Cara Membonsai Alpukat

Posted on

Buah alpukat mungkin terlihat agak aneh dan tidak ramah di mata, namun jika Anda belum mencoba untuk menikmatinya, sebaiknya segera mencobanya. Buah ini sangat mengandung nutrisi dan vitamin yang sangat penting bagi kesehatan tubuh Anda.

Kandungan Nutrisi di Alpukat

Dari satu porsi alpukat besar berukuran 201 gram, terdapat sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti:

  • Monounsaturated fats (oleic acid)
  • Fiber (13.5 grams)
  • Folate (23% dari RDA)
  • Vitamin K (26% dari RDA)
  • Vitamin B6 (20% dari RDA)
  • Vitamin C (17% dari RDA)
  • Potassium (14% dari RDA)
  • Vitamin E (10% dari RDA)

Alpukat juga mengandung sejumlah mineral penting seperti magnesium, manganese, copper, zinc, phosphorus, dan iron.

Manfaat Kesehatan Alpukat

Beberapa manfaat kesehatan alpukat yang terkenal antara lain:

Menjaga kesehatan jantung

Alpukat mengandung kadar lemak yang sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi di dalam alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah, sehingga dapat membantu melindungi kesehatan jantung Anda.

Membantu pengelolaan berat badan

Alpukat mengandung serat dan lemak sehat yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi rasa lapar Anda, sehingga dapat membantu Anda dalam program penurunan berat badan.

Menjaga kesehatan kulit

Alpukat mengandung vitamin E dan C yang dapat membantu mencegah kerusakan sel kulit akibat paparan sinar matahari, polusi, dan radikal bebas. Selain itu, alpukat juga mengandung asam lemak dan antioksidan yang dapat membantu menghidrasi dan melembabkan kulit Anda.

Baca juga  Relief Bonsai

Mencegah kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung dalam alpukat seperti vitamin E, folat, dan karotenoid dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker prostat dan kanker mulut rahim.

Cara Mengonsumsi Alpukat

Ada banyak cara untuk menikmati alpukat. Beberapa cara yang umum dilakukan antara lain:

Dalam bentuk makanan

Anda dapat mengonsumsi alpukat segar sebagai salad atau tambahan dalam sandwich atau burger. Selain itu, alpukat juga dapat diolah menjadi guacamole atau dip untuk roti.

Dalam bentuk minuman

Anda juga dapat mencoba smoothie alpukat yang sehat dan segar. Anda hanya perlu mencampurkan alpukat dengan buah-buahan lain seperti pisang atau strawberry dan sedikit susu dalam blender.

Dalam bentuk suplemen

Anda juga dapat memperoleh manfaat dari alpukat dalam bentuk suplemen kesehatan seperti vitamin atau ekstrak.

Gambar Alpukat

Cara Memilih dan Menyimpan Alpukat

Untuk memperoleh manfaat kesehatan yang maksimal, pastikan Anda memilih alpukat yang sempurna dan menyimpannya dengan benar.

Cara memilih alpukat

Pilih alpukat yang matang, berwarna hijau gelap dengan tekanan yang lembut. Jika alpukat masih hijau atau keras, maka alpukat tersebut belum matang. Sebaliknya, jika alpukat terlalu lembut, maka kemungkinan besar busuk di dalamnya.

Cara menyimpan alpukat

Anda dapat menyimpan alpukat dalam suhu ruangan selama beberapa hari hingga matang. Setelah matang, Anda dapat menyimpan alpukat di dalam kulkas dalam kemasan kedap udara selama beberapa hari.

Jadi, sekarang Anda sudah tahu manfaat kesehatan dan nutrisi yang terkandung di dalam alpukat, pastikan untuk mengonsumsi alpukat secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Baca postingan lainnya tentang Bonsai

Baca juga  Bonsai Ficus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *