Cara Memasak Jagung Ungu

Posted on

Jagung ungu adalah jenis jagung dengan ciri khas warna ungu pada butirnya. Selain enak dikonsumsi, ternyata jagung ungu memiliki berbagai khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak lebih detailnya di bawah ini!

Jagung ungu dapat membantu mengurangi risiko kanker

Khasiat Jagung Ungu

Jagung ungu terbukti dapat membantu menurunkan risiko terkena kanker. Hal ini karena jagung ungu mengandung antioksidan yang cukup tinggi, sehingga bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Selain itu, jagung ungu juga mengandung anthocyanin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan anti-tumor, sehingga dapat membantu menangkal pertumbuhan sel kanker di tubuh.

Jagung ungu membantu menjaga kesehatan kulit

Manfaat Jagung Ungu Untuk Kulit

Selain kesehatan dalam, kulit kita juga harus dijaga kesehatannya. Jagung ungu dapat membantu menjaga kesehatan kulit kita. Hal ini karena jagung ungu mengandung vitamin E dan C yang berfungsi sebagai antioksidan, sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar matahari. Selain itu, kandungan lainnya pada jagung ungu seperti beta-karoten dan lutein juga baik untuk kesehatan kulit dan mata.

Jagung ungu dapat meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat Jagung Ungu Untuk Otak

Ternyata, kandungan pada jagung ungu juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh kita. Hal ini karena jagung ungu mengandung vitamin A yang berfungsi untuk meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga tubuh menjadi lebih mampu melawan infeksi dan virus. Selain itu, kandungan lainnya pada jagung ungu seperti beta-glukan juga dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca juga  Villa Mutiara Serpong Pondok Jagung Timur Kota Tangerang Selatan Banten

Jagung ungu baik untuk otak dan sistem saraf

Manfaat Jagung Ungu Untuk Otak

Selain kesehatan fisik, jagung ungu juga dapat membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf kita. Hal ini karena jagung ungu mengandung vitamin B1 atau thiamin yang berperan penting dalam proses pengolahan makanan menjadi energi yang dibutuhkan otak. Selain itu, jagung ungu juga mengandung vitamin B6 dan folat yang berfungsi dalam produksi sel-sel saraf dan neurotransmitter seperti serotonin dan noradrenalin, sehingga membantu menjaga kesehatan otak dan sistem saraf kita.

Jagung ungu dapat membantu menjaga kesehatan jantung

Manfaat Jagung Ungu Untuk Jantung

Bagi penderita penyakit jantung, jagung ungu dapat menjadi salah satu makanan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini karena jagung ungu mengandung potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung. Selain itu, kandungan serat pada jagung ungu juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga mencegah penyakit jantung koroner.

Konsumsi jagung ungu dengan seimbang

Meski kaya akan khasiat, namaun ingat, konsumsi jagung ungu perlu dilakukan dengan seimbang dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing. Sebaiknya, konsumsi jagung ungu dengan cara yang sehat, misalnya disiapkan dengan cara merebus atau dikukus. Hindari pengolaham jagung ungu dengan cara digoreng, karena proses penggorengan mengurangi kandungan nutrisi dalam jagung ungu.

Selain itu, pastikan juga sumber jagung ungu yang dikonsumsi bersih dan sehat, serta disimpan dengan baik dalam lemari pendingin agar tetap segar dan terjaga kualitasnya. Dengan begitu, manfaat jagung ungu dapat dirasakan secara maksimal untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Baca postingan lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *