Cara Membuat Dimsum Ayam

cara membuat dimsum ayam
cara membuat dimsum ayam
Caraprofesor.com

Cara Membuat Dimsum Ayam – Seiring berkem bangnya zaman dan adanya pertukaran budaya  antar masyarakat membuat kuliner di Indonesia juga semakin variatif. Berbagai makanan Indonesia dapat dikenal hingga ke mancanegara, begitupun sebaliknya.

Seperti salah satunya ialah olahan pangsit yang berisi daging ayam satu ini, yang biasa dikenal dengan sebutan dimsum. Dimsum merupakan salah satu makanan khas warga Tiongkok yang sudah sangat populer di seluruh dunia.

BACA JUGA : Daging Sapi Enaknya Dimasak Apa?

Memiliki rasa gurih dan enak, apalagi teksturnya yang sangat empuk, lembut, dan kenyal kian menambah kenikmatan hidangan satu ini. Dimsum akan sangat cocok jika dipadukan dengan saus, chili oil ataupun mayonais sebagai cocolannya.

Nah bagi kalian yang ingin coba berkreasi membuat makanan asal luar negri, dimsum ini bisa jadi salah satu opsinya. Hidangan asli masyarakat Tiongkok ini terbilang cukup mudah dan sangat praktis untuk dibuat.

Selain itu, dimsum juga dapat kalian jadikan sebagi salah satu ide bisnis yang menarik dan cukup kekinian. Penasaran apa saja bahan dan resepnya, Yuk simak ulasnnya berikut ini.

BACA JUGA : Makanan Korea Halal

Cara Membuat Dimsum Ayam Mudah dan Lezat

Sumber : https://static.lemonilo.com/

Bahan-bahan :
1/2 kg – Fillet daging ayam tanpa kulit
100 gram – Udang (bisa di skip)
200 gram – Tepung tapioka / kanji
2 butir – Telur Ayam
3 batang – Daun bawang (cincang halus)
1 buah – Wortel ukuran sedang
Kulit pangsit  – secukupnya

Bahan Bumbu
4 siung – Bawang putih
1 1/2 sdm – Minyak wijen
1 sdm – Saos tiram
Kecap asin – 1 sdm
1/2 sdt – Lada bubuk
1 sachet – Kaldu bubuk rasa ayam
Garam – secukupnya

Cara Membuat :

1. Langkah pertama, cuci bersih daging ayam dan udang. Potong dadu daging ayaam, agar mudah saat menghaluskannya. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Kupas dan cuci wortel sampai bersih. Kemudian parut halus wortel atau dapat dicincang. Sisihkan.

3. Masukkan daging ayam, udang, bawang putih, minyak wijen, saos tiram, kecap asin, lada bubuk, kaldu bubuk, telur, daun bawang dan garam ke dalam food processor atau coper. Giling hingga semua bahan tercampur rata dan daging halus.

BACA JUGA : Makanan Khas Jawa Tengah

4. Setelah halus, Anda dapat pindahkan adonan daging ke sebuah wadah, barulah kemudian tambahkan tepung tapioka ke dalamnya dan aduk sampai rata agar semua bahan benar-benar tercampur. Adonan untuk isian dimsum sudah jadi.

5. Selanjutnya lanjut untuk membentuk dimsum. Caranya, ambil selembar kulit pangsit dan berikan 1 sendok makan adonan dimsum dibagian tengahnya. Lalu lipat dan muncungkan bagian atasnya agar terlihat rapi.

6. Beri topping parutan wortel yang tadi telah disiapkan pada bagian atasnya, secukupnya saja. Lakukan cara nomer 5 dan 6 ini sampai adonan habis.

7. Sembari membentuk dimsum, Anda dapat panaskan pengukus terlebuh dahulu. Setelah semua dimsum sudah siap dan pengukus telah panas, kukus dimsum sekitar 25-30 menit atau hingga dimsum matang menggunakan api sedang.

8. Setelah matang, angkat dan buka penutup pancinya, tunggu agar uap yang terperangkap hilang terlebih dahulu. Sajikan dimsum selagi hangat dengan kecap dan saus atau menggunakan chili oil.

BACA JUGA : Apa Manfaat Olahraga Bagi Tubuh

Bagaimana, sangat mudah sekali kan cara membuat dimsum Ayam ala warga Tiongkok ini. Tak perlu jauh-jauh ke China, buat sendiri di rumah juga bisa kok. Selamat mencoba!