Cara Melihat Insight Instagram- Yuk Langsung Saja Simak Ulasannya

Cara Melihat Insight Instagram – Instagram Insight merupakan salah satu fitur yang ditawarkan oleh Instagram untuk mendukung kepentingan bisnis anda. Saat ini, sudah banyak pengguna Instagram yang mengubah profilnya dari akun pribadi atau personal account menjadi akun bisnis atau business account. Dengan mengubah akun Instagram menjadi business account, kamu bisa memonitor strategi pemasaran dengan mudah. Berdasarkan jenis postingan feed maupun story, kamu bisa menjangkau orang-orang demi melakukan promosi bisnis kamu.

Salah satu fitur yang sangat bisa dimanfaatkan dalam kegiatan Instagram marketing adalah Instagram Insights. Instagram Insights (Instagram Analytics) adalah fasilitas analitik yang diberikan oleh Instagram untuk pemilik akun bisnis. Dengan memakai Instagram Analytics, kita bisa mendapatkan berbagai data terkait kinerja akun Instagram kami. Contoh data yang didapat misalnya:

  • data demografi pengikut akun Instagrammu,
  • data jangkauan dan engagement pada konten Instagram,
  • data jumlah tayanga

Panduan cara melihat Insight Instagram pada post dan story

·  Mengubah pengaturan akun menjadi business account atau akun bisnis

Sebelum mulai menggunakan Instagram Insight, terlebih dulu kamu harus mengubah akun kamu dari personal ke business account. Begini cara mudahnya dan simple:

 

  1. cara melihat insight instagramLogin pada Instagram kamu dan buka profilmu. Pada bagian pr0fil kamu cari pilihan edit profil di bagian paling tengah.
  2. cara melihat insight instagramKlik beralih ke akun Profesional
  3. cara melihat insight instagramSelanjutnya, cari pilihan kreator atau bisnis sesuai dengan kemampuan kamu, lalu klik selanjutnya.
  4. cara melihat insight instagramBaca dulu step by stepnya lalu klik lanjutkan
  5. Pilih kategori bisnis kamu (sesuai bakat dan kemampuan kamu)
  6. cara melihat insight instagramKlik selanjutnya
  7. Kamu bisa jelajahi akun serupa dengan akun bisnis kamu jika sudah klik selesai
  8. Kembali ke profil kamu, Klik strip tiga di pojok kanan atas. Lalu klik Insight
  9. Nah akun kamu sudah jadi. Warna Merah ( Melihat Konten Kamu dan menambahkan konten). Warna Kuning (Aktivitas akun kamu). Warna Orange (Pemirsa, info tentang pengikut kamu akan tersedia disini dalam seminggu)

·         Mulai mengakses fitur Insight pada Instagram

  1. Klik pada pilihan Insight, maka akan muncul beberapa pilihan menu utama; Activity, Content,dan
  2. Mari kita mulai dengan bagian Interactionspada menu Di sana kamu akan melihat grafik dan angka yang menunjukkan berapa jumlah orang yang melakukan profile visit akun Instagrammu. Pada bagian Interactions menghitung berapa aksi yang dilakukan orang ketika melihat konten yang kamu unggah.
  3. Kemudian ada menu Discovery yang menunjukkan berapa orang yang telah melihat konten yang kamu unggah dan darimana mereka menemukan konten kamu. Pada bagian Reach kamu bisa melihat ada berapa akun yang berhasil dijangkau oleh akun Instagram kamu. Pada bagian Impressions, menampilkan jumlah tayangan yang didapatkan oleh konten pada Instagrammu.
  4. Selanjutnya, kamu juga bisa beralih pada  Yang pertama bisa kamu lihat pada tab ini adalah jumlah postingan Instagram kamu yang di unggah kamu dalam kurun waktu tertentu. Pada bagian Posts inicoba klik pada bagian See All untuk melihat semua konten yang sudah di-publish.
  5. Setelah semua postingan instagram kamu muncul, kamu akan tahu secara lebih detail postingan kamu, berapa akun yang berhasil dijangkau oleh post instagramuntuk mendapat informasi yang lebih detail lagi, kamu bisa klik pada postingan-postingan tersebut.
  6. Di bagian bawah Content, kamu juga akan menemukan Bagian ini berisi data kontenmu yang diunggah menggunakan fitur Instagram Story. Di bagian Reach kamu bisa tahu berapa jumlah akun yang melihat Instagram kamu. Pada menu Impressions, didapat jumlah angka yang menunjukkan berapa kali story Instagram kamu Lalu ada juga Exits yang menunjukkan akun yang melewati story Instagram kamuatau skip. Pada menu Replies, kamu akan tahu jumlah balasan yang ditinggalkan.
  7. Pada bagian paling bawah yaitu tab Content, ada menu  Promotions yang menunjukkan kegiatan promosimu melalui Instagram. Yang terakhir, ada tab Audience yang dapat memberimu info seputar  Di sini, kamu bisa tahu jenis kelamin, lokasi, usia, jam, dan hari terakhir mereka aktif di Instagram.

·         Mengakses Insight tiap postingan di Instagram

Pengguna business account atau akun bisnis juga bisa melihat Insight tiap postingan. Terutama pada konten yang berupa feed dengan melakukan klik di postingan.

  • Masuk pada menu profil Instagram kamu. Lihat pada feed yang sudah kamu posting. Pilih satu postingan instagram yang ingin dilihat Insight-nya.
  • Saat postingan sudah terbuka, pilih menu View Insight di bagian bawah. Selanjutnya kamu bisa melihat berapa likes yang didapat pada postingan kamu. Ada pula beberapa komentar yang ditinggalkan, berapa akun yang membagikan postingan kamu hingga orang yang menyimpang post 

Bagaimana Cara Memanfaatkan Data dari Instagram Analytics?

Ada banyak beberapa pemanfaatan data Instagram Insights yang bisa kita lakukan. Misalnya:

  • Kamu bisa makin memahami kebutuhan pengikut Instagram kamu. Berdasarkan data engagement pada konten, kamu bisa tahu konten seperti apa yang disukai dan dibutuhkan oleh pengikut Instagram kamu. Setelah tahu kesukaan dan kebutuhan audiens, maka kamu bisa buat konten-konten semacam kebutuhan pengikut Instagram kamu .
  • Kamu bisa tahu profil pengikut Instagram kamu. Melalui data gender, lokasi, dan rentang usia, kamu punya gambaran seperti apa pengikut kamu di Instagram. Pemahaman tentang profil Instagram ini akan membantumu menyusun rencana konten ataupun strategi promosi ke depannya.
  • Kamu bisa menguji efektivitas strategi konten ataupun strategi promosi yang kamu jalankan pada Instagram kamu. Melalui data-data seperti jumlah likes, jumlah komentar, jumlah save atau simpan, jumlah kunjungan profil, jangkauan, dan data-data lain, kamu bisa mengevaluasi strategi konten dan promosi yang kamu lakukan. Dengan demikian, Instagram Analytics dapat menjadi tool yang sangat membantumu melakukan evaluasi pada strategi Instagram marketing yang kamu jalankan.

Nah teman-teman, itulah ulasan mengenai fitur pada Instagram Analytics dan cara melihat insight instagram. Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan kegitan Instagram marketing yang kamu lakukan.