Cara Membuat Es Jagung Jelly

Posted on

Jika kamu mencari minuman yang segar di tengah teriknya siang hari, tak ada salahnya mencoba membuat es jagung jelly. Olahan es ini bisa jadi pilihan yang tepat karena memiliki rasa manis dan segar yang cocok untuk menghilangkan dahaga dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

es jagung jelly

  • 250 gram jagung manis yang sudah dipipil
  • 2 sachet jelly
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok makan perasan air jeruk nipis
  • 1 liter air mineral
  • Secukupnya es batu

Pertama, rebus jagung yang sudah dipipil dengan menggunakan 500 ml air mineral hingga empuk dan matang. Setelah itu tiriskan dan rendam jagung dalam air dingin agar terhindar dari kekeringan.

Selanjutnya, masak jelly sesuai petunjuk kemasan. Kemudian letakkan dalam wadah dan potong-potong kecil.

Setelah itu, rebus air mineral hingga mendidih. Kemudian tambahkan gula pasir dan aduk hingga gula larut dalam air. Matikan api dan tambahkan perasan air jeruk nipis. Aduk rata dan biarkan hingga suhu air sedikit turun.

Siapkan gelas dan masukkan jelly yang sudah dipotong ke dalam gelas. Kemudian tambahkan jagung yang sudah direbus ke dalam gelas. Tuang campuran air gula dan jeruk nipis hingga permukaan gelas penuh. Aduk rata dan tambahkan es batu sesuai selera. Es jagung jelly siap disajikan.

Kamu juga bisa bereksperimen dengan menambahkan bahan lain pada es jagung jelly seperti potongan buah-buahan segar seperti alpukat atau mangga. Selamat mencoba!

Manfaat Jagung

Jagung manis yang digunakan sebagai bahan utama dalam es jagung jelly ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun memiliki rasa manis, jagung manis memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu proses pencernaan dan mengatur kadar gula dalam darah.

Baca juga  Manfaat Jagung Untuk Cacar

Selain itu, jagung manis juga mengandung vitamin B kompleks, vitamin A, dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, kulit, rambut, dan sistem imun tubuh. Kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium juga penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.

Manfaat Jelly

Selain jagung manis, jelly yang diolah menjadi bahan dasar es jagung jelly juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagaimana diketahui, jelly terbuat dari alginat, yang ditemukan pada rumput laut. Alginat memiliki kemampuan untuk mengikat air dan membentuk gel yang membantu mengikat zat gizi dan memperlambat penyerapan gula dalam tubuh.

Salah satu manfaat jelly yang terkenal adalah sebagai minuman untuk menurunkan berat badan. Jelly dapat menurunkan nafsu makan dan membantu mengontrol asupan kalori, sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan atau penunda rasa lapar di antara waktu makan.

Jelly juga mengandung serat yang tinggi dan memiliki sifat prebiotik yang membantu meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko terkena penyakit jangkauan pendek pada usus seperti infeksi dan diare.

Itulah beberapa manfaat dari es jagung jelly yang segar dan sehat bagi tubuh. Selain manfaat ini, es jagung jelly juga cocok disantap sebagai pencuci mulut atau camilan di kala siang hari yang terasa panas.

Baca tulisan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *