Cara membuat artikel blog yang baik dan SEO friendly

Blogging
Cara menulis artikel di blog  agar SEO friendly
image from pixabay.com

Cara membuat artikel blog sebenarnya sangat mudah sekali akan tetapi membuat agar artikel kita lebih SEO friendly mungkin memerlukan beberapa cara tersendiri. Sebenarnya cara yang akan saya bagikan bukanlah teknik rahasia atau spesial, akan tetapi cara ini bisa dikatakan merupakan teknik wajib saat kita ingin membuat sebuah artikel SEO friendly. Jadi sebaiknya anda jangan terlalu berharap banyak jika sudah menerapkan teknik ini maka artikel anda akan dengan cepat berada di urutan teratas, karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kenapa sebuah artikel di blog atau website bisa menempati peringkat pertama google.

Note: Artikel ini dikhususkan untuk pemula, bagi para master yang nyasar ke sini sebaiknya jangan diteruskan membaca kalau tidak ingin kecewa. 😀

Membuat Judul Artikel blog yang SEO Friendly

Cara membuat artikel blog lebih SEO friendly yang pertama adalah kita harus membuat judul yang SEO friendly juga. Seperti apa judul yang SEO friendly itu? untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa pedoman yang harus anda terapkan saat membuat judul sebuah Artikel.

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau kalau definisi bebasnya adalah pengoptimalan sebuah situs termasuk Artikel, Tema, Loading Blog/Website dll dalam rangka memperoleh peringkat teratas atau peringkat yang sudah ditargetkan oleh pemiliki Situs. 

1. Jangan memotong Keyword utama

Maksudnya adalah saat kita ingin membuat sebuah artikel pastinya kita akan menentukan kata kunci atau keyword yang tepat untuk artikel kita. Misalnya di sini saya memakai kata kunci cara membuat artikel blog yang baik dan SEO friendly. Dari Judul tersebut saya akan membuat rangkaian kata kunci yang menjadi fokus utama dari artikel tersebut. Di sini saya mengambil kata kunci utama adalah cara membuat artikel blog yang baik. Jika anda memfokuskan pada kata kunci tersebut maka tidak diperbolehkan untuk memotong rangkaian kata kunci tersebut karena hal ini akan berefek kurang baik untuk SEO artikel kita.

Contoh:
Cara yang baik membuat artikel blog agar SEO friendly   = Kurang Bagus
Cara membuat artikel blog yang baik dan SEO friendly = Bagus

2. Buatlah long tail keyword (ekor judul)

Agar judul postingan kita lebih SEO friendy maka kita juga direkomendasikan membuat long tail keyword atau ekor dari Keyword kita. Contoh, jika kita ingin membuat sebuah artikel tentang Manfaat buah naga maka sebaiknya anda jangan membuat judul hanya kata kunci di atas, melainkan harus ada long tail keyword yang menyertainya. Misalnya Kandungan Nutrisi dan Manfaat buah naga untuk kesehatan.

Diantara manfaat long tail keyword adalah:

Untuk menjaring pengunjung dari berbagai kata kunci yang mungkin akan diketikkan oleh pembaca. Jadi anda akan mendapatkan trafik saat calon pembaca mengetikkan Manfaat buah naga, Manfaat buah naga untuk kesehatan, atau kandungan nutrisi buah naga.

Manfaat yang kedua adalah meningkatkan CTR atau Click Through Rate. Hal ini sudah jelas, jika kita membuat judul yang detil maka pengunjung biasanya akan menganggap bahwa informasi yang kita berikan lebih fokus dan kaya. Satu contoh jika kita hanya membuat judul Manfaat buah naga mungkin pengunjung akan berpikir jika dia hanya akan diberikan informasi mengenai manfaat buah naga saja. Akan tetapi jika kita menambahkan kata kunci yang lainnya seperti di atas seperti Kandungan Nutrisi, maka calon pembaca akan berpikir bahwa dia bukan hanya akan diberikan informasi mengenai manfaat buah naga tetapi juga kandungan nutrisi di dalamnya. Dengan demikian, maka calon pembaca akan lebih tertarik dengan artikel kita meskipun tidak berada di urutan pertama.

 

Note: Meskipun membuat long tail keyword itu baik akan tetapi anda jangan terlalu panjang dalam membuat judul, pastikan semua judul anda bisa ditampilkan di mesin pencari. Karena judul yang terlalu panjang akan dipotong secara otomatis di hasil pencarian. Batasi Maksimal 10 kata saja, tergantung panjang pendek kata.

 

Membuat deskripsi artikel yang SEO Friendly

Cara membuat artikel di blog agar SEO friendly yang kedua adalah dengan membuat deskripsi yang baik dan benar. Kenapa deskripsi harus SEO friendly?

Jawabannya adalah deskripsi merupakan bagian yang juga ditampilkan di mesin pencari setelah judul.

Prinsip membuat deskripsi sebenarnya hampir sama dengan membuat judul yaitu jangan pernah memotong kata kunci utama, dan yang kedua Judul artikel harus masuk di dalam deskripsi. Alasannya sama dengan membuat judul di atas, jadi saya tidak perlu menjelaskannya panjang lebar.

 

Membuat konten yang SEO Friendly

Cara membuat artikel blog yang baik dan SEO friendly yang selanjutnya adalah pastinya membuat konten yang SEO friendly pula. Konten yang SEO friendly itu seperti apa?

1. Nyambung dengan judul artikel

Konten yang seo friendly adalah konten yang nyambung dengan judul artikel kita. Yang saya maksud nyambung di sini adalah jangan sampai kita membuat judul artikel tetapi tidak nyambung dengan isi dari artikel kita, hal ini tentunya sangat tidak baik sekali untuk mesin pencari ataupun pembaca.

Misalnya jika anda ingin membuat sebuah artikel cara membuat artikel blog yang baik, maka anda harus fokus pada kata kunci tersebut. Sebenarnya hal ini bisa dikatakan sudah otomatis karena saat kita membahas mengenai suatu topik maka kata kunci utama dari topik tersebut akan sering diulang-ulang di dalam artikel. Coba anda perhatikan dari sekian banyak kata di dalam artikel yang saya buat ini pasti akan ada banyak kata kunci seperti: Cara, Membuat, Artikel, Blog, SEO, dan Friendly.

Hal ini menunjukkan bahwa artikel saya masih nyambung dengan judul yang saya buat. Tapi perlu diingat bahwa dalam membuat artikel blog yang baik, juga jangan terlalu sering mengulang kata kunci jika tidak begitu diperlukan. Terlalu sering mengulang kata kunci selain menjadikan artikel kurang enak dibaca juga tidak baik di mata mesin pencari. Hal ini dikarenakan kita dianggap membuat artikel yang hanya ingin mendapat peringkat di google tanpa memperhatikan kualitas. Jadi, Masukkan kata kunci yang benar-benar dirasa butuh. Hal ini biasanya berhubungan dengan kata kunci utama. Kalau untuk ekor judul sebaiknya masukkan seperlunya saja.

 

2. Konten yang bermanfaat

Jelas, hal ini sangat penting sekali. Percuma saja jika kita memiliki sebuah artikel yang berada di urutan teratas akan tetapi memiliki kualitas yang buruk. Memang dalam jangka pendek kita akan mendapatkan pengunjung, akan tetapi jangka panjang pengunjung tersebut akan kecewa dan langsung menutup halaman artikel kita. Jika hal ini sering dilakukan maka akan meningkatkan Bounce Rate atau rasio pentalan. Karena saat ini salah satu cara google untuk melihat sebuah artikel itu berkualitas atau tidak adalah dengan memperhatikan seberapa lama seorang pembaca berada di dalam laman artikel tersebut, dan seberapa banyak artikel yang dibaca oleh pengunjung di blog tersebut.

 

Kriterian artikel bermanfaat pada dasarnya ada 2:

  • Membantu memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca
  • Membantu pembaca dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi

 

Memberikan Gambar pada artikel

Salah satu cara agar artikel kita lebih SEO Friendly atau mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari adalah menambahkan gambar. Meskipun gambar di dalam artikel (gambar ilustrasi) mungkin tidak begitu banyak membantu pembaca dalam mendapatkan informasi atau menyelesaikan masalahnya. Akan tetapi ternyata penambahan gambar pada artikel akan memberikan nilai lebih tersendiri di mata mesin pencari.

Hal ini bisa terjadi karena mesin pencari menganggap sebuah artikel yang disertai gambar akan memudahkan pembaca dalam memahami artikel tersebut. Selain itu, anda juga direkomendasikan untuk memberikan Alt tag dan deskripsi pada gambar untuk memudahkan mesin pencari dalam memahami gambar tersebut. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mesin pencari itu buta, dia hanya bisa memahami sesuatu berdasarkan deskripsi atau kata kunci yang kita berikan.

Pastikan dalam memberikan Alt tag atau deskripsi pada gambar kata kunci utama anda masuk di dalamnya, untuk meyakinkan mesin pencari bahwa gambar yang anda masukkan benar-benar relevan dengan konten artikel.

Memberikan Sub judul pada artikel

Sub judul atau H2 di dalam artikel sangat penting sekali meskipun saya sendiri sebenarnya tidak selalu menggunakan sub judul karena beberapa alasan (intinya berdasarkan kebutuhan saja). Diantara manfaat memberikan sub judul pada artikel adalah meningkatkan variasi kata kunci yang ada di artikel kita. Selain itu, sub judul juga membantu pembaca dalam memahami artikel kita. Hal ini sangat penting terutama jika kita membuat artikel yang panjangnya lebih dari 1000 kata. Dengan sub judul, artikel yang panjang akan lebih mudah dipahami sekaligus tidak membuat pembaca jenuh.

Selain di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi cara yang bisa kita lakukan agar artikel lebih SEO friendly. Akan tetapi saya rasa teknik di atas pada dasarnya cukup untuk anda gunakan dalam membuat artikel agar lebih SEO friendly. Mempelajari SEO  tidak akan ada habisnya karena hampir setiap tahun Google mengupdate algoritmanya. Sehingga teknik SEO yang mungkin saat ini kita terapkan belum tentu bisa kita terapkan 1 atau 2 tahun ke depan. Meskipun demikian, paling tidak cara membuat artikel blog yang baik dan SEO Friendly di atas merupakan cara dasar yang biasanya dilakukan untuk blog yang mengandalkan mesin pencari sebagai trafik utama.

Sekian informasi yang bisa saya bagi seputar cara membuat artikel blog yang baik dan SEO friendly, semoga bisa memberikan manfaat untuk para pembaca.