Bumbu Sop Ayam Kuning

Posted on

Pada hari yang dingin ini, pasti ada yang merasa ingin memakan sesuatu yang hangat dan nikmat, salah satunya adalah sop ayam. Nah, kali ini kami akan berbagi cara membuat sop ayam yang lezat dan sangat mudah untuk dipraktekkan di rumah.

Untuk membuat sop ayam, kita membutuhkan beberapa bahan, antara lain:
– 500 gram ayam potong
– 2 batang daun bawang, iris tipis
– 2 cm jahe, memarkan
– 1 batang serai, memarkan
– 2 lembar daun salam
– 1 liter air
– 2 butir cengkeh
– 2 buah kapulaga
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh merica bubuk
– 2 sendok makan minyak goreng
– 1 buah wortel, potong kecil
– 1 buah kentang, potong kecil
– 100 gram jagung manis kalengan, tiriskan
– 1 sendok makan kecap manis
– 1 sendok teh kaldu ayam bubuk
– 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Setelah menyiapkan bahan di atas, kita bisa mulai memasak sop ayam. Pertama, panaskan minyak pada wajan dengan api sedang, lalu tumis jahe, serai, daun salam, cengkeh, dan kapulaga sampai harum, sekitar 2-3 menit. Setelah itu, tambahkan ayam, aduk hingga ayam berubah warna dan permukaannya mulai terlihat kecokelatan.

Tambahkan air dan garam ke dalam wajan, lalu masak ayam dengan api sedang selama sekitar 30 menit hingga ayam empuk. Setelah itu, angkat ayam dari wajan, tiriskan, dan sisihkan.

Ambil 1 liter air rebusan ayam tadi, masukkan wortel dan kentang ke dalamnya, masak dengan api sedang selama sekitar 5-10 menit hingga sayuran mulai empuk. Setelah itu, masukkan jagung dan masak selama 5 menit lagi.

Tambahkan ayam yang sudah dipisahkan ke dalam wajan, aduk rata. Tuangkan kecap manis dan kaldu ayam bubuk, aduk kembali hingga semua bahan menyatu. Masak selama 5-10 menit lagi hingga sop terasa gurih.

Baca juga  22+ Resep Orak Arik Telur Wortel Kol

Setelah matang, tambahkan potongan daun bawang sebagai finishing touch.

Sop ayam siap disajikan! Nikmati sop ayam dengan nasi putih hangat atau roti tawar. Berikut ini adalah foto-foto sop ayam yang berhasil kami buat:

Daftar Isi

Sop Ayam Hangat Nan Gurih

Sop Ayam

Tekstur ayam yang empuk dan aroma rempah yang harum akan membuat sop ayam ini jadi hidangan favorit keluarga. Rasanya yang gurih dan sedap akan membuat Anda ingin menambahkan nasi lagi dan lagi.

Tunggu apalagi? Coba resep sop ayam yang mudah dan praktis ini di rumah dan nikmati kehangatannya di hari yang dingin. Selamat mencoba!

Baca postingan lainnya tentang Ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *