Cara Memasak Mangut Lele

cara memasak mangut lele

Cara memasak mangut lele – Berbicara soal olahan dari lele pastilah sangat banyak fariantnya. Seperti salah satunya mangut lele, makanan satu ini merupakan salah satu masakan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Masakan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan utama untuk makan bersama seluruh keluarga. Cirikhas dari mangut lele ialah memiliki kuah santan yang berwarna kuning dan bercitarasa lumayan pedas.

Biasanya dalam olahan masakan satu ini ikan lele akan digoreng terlebih dahulu agar tak mudah hancur, barulah kemudian dimasak dengan kuah santan yang kental dan ditambah sayuran.

Sayuran yang ditambahkan pula bukan sembarang sayuran, melainkan daun kemangi yang dapat menambah citarasa serta aroma pada masakan.

Daripada penasaran, seperti apa sih rasa dari masakan lele satu ini? Yuk simak cara memasak mangut lele berdasarkan resep mangut lele spesial dari Caraprofesor.com berikut.

 

LANJUTKAN BACA ARTIKEL DI BAWAH :

Cara Menggunakan Vitamin Rambut

Resep Brownies Chocolatos Legit

Cara Pake Masker Spirulina

Resep Tempe Goreng Terigu Renyah

 

Cara Memasak Mangut Lele

cara memasak mangut lele
Sumber : https://www.masakapahariini.com/

Bahan-bahan :

4 ekor ikan lele
1 bungkus santan kara kecil
200 ml air
3 lembar daun salam
2 batang serai
1 ruas lengkuas
2 buah cabe merah (potong serong)
2 buah cabe hijau (potong serong)
1 buah tomat (potong jadi 4 bagian)
Minyak untuk menggoreng  (secukupnya)

Bumbu Halus :

6 butir bawang merah
4 siung bawang putih
2 cm kencur
Kunyit, 2 cm
2 butir kemiri
1 ruas jari jahe
4 buah cabe merah keriting (sesuai selera)
3 buah cabe rawit merah (sesuai selera)

 

Langkah Pembuatan :

1. Pertama-tama, cuci bersih lele hingga tidak menyisakan lendir sedikitpun.

2. Lalu, goreng lele hingga setengah matang dan sedikit mengering agar tidak mudah hancur dan tidak banyak menyerap minyak.

3. Haluskan semua bahan bumbu halus menggunakan cobek / blander. Kemudian tumis bumbu tersebut hingga berbau harum. Jangan lupa pula untuk memasukkan daun salam, serai, dan lengkuas. Aduk-aduk terus bumbu hingga matang dan agar tidak gosong.

4. Setelah bumbu matang, tambahkan air dan juga santan. Barulah masukkan lele goreng, cabe iris dan juga tomat ke dalamnya.

5. Masak hingga bumbu meresap ke dalam lele dan kuahnya agak mengental. Koreksi rasanya.

6. Jika rasanya sudah pas dan lele dirasa sudah matang, angkat dan sajikan selagi hangat.

TIPS
Agar bau amis pada lele hilang, kamu dapat mencuci ikan lele sembari melumurinya dengan air perasan jeruk nipis. Sebelum menggorengnya kamu juga harus taburi lele dengan lada bubuk.

BACA JUGA : Resep Cake Zebra Super Lezat

Demikian pembahasan tentang Resep Mangut Lele Spesial serta bagaimana cara memasak mangut lele dengan mudah dan praktis. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan selamat berkreasi di dapur masing-masing Moms!