Cara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth, Mudah dan Praktis…

CCara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth-Cara mengirim aplikasi via bluetooth dari android ke android bukan permasalahan sulit karena bisa dilakukan dengan beberapa cara, sehingga kita tidak perlu download ulang apk yang sama pada saat akan menginstal di HP lain.

Tidak hanya via bluetooth melainkan kita juga dapat kirim aplikasi android via whatsapp, upload ke Google Drive, ataupun OneDrive.

Berbagai aplikasi yang bisa dipakai untuk mengirim apk ke android lain dan salah satu yang terbaik dengan tampilan yang simpel ini yakni apk extractor.

Aplikasi ini bisa ekstrak ke semua aplikasi yang terinstal di HP android lalu mengirm ke ponsel lain dengan lebih mudah termasuk apk Google Play Store tanpa harus install aplikasi yang sama pada HP penerima.

Berbeda dengan sharecloud kamu bisa berbagi apk kedua HP pengirim dan penerima harus menginstall Share Apps terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk transfer apk ke android lain ataupun ke komputer atau laptop paling mudah.

BACA JUGA : Cara Melihat Password Wifi di Laptop – Yuk Simak Tips & Trik Nya !

Cara Berbagi Aplikasi Lewat Extracor

  1. Kirim APK Android menggunakan Apk Extractor.
  2. Download aplikasi APK Extractor dari Google Play Store.
  3. Setelah terpasang kemudian jalankan.
  4. Pilih aplikasi yang ingin dikirim ke teman lalu tap menu titik 3 yang ada di pojok kanan dan pilih bagikan.

Cara Mengirim Aplikasi (Apk) Android Melewati Bluetooth

Seperti yang sudah terlihat pada gambar di atas, selain bluetooth timbul juga alternatif pengiriman apk via whatsapp dan kami sudah coba beberapa kali kesudahannya cukup memuaskan karena file yang dikirim dapat terpasang dengan baik di HP lain.

Meskipun hanya mendapat rating bintang 4 dari 64.000 + ulasan di Google Play Store karena aplikasi ini cukup sesuai untuk dicoba saat kamu ingin berbagi aplikasi ke teman via bluetooth ataupun whatsapp.

Tetapi untuk pengiriman via whatsapp tentu tidak semua file apk  bisa, mengingat batas maksimal file yang dapat dikirim via whatsapp yakni 100 MB untuk berbagai dokumen.

Kelebihan dari apk extractor, yakni pengerima tidak mesti install aplikasi ini secara khusus dahulu melainkan cukup aktifkan bluetooth lalu terima file yang dikirim.

Cara mengirim aplikasi android yang satu ini selain dapat ke sesama android melainkan dapat juga dipakai pada saat akan mengirim apk dari HP ke laptop via bluetooth karena di laptop kita tidak perlu instal aplikasi lagi, karena kita hanya perlu mengaktifkan bluetooth saja.

BACA JUGA : Penasaran Gimana Cara Melihat Orang Yang Stalking Fb Tanpa Aplikasi?

Cara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth My App Share

  1. Kirim aplikasi android dengan MyAppShare bisa via wahatsapp.
  2. Download aplikasi MyAppShare dari Google Play Store.
  3. Lalu jalankan, akan muncul daftar aplikasi yang ada pada handphone tersebut
  4. Cara transfer yaitu klik centang pada aplikasi yang akan dibagikan kemudian tap tombol share yang timbul di bagian bawah.
  5. Kirim aplikasi android dengan MyAppShare bisa via whatsapp.
  6. Pilih kemana kamu akan membagikan file tersebut, dapat ke bluetooth, whatsapp, google drive, one drive, export ke SD card dan lainnya.
  7. Aplikasi ini hampir sama dengan Extractor karena memiliki tampilan lebih simpel dan kemungkinan tidak bisa berjalan di android terbaru.

BACA JUGA : Cara membuka WhatsApp di laptop atau PC tanpa aplikasi

Cara Berbagi Aplikasi Lewat Bluetooth ES File Manager

Tetapi pada percobaan ini kami mengaplikasikan android 10 dan rupanya kesudahannya lancar, selain via Bluetooth ada beraneka alternatif lain untuk mengirim aplikasi android yakni ke whatsapp, google drive, malahan dapat juga exsport ke memory card.

Tidak heran bila dari 147 ribu lebih ulasan, MyAppShare mendapatkan bintang 4,6 atau lebih tinggi dari APK Extractor.

Tetapi kekurangannya yakni aplikasi ini sudah tidak update semenjak 2017 jadi kemungkinan akan melainkan dapat dipakai selamanya cukup kecil mengingat OS android terus update.

Itulah salah satu mengapa kami simpan aplikasi ini pada ututan kedua, karena tidak ada pembaruan padahal memang fiturnya cukup keren.

  1. Berbagi apk menggunakan ES file manager.
  2. Download aplikasi ES file manager file explorer dari google play store.
  3. Lalu jalankan lewat halaman utama (Home) dengan memilih user apps.
  4. Tap titik 3 pada bagian kanan aplikasi yang berharap dibagikan lalu pilih backup.
  5. Kirim aplikasi android.
  6. Klik tab menu yang terdapat di pojok kiri atas kemudian pilih APK.
  7. Terakhir pilih via apa kamu berharap share aplikasi tersebut, dapat via bluetooth atau whatsapp dan lainnya.
  8. Berbagi apk menggunakan ES File Manager.
  9. Aplikasi ES File manager ini yakni memiliki proses yang cukup panjang, tidak semudah pada saat menggunakan 2 aplikasi sebelumnya.

Demikian, 3 cara mengirim aplikasi android ke handphone lain ataupun ke laptop via bluetooth yang bisakamu coba.

Akan melainkan kamu perlu beritahukan bahwa kemungkinan aplikasi di atas dapat saja sudah tidak dapat dipakai lagi untuk transfer aplikasi android, bisa karena tidak ada update dan lain sebagainya.

Apakah bisa kirim aplikasi android ke PC atau laptop? bisa yaitu dengan menggunakan salah satu aplikasi yang sudah di bahas di atas, karena pengirimannya terbatas hanya menggunakan bluetooth atau whatsapp.

Mengapa tidak dapat kirim apk ke sesama android? seperti sudah disebutkan sebelumnya kemungkinan aplikasi share apps yang kamu gunakan sudah tidak kompatible dengan OS android yang dipakai.

Kesimpulan

Saat ini ada banyak alternatif cara mengirim aplikasi android via bluetooth ke sesama perangkat android ataupun laptop.

Tetapi tentu saja tidak ada aplikasi yang total, dapat jadi apa yang sudah disebutkan di atas tidak dapat berjalan di HP kamu contohnya sebab sudah tidak kompatible dan lain sebagainya.

Sebagai contohnya dahulu sharecloud dapat untuk mengirim file apk melainkan kini tidak dapat, setiap kali coba kirim via bluetooth timbul pesan kesalahan file apk tidak dapat dikirim.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk pembaca, Selamat mencoba!