Cara Memasang Saklar Tunggal Dan Saklar Ganda, Check It!

Salah satu permasalahan yang akan sering terjadi dalam sebuah instalasi listrik yang ada di rumah adalah saklar yang rusak. Saklar lampu ini pasti akan mengalami sebuah kerusakan seiring dengan lamanya pemakaian dari saklar itu sendiri. Banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk memasang saklar lampu dengan baik dan juga benar. Bagi kamu yang ingin bisa memasangnya sendiri di rumah, berikut adalah panduan lengkap tentang bagaimana cara memasang saklar lampu tunggal, ganda hingga cara memasang saklar gantung.

Fungsi saklar

Fungsi dari sebuah switch atau biasa disebut dengan saklar yaitu sebagai alat pemutus dan juga sebagai penghubung arus listrik dari sumber/main line listrik menuju ke titik beban dalam suatu rangkaian tertutup.

Jadi, di dalam suatu Box Switch atau pada umumnya kotak saklar hanya terdapat sebuah kabel phase (arus listrik positif) dan tidak ada kabel netral (arus negatif). Sehingga cara kerja sebuah saklar sendiri yaitu dengan menghubungkan atau memutuskan kabel phase tersebut.

Sakral merupakan salah satu dari komponen yang berperan penting dalam instalasi listrik yang daoat menghemat penggunaan dan juga biaya listrik.

Cara Memasang Saklar Lampu

Beberapa macam saklar yang biasa digunakan yakni saklar yang menempel pada bagian dinding yaitu saklar tunggal, saklar ganda, dan saklar tiga gang ada juga satu jenis saklar yang tidak menempel dengan dinding yaitu saklar gantung.

PENTING!!

Pastikan tidak ada aliran listrik yang tersambung dengan cara mematikan sumber listrik yang ada pada kWh meter. Periksa terlebih dahulu aliran listrik yang sudah mati dengan menggunakan test pen. Apabila pada gagang testpen masih menyala dan MCB-nya mati, maka sudah terjadi kebocoran listrik. Oleh karena itu, jangan segera memasang skalar, tunggu sampai alat test pen sudah menyatakan tidak ada aliran listrik baru kemudian kamu bisa memulai memasang saklar.

Cara Memasang Saklar Tunggal

cara memasang saklar tunggal

Saklar tunggal adalah sebuah saklar yang terdiri dari hanya satu tuas saja yang memiliki fungsi menyalakan ataupun mematikan lampu hanya dengan sekali tekan saja.

Keterangan :
  • Kabel berwarna hitam pada gambar di atas merupakan kabel penghantar arus listrik positif atau phase
  • Kabel yang berwarna biru pada gambar di atas merupakan penghantar arus listrik negatif atau negatif
  • Saat saklar dalam kondisi “OFF”, maka plat yang sebagai penghubung pada posisi terlepas dari terminal pada titik hubung. Kemudian disaat saklar di tekan dan berada dalam kondisi “ON”, maka plat juga akan tersambung dengan titik hubung sehingga mengalirkan arus listrik Fasa menuju ke lampu dan lampu dapat menyala.

Cara Memasang Saklar Lampu Tunggal Dalam Kondisi Baru

Cara memasang saklar tunggal- Buatlah lubang terlebih dahulu pada bagian dinding sebagai tempat untuk pemasangan saklar.

Buat jalur untuk pipa pada bagian dinding dari plafon menuju ke lubang saklar yang sudah kamu buat .
Pasanglah kabel Fasa atau kabel phase dari sumber listrik untuk menuju saklar dan juga jangan lupa untuk memasang kabel Fasa keluaran tersebut dari saklar untuk menuju ke fiting lampu
Pasang kedua ujung kabel tersebut pada baut terminal kabel yang ada pada saklar, dan juga jangan lupa untuk mengikatnya dengan kencang pada baut pengikat.

Baca juga: Cara Memasang Saklar Lampu Dan Stop Kontak 2 Kabel, Simak Yuk!

Pastikan juga kabel netral sudah terpasang dari sumber listrik menuju ke fiting lampu.
Kemudian pasanglah saklar pada bagian dinding dengan rapi

Cara Memasang Mengganti yang Rusak

Bongkarlah saklar lampu yang sudah rusak dengan cara membukanya memakai obeng plus. Kemudian cabutlah kabel yang sebelumnya sudah terpasang pada saklar lampu tersebut.

Siapkan saklar lampu yang baru. Kemudian pasangkan kabel yang sudah tersedia atau bekas kabel yang sudah terpasang dan dicabut dari saklar yang sudah rusak tadi. Pemasangan yang baik dan juga benar yakni pada ujung-ujung dari kabel masuk pada bagian terminal kabel dengan kencang.

Pasang juga body saklar yang masih baru sesuai dengan tempatnya sampai terpasang dengan baik dan juga kokoh.
Jangan lupa juga untuk mengecek saklar lampu apakah sudah bisa bekerja dengan baik yaitu dengan cara meng On dan juga Off kan saklar lampu.

Cara Memasang Kabel pada Sakral Tunggal

Cara Memasang Saklar Tunggal

Cara untuk memasang kabel pada sakral tunggal dinilai cukup mudah. Yang pertama yaitu sambungkan kabel atau kawat pada sisi masing-masing pengungkit yang berwarna putih dan juga merah. Untuk kabel yang berwarna biru yaitu Input arus listrik positif dihubungkan pada lubang yang berada disamping pengungkit berwarna merah. Sedangkan kawat yang berwarna hitam yaitu output arus listrik positif dihubungkan pada bagian lubang yang letaknya berada pada samping pengungkit berwarna putih.

Ketika semua kawat sudah dimasukkan hingga “mentok” ke bagian ujung lubang, pengungkit akan secara otomatis telah menguncinya dengan cara menjepit. Saat posisi kawat belum terkunci, kawat akan dengan mudah terlepas. Apabila pengungkit tidak bisa bekerja dalam menjepit kawat. Maka kamu bisa menarik bagian pengungkit sedikit ke atas agar kembali pada posisi yang semula (default).

Cara Memasang Saklar Lampu Ganda

Cara Memasang Saklar Tunggal

Saklar Ganda juga biasa digunakan untuk instalasi listrik dua lampu yang berada dalam satu ruangan yang relatif berukuran besar/luas ataupun ruangan yang berbeda. Misalnya lampu yang ditempatkan pada ruang tamu dan juga teras.

Keterangan :

Kabel Phase yang berasal dari sumber listrik dihubungkan ke salah satu kutub saklar yang kemudian dijumper ke kutub saklar yang berada di sebelahnya.
Kabel yang netral disambungkan langsung dari sumber listrik menuju ke fitting lampu.
Pemasangan dari saklar ganda sendiri hampir sama dengan saklar tunggal. Yang membedakan terdapat pada penambahan satu kabel output (keluaran) menuju satu lampu yang lainnya lagi.

Pemasangan dari saklar ganda sendiri membutuhkan tiga buah kabel yakni satu kabel Phase dari sumber listrik yang dihubungkan menuju ke dalam saklar. Dan dari saklar akan keluar dua kabel Fase yang disambung menuju ke fitting lampu satu dan juga lampu dua.

Cara Memasang Kabel Pada Saklar Ganda

Cara Memasang Saklar Tunggal

Caranya tidak jauh berbeda dengan saklar tunggal. Kawat atau kabel Fase berwarna biru (Input Arus Positif) disambungkan pada lubang yang berada pada samping pengungkit yang berwarna merah pada saklar yang pertama. Sedangkan kawat / kabel yang berwarna kuning dan juga hitam (Output Arus Listrik Positif) disambungkan pada lubang di samping pengungkit yang berwarna putih dari masing-masing saklar seperti pada gambar di atas.

Di antara kedua saklar terdapat potongan potongan yang dipasang pada samping pengungkit warna merah yang merupakan jumper. Jumper di sini mempunyai fungsi untuk mengalirkan arus listrik yang ada dari saklar yang pertama menuju ke saklar kedua. Sehingga arus positif yang berada pada saklar pertama dapat disalurkan menuju ke saklar yang kedua.

Kelebihan Saklar Ganda

  • Hemat Biaya, harga untuk satu buah saklar ganda lebih murah jika dibandingkan dengan dua buah saklar tunggal. Selain itu pada saklar ganda kabel yang dibutuhkan juga tidak sepanjang dengan memasang dua buah saklar tunggal.
  • Lebih Cepat dan tentunya Praktis, dikarenakan pemasangan dari satu buah saklar ganda hanya membutuhkan satu buah lubang yang berada pada bagian dinding. Sementara pemasangan dua buah saklat tunggal membutuhkan dua buah lubang pada dinding.
  • Hemat Tempat