cara membersihkan telinga

Cara Membersihkan Telinga

Posted on

cara membersihkan telinga

Cara Membersihkan Telinga – Kebanyakan orang yang menganggap bahwa cairan kuning (earwax) yang terdapat di dalam telinga merupakan kotoran telinga. Padahal, tidak demikian. Pada dasarnya, setiap orang akan memproduksi earwax, earwax ini berbentuk sedikit lengket serta berwarna kuning.

Cairan ini berfungsi untuk melembapkan saluran telinga, mencegah infeksi serta melindungi gendang telinga. Jumlah serta jenis earwax yang diproduksi setiap orang berbeda-beda, tergantung dari faktor genetik ataupun mungkin keadaan kesehatan yang mendasarinya.

Struktur earwax yang lengket menyebabkan benda-benda asing seperti kotoran, serangga, polutan, yang masuk ke dalam telinga akan terperangkap, sehingga tidak menghambat kerja telinga. Tanpa dibersihkan, sebenarnya telinga telah memiliki kemampuan untuk membersihkan serta mengeluarkan kotorannya sendiri.

Jadi, pada dasarnya kotoran telinga tidak akan menghambat saluran pendengaran Anda. Kotoran telinga akan berjalan keluar saat Anda menggerakkan rahang ketika berbicara ataupun mengunyah, mengering lalu jatuh dengan sendirinya.

Umumnya, orang akan memakai cotton bud maupun alat lainnya untuk membersihkan telinga. Namun, sebenarnya hal tersebut justru bisa menyebabkan kotoran terdorong ke dalam. Apabila Anda tetap memakai sebuah alat atau bahkan memasukkan jari ke dalam telinga, justru Anda yang menyebabkan kotoran terperangkap di dalam.

Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar? Yuk, langsung saja simak ulasan artikel mengenai cara membersihkan telinga yang sudah caraprofesor.com rangkum dari berbagai sumber berikut ini!

Cara Membersihkan Telinga yang Benar!

Seperti yang telah diulaskan sebelumnya, pada dasarnya telinga Anda mempunyai mekanisme untuk membersihkan dirinya sendiri. Sehingga, Anda tidak perlu membersihkan sendiri bagian dalamnya.

Baca juga  Cara Menurunkan Sel Darah Putih

Anda hanya cukup mengusap bagian luar telinga dengan sabun serta air, kemudian keringkan dengan kain maupun handuk. Apabila Anda merasakan telinga gatal diiringi masalah pendengaran, maka Anda dapat memanfaatkan obat tetes telinga atau metode lain untuk mengeluarkan kotoran telinga yang menyumbat.

cara membersihkan telinga

1. Gunakan Tetes Telinga

Memakai obat tetes telinga merupakan salah satu metode yang bisa membantu mengeluarkan kotoran telinga. Walau demikian, cara memakainya bukan hanya sekadar diteteskan. Supaya obat bekerja efektif mempercepat pengobatan Anda, Anda perlu memastikan bahwa cairan obat benar-benar masuk sampai ke dalam saluran telinga.

Beberapa macam tetes telinga yaitu hidrogen peroksida ataupun sodium bikarbonat. Umumnya, obat ini banyak dipasarkan secara bebas di apotek atau toko obat. Pastikan Anda senantiasa membaca petunjuk penggunaan obat yang tertera pada label kemasan.

Apabila Anda mempunyai kulit sensitif serta mempunyai riwayat kelainan pada telinga, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Berikut ini adalah cara membersihkan telinga memakai obat tetes telinga, yaitu:

Cara Menggunakan Tetes Telinga:
  • Cuci tangan dengan air serta sabun. Anda dapat menggunakan hand sanitizer apabila air dan sabun tidak tersedia.
  • Terlebih dahulu, hangatkan kemasan obat tetes telinga dengan cara menggenggamnya selama 1 sampai 2 menit. Sebab, air yang dingin bisa menyebabkan rasa pusing berputar pada kepala jika diteteskan ke dalam telinga.
  • Selanjutnya, buka tutup botol obat lalu taruh botol obat di tempat yang bersih serta kering. Jangan menyentuh corong ujung mulut botol maupun membiarkannya tersentuh benda apapun.
  • Jika botol obat memakai pipet, pastikan bahwa pipet bersih serta tidak retak ataupun pecah.
  • Miringkan kepala sampai telinga menghadap ke atas. Kemudian tarik daun telinga ke atas dan ke belakang. Metode yang sama juga dilakukan pada anak-anak.
  • Ambil botol obat, kemudian Anda dapat mulai teteskan obat dengan cara memijat botol ataupun pipet dengan perlahan. Teteskan sesuai dosis obat yang dianjurkan oleh dokter.
  • Sesudah diteteskan, tarik pelan daun telinga ke bawah serta ke atas. Hal ini bertujuan untuk membantu supaya cairan obat mengalir sampai ke dalam saluran telinga.
  • Selama 2 sampai 5 menit, tetap berada dalam posisi tidur atau tetap miringkan kepala Anda sambil menekan bagian depan telinga Anda yang menonjol guna mendorong obat ke dalam.
  • Setelah itu, bersihkan telinga bagian luar menggunakan waslap basah. Hal ini bertujuan untuk membantu membersihkan sisa kotoran yang mungkin ikut keluar.
  • Berikutnya, cuci lagi tangan Anda.
Baca juga  Makanan untuk Anemia

Baca Juga: Cara Membersihkan Paru-Paru

Saat Anda pertama kali meneteskan obat tetes telinga, terkadang saluran telinga akan terasa panas serta nyeri. Namun, jika sesudah pemberian obat telinga Anda menjadi bengkak, gatal dan nyeri, maka segera konsultasikan ke dokter.

2. Pakai Minyak Zaitun atau Baby Oil

Penumpukan earwax bisa saja terjadi. Hal ini disebabkan bagian dalam telinga yang terlalu kering. Apabila masalah ini Anda rasakan, Anda bisa memakai baby oil maupun minyak zaitun untuk melembapkan bagian dalam telinga.

Anda hanya perlu meneteskan beberapa tetes minyak ke telinga yang mengalami masalah, kemudian tunggu sekitar lima menit. Pemakaian minyak zaitun jarang mengakibatkan alergi maupun iritasi.

Namun, memerlukan waktu lama untuk earwax yang mengeras menjadi lunak kemudian keluar dengan sendirinya. Anda mungkin perlu mengulangi perawatan ini secara rutin beberapa kali untuk memperoleh hasil yang optimal.

cara membersihkan telinga

3. Pemeriksaan Telinga Secara Rutin ke Dokter THT

Tidak hanya metode yang telah disebutkan di atas, terdapat satu lagi solusi terbaik guna mengeluarkan maupun membersihkan kotoran telinga. Caranya, yaitu dengan pergi ke dokter THT Anda untuk memperoleh pembersihan telinga profesional.

Apabila Anda mengalami sakit pada bagian dalam telinga ataupun tidak sengaja melukai telinga Anda dengan cotton bud, maka Anda juga perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Anda perlu memeriksakan telinga ke dokter THT secara rutin sesuai dengan anjuran dokter atau paling tidak sebulan sekali. Pemeriksaan ke dokter penting untuk dikerjakan, terlebih lagi ketika usia Anda mulai menua.

Baca Juga: Cara Meluruskan Rambut dengan Bedak Bayi

Sebab, masalah pendengaran dapat terjadi secara bertahap, sehingga Anda harus memastikan bahwa telinga Anda dalam kondisi sehat setiap waktu. Anda harus untuk menjalankan tes awal pendengaran sejak awal. Sehingga, Anda bisa mengukur serta mengambil tindakan setiap terdapat masalah pendengaran yang Anda alami.

Baca juga  Cara Cek Kesehatan Baterai Xiaomi

Itulah beberapa cara membersihkan telinga yang perlu Anda ketahui. Semoga ulasan artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dan semakin menambah wawasan pengetahuan Anda seputar kesehatan.