10 Cara membaca pikiran orang lain ini wajib anda pelajari

Cara membaca pikiran orang
image www.dumblittleman.com

Membaca pikiran orang lain itu sangat penting sekali salah satu diantaranya untuk bisa menjalin komunikasi yang baik. Nah ini tentu sangat diperlukan sekali terutama bagi pasangan suami istri.

Meskipun demikian, tentu membaca pikiran orang lain bukan hanya ditujukan untuk pasangan suami istri saja, tetapi anda juga bisa menggunakannya untuk memahami perasaan orang lain agar tidak timbul salah paham. Misalnya dalam berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, atau teman bisnis.

Untuk bisa mengetahui pikiran orang anda tidak harus menjadi paranormal. Sebenarnya membaca pikiran orang lain itu bisa dilakukan hanya dengan mengamati beberapa hal. 

Salah satu ilmu yang bisa anda gunakan untuk mengetahui pikiran orang adalah psikologi. Jadi tidak selamanya membaca pikiran orang lain itu selalu berbau mistis.

Cara membaca pikiran orang

Bagi anda yang tertarik untuk mengetahui apa isi pikiran orang berikut tips membaca pikiran orang lain:

1. Memberikan pertanyaan dengan cepat

Memberikan pertanyaan dengan cepat kepada orang akan membantu anda mengetahui isi pikiran orang lain. Mengajukan pertanyaan dengan cepat akan membuat orang yang akan menjawab tidak memiliki banyak waktu untuk berpikir.

Hal ini pada akhirnya akan membuat anda tahu isi pikiran mereka yang sesungguhnya. Mengajukan pertanyaan dengan cepat ini sering digunakan bagi para interviewer untuk bisa mengetahui pikiran orang lain saat proses wawancara.

Tetapi pertanyaan yang diajukan bukan pertanyaan yang membutuhkan banyak penjelasan. Ini merupakan pertanyaan ringan yang spesifik seperti hobi. Jawaban dari pertanyaan tersebut akan sangat membantu bagi anda untuk mengetahui isi hati dan pikiran serta karakteristik orang.

Usahakan dalam memberikan pertanyaan intonasinya harus jelas serta jangan gugup dan terbata-bata saat bertanya, karena pertanyaan ini harus dijawab dengan spontan. Maksudnya agar orang yang mendapatkan pertanyaan bisa menjawab dengan baik sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Meskipun tidak selamanya berhasil, tetapi banyak orang yang menggunakan cara ini dan dianggap cukup efektif untuk melihat karakteristik orang. Jawaban spontanitas dari seseorang dianggap sangat jujur dan mewakili dari apa yang ada di dalam pikirannya.

2. Mengetahui pikiran orang lain melalui ekspresi mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang bisa digunakan untuk mengetahui pikiran orang lain. Ekspresi mata itu tidak pernah menipu sehingga anda bisa menggunakannya untuk mengetahui isi pikiran orang.

cara membaca pikiran orang melalui ekspresi mata
image www.incimages.com

Melalui tatapan seseorang anda bisa memperkirakan apa yang sedang mereka pikirkan. Tetapi syaratnya anda harus peka dan mengetahui ilmu dasar membaca pikiran orang lain melalui mata. 

Berikut beberapa contoh ekspresi mata yang bisa anda gunakan untuk membaca pikiran orang lain:

  • Umumnya orang yang sedang berbohong tidak akan mampu untuk menatap mata anda. Hal ini mungkin terjadi karena adanya sebuah ketakutan pada dirinya yang tidak bisa disembunyikan melalui ekspresi mata.
  • Jika seseorang berkedip setelah berbicara dengan kita, maka itu tandanya dia sedang berusaha untuk bisa memahami kita.
  • Seseorang yang mengarahkan pandangan matanya ke bawah biasanya menunjukkan bahwa dia adalah tipe orang yang kurang percaya diri atau pemalu.
  • Seseorang yang hanya sesekali menatap lawan bicaranya itu tandanya dia adalah orang yang sulit menerima keberadaan orang lain. Selain itu, orang seperti ini biasanya juga sulit untuk perhatian saat diajak berkomunikasi.

Meskipun kelihatannya mudah sebenarnya membaca pikiran orang lain melalui mata tidaklah semudah yang kita pikirkan. Kejelian serta tingkat kepekaan anda sangat berpengaruh. 

3. Membaca pikiran orang melalui body language

Selain mata, gerak tubuh seseorang juga bisa digunakan sebagai acuan untuk membaca pikiran orang lain. Reaksi tubuh seseorang itu relatif jujur dan tidak bisa menipu sehingga anda bisa memanfaatkannya untuk mengetahui pikiran orang.

Sama dengan melihat gerak mata, mengetahui isi pikiran orang lain melalui gerak tubuh juga membutuhkan kepekaan serta pengamatan yang teliti. Selain itu, anda juga harus mengetahui bahasa tubuh sehingga nantinya bisa menyimpulkan maksud dari apa yang sedang seseorang tersebut lakukan.

Mengetahui isi pikiran orang lain melalui body language ini sudah cukup populer dan sering sekali digunakan. Berikut beberapa contoh bahasa tubuh dan artinya:

  • Sering menggaruk hidung biasanya diartikan jika seseorang tersebut sedang berbohong atau tidak jujur.
  • Alis yang terangkat biasanya menunjukkan bahwa seseorang tersebut sedang khawatir atau cemas.
  • Rasa cemas dan khawatir juga bisa ditunjukkan jika seseorang menggigit bibir mereka.
  • Pupil yang membesar menunjukkan jika lawan bicara kita benar-benar antusias dengan topik yang kita bicarakan.

4. Memperhatikan nada bicaranya

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengetahui pikiran orang adalah dengan memperhatikan nada bicaranya. Memperhatikan nada bicara orang lain bukan hanya sekedar mendengarkan volume bicaranya, tetapi lebih kepada intonasi kalimat yang sedang dia ucapkan. الدومينو على الانترنت  

Misalnya saja saat anda memperhatikan jika lawan bicara anda memiliki intonasi berbicara tidak biasa seperti terlalu cepat, keras, atau lambat mungkin itu mengindikasikan ada beberapa hal yang sedang mempengaruhi hati atau pikiran nya.

Beberapa contoh kalimat yang sering diucapkan seseorang saat ada sesuatu pada waktu berbicara seperti eh, uh, hmm, atau argh. 

Kata-kata tersebut biasanya mewakili isi hati seseorang yang sedang bingung, gugup, kesal, tidak setuju, atau kecewa.

5. Ajukan beberapa pertanyaan yang spesifik

Mengetahui pikiran orang lain itu bisa dilakukan dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan yang sangat spesifik.

Pertanyaan yang dimaksud bukanlah pertanyaan yang sangat umum seperti “bagaimana kabar anda”, tapi cobalah bertanya seputar hobby, “film apa yang anda sukai” atau “buku apa yang sering anda baca”. باي بال عربي

Pertanyaan seperti ini relatif bisa menggali kepribadian orang lebih dalam dibandingkan bertanya dengan pertanyaan yang umum. 

Usahakan juga untuk membuat sebuah pertanyaan yang terstruktur rapi sehingga tidak terlihat jika anda sedang mencoba mengetahui isi pikiran orang tersebut. Jadi pertanyaan umum boleh-boleh saja hanya sebagai pembuka.

6. Perhatikan saat dia menyentuh anda

Sebagai teman yang baik pastinya saat bertemu akan ada tegur sapa serta saling kontak fisik seperti bersalaman. Nah dari sini anda bisa memperhatikan apakah sentuhan teman anda tersebut seperti biasanya atau tidak.

Misalnya saja apakah saat bersalaman teman anda menggenggam erat tangan anda atau tidak. Atau mungkin dia bahkan tidak mau bersalaman. Dari sini tentunya anda bisa memprediksi sebenarnya apa yang sedang terjadi dengan teman anda.

Untuk memperkuat dugaan anda coba perhatikan bagaimana dia melakukannya dengan orang lain, jika tidak itu artinya kemungkinan dia sedang ada sedikit masalah dengan anda.

7. Perhatikan ekspresi wajahnya

Raut wajah seseorang itu bisa dibaca untuk mengenali apakah seseorang sedang sedih, senang, atau khawatir. Dari wajah pula kita bisa melihat bahwa seseorang itu sedang berbohong atau tidak.

Misalnya saja anda sedang membicarakan sebuah topik dengannya lalu dia tidak menyukainya, mungkin saja dia tidak langsung ngomong kalau dia tidak suka dengan topik yang sedang anda bicarakan. فيلم سباق  

Tetapi melalui ekspresi wajahnya anda bisa mengira-ngira apakah teman anda itu sedang terganggu dengan topik pembicaraan anda atau tidak.

Secara alami sebenarnya anda sudah bisa mengenali raut wajah seseorang jika dia sedang marah, sedih, ataupun tidak senang dengan sesuatu. Jadi cobalah untuk lebih teliti dan fokus saat berkomunikasi dengan seseorang.

8. Perhatikan jarak saat berkomunikasi

Memperhatikan jarak saat berkomunikasi ternyata juga bisa dijadikan sebuah alat bantu untuk membaca pikiran orang lain lo. 

Biasanya jika seseorang sedikit menjaga jarak dengan anda saat berbicara itu artinya dia tidak ingin terlibat lebih dekat dengan anda secara emosional. Tetapi ini juga tidak mutlak sehingga anda harus menguatkan asumsi anda dengan langkah lainnya.

Karena ada juga orang yang terlihat sedikit menjaga jarak dengan anda bukan karena apa-apa mungkin dia sedang terburu-buru sehingga tidak ingin terlalu lama.

Jadi untuk membaca pikiran orang lain kita harus sabar dan teliti serta jangan terlalu mudah mengambil kesimpulan jika belum jelas.

Terburu-buru dalam mengambil kesimpulan dikhawatirkan justru akan membuat anda keliru dalam menilai orang lain. Baca juga 16 Cara menenangkan hati dan pikiran agar hidup Anda lebih bahagia

9. Coba perhatikan respon lawan bicara anda

Ternyata memperhatikan respon lawan bicara itu sangat penting sekali untuk mengetahui isi pikiran seseorang. Biasanya orang yang sudah mulai malas atau kurang tertarik dengan topik yang kita bicarakan dia akan lebih pendek dalam merespon.

Contohnya saat anda bertanya sesuatu yang panjang lebar dia hanya menjawab dengan jawaban yang singkat. Atau saat anda menceritakan sesuatu dia hanya merespon dengan “masa” atau “oh seperti itu”.

Biasanya jawaban seperti ini juga diikuti dengan raut wajah yang berbeda. Jadi mengkombinasikan beberapa cara membaca pikiran orang lain sangat penting untuk benar-benar membuat prediksi anda akurat.

10. Lihat cara seseorang berjalan

Cara seseorang berjalan itu ternyata juga bisa mewakili kepribadiannya. Seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi biasanya berjalan dengan santai serta dengan tubuh yang sedikit mengayun.

Hal ini berbeda dengan orang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah, mereka biasanya lebih merunduk dan terkesan sedikit khawatir terutama saat di depan orang lain. 

Jika anda menemukan ciri-ciri ini pada teman anda, mungkin anda bisa memperlakukan mereka sesuai dengan karakter masing-masing.

Misalnya orang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi jangan terlalu sering menyanjungnya karena itu akan membuat dia sombong. Sedangkan untuk orang yang minim percaya diri anda harus sering memberikan motivasi kepadanya agar dia bisa menemukan kepercayaan dirinya.

Ringkasan

Tips di atas mungkin bisa anda jadikan patokan untuk mengetahui kepribadian serta isi pikiran orang lain terutama saat sedang berkomunikasi dengan anda. 

Tapi perlu diingat bahwa setiap orang itu terkadang memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga hasilnya mungkin akan berbeda pula. Meskipun demikian tips di atas sebenarnya sudah disesuaikan dengan kebanyakan orang.

Selain itu, hal terpenting yang tidak boleh anda lupakan adalah jangan terburu-buru dalam menilai seseorang, tips di atas bisa dijadikan acuan tetapi tentu tidak mutlak. Oleh sebab itu mengetahui karakter orang secara mendalam sangat penting sekali untuk mengetahui isi pikirannya.