnya di rumah, dan tidak perlu khawatir tidak bisa membeli popcorn di depan layar kaca atau di bioskop!

Baca juga  Twistko Jagung Bakar

Manfaat Popcorn

Manfaat Popcorn

Selain rasanya yang enak, popcorn juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat popcorn yang jarang diketahui oleh banyak orang:

  1. Popcorn mengandung banyak serat, sehingga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menurunkan risiko penyakit jantung.
  2. Popcorn mengandung antioksidan yang tinggi, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel.
  3. Popcorn rendah kalori dan rendah lemak, sehingga cocok untuk Anda yang sedang menjalankan program diet.
  4. Popcorn mengandung karbohidrat kompleks yang dapat membantu meningkatkan energi dan mempertahankan kadar gula darah yang stabil di dalam tubuh.
  5. Popcorn juga mengandung banyak zat besi, yang sangat penting bagi tubuh kita untuk membantu produksi sel darah merah.

Maka dari itu, popcorn tidak hanya sebagai camilan yang enak dan menyenangkan, namun juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

Resep Popcorn Berbagai Rasa

Resep Popcorn Berbagai Rasa

Tidak hanya jagung mentah, Anda bisa mencoba membuat popcorn dengan berbagai rasa. Berikut ini adalah beberapa resep popcorn dengan rasa yang berbeda dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran:

Popcorn Caramel

  • 2 sendok makan minyak kelapa
  • 1/2 cangkir jagung popcorn
  • 1/2 cangkir gula kelapa
  • 1/4 cangkir madu
  • 1 sendok teh garam

Cara membuat popcorn caramel:

  1. Panaskan minyak kelapa di dalam panci besar dengan suhu sedang. Tambahkan jagung popcorn dan aduk hingga tertutup minyak. Tutup panci dan dinginkan.
  2. Siapkan panci kecil dan campurkan gula kelapa, madu, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.
  3. Panaskan campuran gula kelapa di atas kompor dan aduk hingga gula kelapa tampak meleleh dan berwarna kecoklatan.
  4. Tuang gula kelapa yang sudah meleleh di atas popcorn, sambil diaduk-aduk dengan spatula. Pastikan semua jagung terkena adonan gula kelapa.
  5. Dinginkan popcorn hingga kering dan caramel sudah menempel erat pada permukaan jagung.
Baca juga  Selai Jagung

Popcorn Keju

  • 2 sendok makan mentega
  • 1/2 cangkir jagung popcorn
  • 1/2 cangkir keju parut
  • 1/4 sendok teh bubuk paprika
  • 1/4 sendok teh garam

Cara membuat popcorn keju:

  1. Panaskan mentega di dalam panci besar dengan suhu sedang. Tambahkan jagung popcorn dan aduk hingga tertutup mentega. Tutup panci dan dinginkan.
  2. Campurkan keju parut, bubuk paprika, dan garam di dalam mangkuk besar dan aduk hingga tercampur rata.
  3. Tuang campuran keju di atas popcorn dan aduk-aduk dengan spatula hingga keju tercampur rata dengan jagung.
  4. Dinginkan popcorn hingga kering dan keju sudah menempel erat pada permukaan jagung.

Mudah bukan membuat popcorn dengan rasa yang berbeda? Anda bisa mencoba membuat popcorn dengan rasa lainnya seperti cokelat, pedas, atau bahkan dengan bahan-bahan yang tidak terduga seperti matcha atau rempah-rempah.

Kesimpulan

Kesimpulan

Popcorn adalah camilan yang enak dan mudah ditemukan di pasaran, namun tidak semua orang tahu manfaat yang terkandung di dalamnya. Selain itu, Anda juga bisa mencoba membuat popcorn sendiri di rumah dengan menggunakan jagung mentah dan bahan-bahan lainnya yang mudah didapat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba membuat popcorn dengan rasa yang berbeda seperti caramel atau keju. Jadi, tunggu apa lagi? Cobalah membuat popcorn sendiri di rumah dan nikmati camilan yang enak dan sehat!

Simak postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *