Cara Fermentasi Tongkol Jagung Dengan Em4

Posted on

Saat ini, dunia teknologi semakin berkembang pesat dan semakin banyak inovasi-inovasi baru yang hadir untuk memudahkan kehidupan manusia. Salah satu inovasi terbaru dalam dunia pertanian adalah fermentasi jerami dengan EM4 untuk pakan sapi. Teknologi ini memungkinkan peternak sapi untuk memiliki sumber pakan yang cukup untuk menghasilkan daging sapi berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih efektif dan efisien.

Proses Fermentasi Jerami dengan EM4

Proses Fermentasi Jerami dengan EM4

Pada dasarnya, jerami dapat diolah menjadi pakan ternak dengan proses fermentasi menggunakan bakteri atau ragi. Namun, proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan kadang-kadang masih menghasilkan pakan yang kurang baik. Oleh karena itu, fermentasi jerami dengan EM4 menjadi alternatif yang lebih cepat dan lebih efektif. EM4 atau Effective Microorganism 4 adalah campuran kultur bakteri yang dapat merangsang proses fermentasi dengan lebih optimal.

Proses fermentasi jerami dengan EM4 ini sangat mudah dilakukan. Peternak cukup mengambil jerami segar yang masih basah dan menambahkan EM4 ke dalamnya. Kemudian, jerami tersebut diaduk hingga semua bagian tercampur rata dengan EM4. Setelah itu, jerami dalam wadah tertutup selama 7-14 hari. Proses fermentasi akan terjadi secara alami karena adanya bakteri dalam EM4 yang merangsang pertumbuhan bakteri-bakteri lain yang membantu dalam proses fermentasi.

Keuntungan Fermentasi Jerami dengan EM4

Fermentasi jerami dengan EM4 memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut:

  • Menghasilkan pakan yang lebih sehat dan bergizi karena jerami yang difermentasi memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik.
  • Lebih menghemat biaya karena dapat mengurangi penggunaan pakan komersil yang mahal.
  • Mengurangi limbah jerami karena jerami sudah dapat digunakan sebagai pakan ternak.
  • Mempercepat waktu produksi protein, sehingga peternak dapat mempercepat waktu hasil produksinya.
Baca juga  Jagung Transgenik

Cara Memberikan Pakan Jerami yang Difermentasi dengan EM4

Pakan jerami yang sudah difermentasi dengan EM4 sebaiknya diberikan pada sapi dengan jumlah yang tepat. Sebaiknya tidak diberikan dalam jumlah yang terlalu banyak atau terlalu sedikit. Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pakan hijauan dan jagung sebagai sumber karbohidrat yang juga sangat dibutuhkan oleh sapi agar tubuhnya tetap sehat dan bugar.

Penutup

Fermentasi jerami dengan EM4 dapat menjadi solusi yang efektif dan efisien untuk menghasilkan pakan ternak yang berkualitas tinggi dengan biaya yang lebih rendah. Proses ini sangat mudah dilakukan dan menghasilkan pakan yang lebih sehat dan bergizi untuk sapi. Oleh karena itu, teknologi ini patut dicoba oleh peternak sapi untuk memperbaiki hasil produksi dan menghasilkan daging sapi yang berkualitas tinggi.

Simak artikel lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *