5 Cara membuat acar mentimun yang sangat mudah dan praktis

cara membuat acar mentimun
cara membuat acar mentimun
image from www.maxpixel.net

Cara membuat acar mentimun yang sangat mudah dan juga praktis dengan menambahkan bahan-bahan lainnya agar lebih nikmat dan beragam. Acar mentimun memang enak jika disandingkan dengan makanan lainnya, sebut saja martabak, nasi goreng, sate dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, mentimun yang merupakan sayur dengan banyak manfaat untuk tubuh. Selain untuk kesehatan manfaat masker timun untuk wajah juga cukp beragam termasuk melembabkan kulit dan juga mengurangi flek hitam. Rasanya yang segar, sedikit asam dan berair ini menjadi ciri khas tersendiri dari acar mentimun. Bahkan, cara membuat acar mentimun juga sangat mudah dilakukan.

 

Cara membuat acara mentimun yang lezat

Berikut ini ada beberapa resep acar mentimun kreasi rumahan yang bisa Anda buat.

1. Acar mentimun mentah

Acar mentimun mentah menjadi resep acar yang sangat mudah dilakukan. Pasalnya, tidak memerlukan proses memasak dan bahannya pun mudah didapatkan. Adapun beberapa bahan yang harus disiapkan, seperti mentimun segar, cabe rawit, bawang putih, gula pasir, garam dan cuka.

Cara membuat acar mentimun mentah, kupas dan cuci terlebih dahulu mentimun segar tersebut. Potong menjadi 4 bagian dan buang isinya. Setelah itu, potong – potong menjadi ukuran kecil. Berikan garam agar layu dan getah mentimun keluar.

Kemudian, tambahkan cuka dan gula pasir secukupnya. Kemudian tambahkan bawang merah, bawang putih dan cabe rawit yang telah dibersihkan dan dipotong. Aduk hingga merata dan acar mentimun mentah siap disajikan.

2. Acar mentimun masak

Acar mentimun masak atau matang memiliki rasa yang cukup sedap, tapi tidak menghilangkan rasa segar acar tersebut. Adapun beberapa bahan yang diperlukan, yakni mentimun, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, garam, gula, dan cuka.

Cara membuat acar mentimun masak, potong – potong mentimun menjadi persegi panjang. Berikan garam agar mentimun layu dan getahnya keluar. Tambahkan, gula dan cuka. Setelah itu, tumbuh bawang putih dan kemiri dan goreng tanpa menggunakan minyak.

Campurkan mentimun, bawang putih dan kemiri tumbuk serta irisan cabe rawit, bawang merah dan kunyit. Langkah terakhir, masak hingga matang dan angkat. Acar mentimun masak siap disajikan.

3. Acar mentimun dan wortel

Ada beberapa bahan yang dibutuhkan untuk resep acar mentimun dan wortel ini. Adapun beberapa bahan tersebut, yakni mentimun, wortel, bawang merah, bawang putih, garam halus, cabe rawit, cuka dan gula pasir. Cara membuat acar mentimun ini, bersihkan dulu mentimun, wortel, bawang putih dan bawang merah.

Kemudian potong mentimun dan wortel mirip bentuk korek api. Jika kesusahan, gunakan saja pemotong khusus acar. Setelah itu, iris bawang merah, bawang putih dan cabe rawit. Perlu diketahui, semakin banyak bawang merah akan semakin nikmat rasanya.

Setelah semuanya terpotong dan siap, campurkan potongan mentimun, wortel, bawang merah dan putih serta cabe rawit dalam wadah. Kemudian tambahkan gula, cuka dan garam dan aduk hingga merata. Aduk hingga garam dan gula benar – benar hancur dan tercampur. Setelah itu, tuang pada wadah saji dan acar mentimun siap disajikan dengan masakan lainnya.

4. Acar mentimun dan nanas

Rasa segar dari acar mentimun memang tidak bisa dibantah. Apalagi, ditambah dengan nanas. Pastinya semakin segar saat disajikan nantinya. Selain itu, rasa asam dan manis akan bercampur menjadi satu sehingga sangat lezat saat disantap. Untuk membuat acar mentimun dan nanas ini cukup mudah dilakukan. Siapkan saja beberapa bahan yang dibutuhkan, seperti nanas, mentimun, cabe merah, garam, cuka, merica dan bawang merah.

Cara membuat acar mentimun dan nanas ini, potong terlebih dahulu mentimun dan nanas berbentuk batang korek api atau dadu. Setelah itu, potong juga bawang merah kecil dan cabe merah. Campurkan semua bahan yang telah dipotong pada wadah khusus dan aduk hingga merata. Kemudian, tambahkan cuka, garam dan merica. Diamkan beberapa saat. Dan acar mentimun dan nanas siap disajikan.

Artikel terkait: 6 Cara membuat masker timun untuk kulit wajah agar tampak lebih cantik

5. Acar mentimun kuning

Tidak tahu mengapa acar ini disebut dengan acar kuning. Namun begitu, jenis acar ini paling enak disandingkan dengan masakan ayam goreng bumbu padang. Bahan yang diperlukan, yakni wortel, mentimun besar yang dipotong bentuk korek serta buncis potong serong. Sedangkan bumbu halus, bawang merah, bawang putih, kemiri, cabe merah keriting, kunyit, garam dan gula pasir. Tambahkan juga beberapa bahan lainnya, seperti serai, cuka, bawang merah, dan lengkuas.

Cara membuat acar mentimun ini, tumis bumbu halus dan tambahkan serai dan lengkuas. Setelah harum tambahkan wortel. Setelah itu, masukkan buncis dan timun, aduk – aduk dan berikan air secukupnya. Setelah menyusut, kecilkan api dan tambahkan bawang merah potong serta cuka. Diamkan beberapa saat dan baru angkat. Acar mentimun kuning siap disajikan.