41+ Cara Agar Perkutut Cepat Bertelur

Posted on

Hei guys, udah tahu belum cara agar burung perkutut cepat bertelur? Kalau belum, aku punya tips nih yang mungkin bisa membantu kamu yang lagi sibuk merawat burung perkutut di rumah. Yuk simak tipsnya!

Cara 1: Berikan Pakan yang Bervariasi

burung perkutut

Apa yang kamu berikan ke burung perkutut kamu? Kalau cuma satu jenis pakan aja, mungkin itu jadi salah satu alasan burung perkutut kamu nggak cepat bertelur. Cobalah untuk memberikan pakan yang bervariasi seperti jangkrik, ulat hongkong, voer, dan juga buah-buahan. Dijamin burung perkutut kamu jadi lebih sehat dan semangat untuk bertelur.

Cara 2: Pencahayaan yang Cukup

cahaya

Burung perkutut termasuk burung yang sangat sensitif dengan cahaya. Pencahayaan yang cukup akan membuat burung perkutut lebih nyaman dan semangat untuk bertelur. Cobalah untuk memberikan pencahayaan yang cukup selama 10-12 jam perharinya. Nggak perlu terlalu terang, cukup pencahayaan yang cukup dan nyaman saja.

Cara 3: Kandang yang Bersih

kandang

Kandang burung perkutut harus selalu dijaga kebersihannya. Kotoran yang menumpuk bisa membuat burung perkutut menjadi tidak nyaman dan tidak semangat untuk bertelur. Selain itu, burung perkutut juga lebih rentan sakit kalau di kandang yang kotor. Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang burung perkutut kamu secara rutin ya.

Cara 4: Jangan Asal Pindah Kandang

pindah kandang

Sering pindah kandang bisa membuat burung perkutut menjadi stres dan tidak semangat untuk bertelur. Jadi cobalah untuk membuat kandang yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan burung perkutut kamu agar burung perkutut kamu bisa nyaman dan semangat.

Baca juga  Ayam Goreng Ibu Haji

Cara 5: Memberikan Nutrisi yang Cukup

nutrisi

Memberikan nutrisi yang cukup juga bisa membuat burung perkutut kamu cepat bertelur. Cobalah untuk memberikan nutrisi yang cukup seperti vitamin, mineral, protein, dan juga nutrisi lainnya yang diperlukan oleh burung perkutut kamu.

Nah, itu dia tips singkat agar burung perkutut cepat bertelur. Semoga tips ini bisa membantu kamu yang lagi ingin burung perkutut kamu cepat bertelur ya. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan burung perkutut kamu agar burung perkutut kamu sehat dan tetap semangat.

Baca artikel lainnya seputar Telur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *