Cabai Yang Dipetik Lani Seberat 5 Ons

Posted on

Selamat datang di situs pembelajaran Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 2 SD MI Subtema 3 Halaman 112 dan 113. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tumbuhan cabai yang menjadi salah satu bahan makanan yang cukup terkenal di Indonesia.

Tentang Tanaman Cabai

Gambar Tanaman Cabai

Tanaman cabai yang mempunyai nama latin Capsicum annuum ini, berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini masuk ke Indonesia sekitar abad ke 16 melalui jalur perdagangan Portugis yang masuk ke Maluku. Dalam bahasa Indonesia, tanaman cabai juga dikenal dengan sebutan lombok atau cengek.

Tumbuh dan Berkembangnya Cabai

Gambar Tanaman Cabai

Tanaman cabai dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 30-40 cm untuk cabai rawit atau hingga 1-1,5 m untuk cabai besar seperti cabai merah dan hijau. Tanaman cabai dapat hidup dalam iklim tropis kering maupun basah dengan suhu udara sekitar 25-30 derajat celcius. Selain itu, tanaman cabai dapat ditanam di lahan yang cukup subur dengan pH tanah sekitar 6-7.

Manfaat Tanaman Cabai

Manfaat Tanaman Cabai

Tanaman cabai mempunyai beberapa manfaat, antara lain:

  • Sumber antioksidan, cabai mengandung senyawa capsaicin, vitamin C dan beta-carotene yang berguna untuk menghilangkan radikal bebas di dalam tubuh.
  • Menurunkan risiko penyakit jantung, cabai dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah dan kolesterol, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan metabolisme tubuh, kandungan capsaicin dalam cabai dapat membantu meningkatkan energi dan metabolisme tubuh, sehingga dapat membantu mengurangi berat badan.
  • Menyembuhkan nyeri, kandungan capsaicin dalam cabai dapat membantu mengurangi rasa sakit pada sendi dan otot.
  • Membantu pencernaan, kandungan capsaicin dalam cabai dapat membantu meningkatkan produksi saliva, asam lambung dan enzim pencernaan yang berfungsi untuk membantu pencernaan.
Baca juga  Bawang Putih Hijau

Jenis-jenis Tanaman Cabai

Jenis Tanaman Cabai

Di Indonesia, terdapat beberapa jenis tanaman cabai yang sering digunakan sebagai bahan masakan, antara lain:

  • Cabai Rawit, cabai ini sering digunakan sebagai bahan masakan seperti sambal dan membuat makanan menjadi lebih pedas.
  • Cabai Merah, selain digunakan sebagai bahan masakan, cabai merah juga sering dijadikan bumbu dalam pembuatan produk makanan seperti kentang goreng, kerupuk, dan lain-lain.
  • Cabai Hijau, cabai hijau sering digunakan untuk membuat makanan berkuah dan mie goreng.
  • Cabai Keriting, cabai keriting sering digunakan sebagai bahan sup, atau dijadikan bumbu dalam masakan seperti nasi goreng.

Cara Menanam Tanaman Cabai

Cara Menanam Tanaman Cabai

Berikut cara menanam tanaman cabai:

  1. Menyiapkan benih atau bibit cabai.
  2. Memilih lahan yang cukup dengan pH tanah sekitar 6-7 dan disiapkan dengan baik.
  3. Membersihkan lahan dari gulma dan membuat bedengan dengan tinggi sekitar 20-30 cm dan lebar sekitar 50-60 cm.
  4. Menabur benih atau menanam bibit cabai pada bedengan yang telah disiapkan. Jarak tanam antar tanaman cabai sekitar 40-50 cm.
  5. Memberi pupuk organik terlebih dahulu sekitar 2-3 minggu setelah tanam.
  6. Menyiram tanaman cabai dengan air secara teratur.

Demikianlah pembahasan mengenai tanaman cabai, semoga bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa lagi di kesempatan yang lain.

Simak postingan lainnya tentang Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *