Cara Membuat Gurame Asam Manis

cara membuat gurame asam manis

cara membuat gurame asam manis

Cara Membuat Gurame Asam Manis – Salah satu ikan air tawar yang sangat populer dan banyak disukai masyarakat Indonesia ialah ikan gurame. Berbagai jenis olahan yang berasal dari ikan gurame dapat anda nikmati, mulai dari gurame saus tiram, gurame bakar, gurame goreng tepung, hingga gurame saus asam manis yang sangat menggoda selera.

BACA JUGA : Resep Koloke Ayam Krispi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas sedikit tentang resep cara membuat gurame asam manis yang sangat mengugah selera. Rasanya yang gurih dengan daging ikan gurame yang lembut dan mengandung banyak nutrisi, akan sangat pas bila dipadukan dengan bumbu asam manis yang lezat.

Sebagai bocoran tips, untuk memasak ikan gurame asam manis ini, ikan sebaiknya tidak digoreng terlalu lama. Cukup beberapa menit saja, hal ini bertujuan agar dagingnya tetap lembut dan saus asam manis yang akan disiramkan dapat meresap sempurna hingga ke lapisan terdalam dari ikan.

BACA JUGA : Resep Bumbu Ungkep Bebek Goreng

Cara Membuat Gurame Asam Manis

Sumber : https://img-global.cpcdn.com/

Bahan-bahan :
1 ekor – Ikan gurame, fillet dagingnya
1 sdt – Air jeruk nipis
1/2 sdt – Garam
1 siung – Bawang putih
Minyak untuk menggoreng, secukupnya

Bahan Pelapis Ikan :
50 gram – Tepung terigu
25 gram – Tepung tapioka
1/2 sdt – Merica bubuk

Bahan Saus Asam Manis :
1/2 buah – Bawang bombay
2 siung – Bawang putih, cincang kasar
2 buah – Cabai merah ukuran besar, iris memanjang
5 sdm – Saus tomat
3 sdm – Saus cabai
1/2 sdt – Garam
1/4 sdt – Merica
1 sdt – Gula pasir
1 buah – Wortel, potong korek api
2 batang – Daun bawang, potong serong
200 ml – Air
1/2 sdm – Tepung maizena, kemudian larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat :

1. Pertama, bersihkan ikan gurame, kemudian fillet dan lumuri ikan dengan bawang putih parut, merica, garam, dan air jeruk. Diamkan beberpa saat, atau selama 15 menit.

2. Gulingkan-gulingkan dan baluri fillet ikan, termasuk tulangnya, ke bahan pelapis yang telah dicampur.

3. Panaskan banyak minyak, kemudian goreng ikan dalam minyak panas dengan menggunakan api sedang hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

4. Selnjutnya, panaskan sedikit minyak. Tumis bawang putih dan juga bawang bombay hingga mengeluarkan aroma harum. Lalau tambahkan dengan saus tomat, saus cabai, air, dan wortel ke dalam tumisan tersebut. Masak wortel hingga benar-benar matang dan bertekstur empuk.

BACA JUGA : Macam Macam Resep Olahan Bebek

5. Bumbui saus asam manis dengan garam, merica, gula, daun bawang, dan irisan cabai lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata. Jika sudah sedikit meemunculkan buih, masukkan air larutan maizena kedalamnya. Masak hingga saus matang dan mengental.

6. Jika saus telah matang, tata ikan gurame fillet dalam piring saji. Lalu siram ikan tersebut dengan saus asam manis di atasnya. Sajikan selagi hangat dengan nasi putih dan lalapan yaitu daun selada..

TIPS

• Tambahkan nanas potong ke tumisan saus asam manis agar rasa asamnya lebih segar. Bagi yang menyukai cuka makan, kalian juga tetap bisa menambahkannya ke dalam saus, supaya rasa asamnya lebih terasa lagi. Pilih salah satunya saja ya!

BACA JUGA : Resep Sayur Kentang Lebaran

Demikian ulasan mengenai resep cara membuat gurame asam manis yang lezat dan menyegarkan. Hidangan satu ini akan sangat cocok jika dinikmati bersama-sama.