Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word

Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word
Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word
caraprofesor.com

Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word – Microsoft Word menawarkan cara mudah untuk menambahkan gaya nomor halaman yang berbeda ke dokumen anda. Jika anda memiliki dokumen sederhana dan ingin memberi nomor pada halaman tersebut caranya mudah, kok!

BACA JUGA : Apa yang Dimaksud dengan Microsoft Excel?

Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word

Untuk menambahkan nomor halaman ke dokumen Word anda, alihkan ke tab “Sisipkan” pada Tape dan kemudian klik tombol “Nomor Halaman” di bagian “Header & Footer“.

Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word

Menu header-footer menunjukkan beberapa opsi berbeda untuk tempat yang anda inginkan untuk menampilkan nomor halaman bagian atas halaman, bagian bawah halaman, dan seterusnya. Beberapa opsi terakhir, untuk memformat nomor halaman dengan lebih tepat atau menghapus nomor halaman dari dokumen.

Cara Memberikan Halaman pada Microsoft Word

Arahkan kursor pada opsi dan pilih salah satu yang anda inginkan dan galeri nomor halaman akan muncul. Setiap opsi di galeri memberi anda gambaran umum tentang bagaimana nomor halaman akan terlihat di halaman. Anda bisa klik membuat Word secara otomatis memberi nomor semua halaman dokumen anda dengan gaya.

BACA JUGA : Fungsi dari Microsoft Powerpoint Adalah?

Klik untuk membuat Word secara otomatis dan pemberian nomor halaman dokumen yang anda pilih.

Jika anda menyisipkan nomor halaman di bagian atas atau bawah halaman, area header atau footer dokumen anda secara otomatis terbuka, dan anda dapat membuat tambahan apa pun yang anda suka di sekitar nomor halaman baru.

Saat anda siap untuk kembali ke dokumen, anda bisa mengetuk tombol “Tutup Header & Footer” pada tape atau klik dua kali di mana saja di dokumen anda di luar area header atau footer.

Nah, kami akan juga akan memberikan informasi mengenai cara menambahkan angka dan format berbeda dibagian berbeda, yuk simak!

BACA JUGA : Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah

Cara Menambahkan Angka dan Format Berbeda ke Bagian Berbeda

Beberapa dokumen biasanya menggunakan (1, 2, 3, dll.) bagian utama dokumen menggunakan angka Romawi (i, ii, iii, dll.) untuk bagian yang berbeda seperti daftar isi, pendahuluan, dan glosarium.

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuat bagian yang berbeda dalam dokumen anda untuk bagian yang berbeda dari dokumen anda. Jadi, misalnya, jika anda ingin daftar isi dan pendahuluan anda diberi nomor yang berbeda dari isi utama dokumen dan membuat bagian yang berbeda di depan untuk menampung bagian-bagian itu.

Tmpatkan titik penyisipan pada awal dokumen (jika anda belum membuat konten awal itu) atau letakkan tepat sebelum halaman pertama konten utama anda (jika anda telah membuat konten awal).

Beralih ke tab Layout di Ribbon kemudian klik tombol Breaks.

Di menu header-footer klik opsi “Halaman Berikutnya”. Seperti yang dikatakan dalam deskripsi, ini membuat pemisah bagian dan memulai bagian baru di halaman berikutnya.

Sekarang setelah anda membuat bagian terpisah, anda bisa mengubah format nomor halaman di sana. Hal pertama yang ingin anda lakukan adalah memutuskan hubungan antara bagian pendahuluan baru anda dan bagian berikutnya di mana badan utama dokumen anda dimulai.

Caranya yaitu, buka area header atau footer (di mana pun anda memiliki nomor halaman) di bagian utama dokumen anda. Pada tab “Desain” di bagian “Alat Header & Footer” pada tap, klik opsi “Tautkan ke Sebelumnya” untuk memutuskan tautan ke header dan footer bagian sebelumnya.

Klik kanan nomor halaman kemudian pilih “Format Page Numbers” dari menu konteks.

Sekarang setelah pemutusan tautan selesai anda bisa memperbaiki penomoran halaman seperti yang anda inginkan. Ikuti langkah-langkah berikut ini :

Buka area header dan footer dari halaman manapun dibagian pendahuluan, maka anda akan melihat bahwa penomoran halaman tetap ada sebelum anda membuat pemisah bagian baru.

Di jendela Format Nomor Halaman, pilih jenis angka yang ingin anda gunakan untuk bagian dari menu header-footer “format angka”, kemudian klik OK.

Lihat penomoran halaman, sudah terlihat perubahanya.

Gulir ke bawah ke halaman pertama di bagian berikutnya (bagian dengan isi utama dokumen anda). Anda akan melihat bahwa penomoran halaman kemungkinan tidak dimulai pada halaman pertama. Karena mempertahankan penomoran yang sama sebelum anda membuat bagian tambahan itu.

Di jendela Format Nomor Halaman, pilih opsi “Mulai ” dan kemudian atur kotak di sebelah kanan ke “1” untuk memulai bagian di halaman satu.

Klik kanan nomor halaman dan pilih perintah “Format Page Numbers” dari menu konteks.

Itulah, cara membuat halaman penomoran pada microsoft word yang bisa menambah wawasan pembelajaran anda! Semoga informasi ini, membantu ya. Terima kasih.