Bumbu Gimbal Jagung

Posted on

Ada satu resep yang akan membuat lidah kalian bergoyang dengan kelezatan yang tak terbantahkan! Gimbal Jagung! Gimbal Jagung adalah hidangan Indonesia yang istimewa, menyajikan rasa legit dari jagung manis dengan rasa pedas dan gurih dari bumbu gimbal. Bahan dasar yang digunakan sangat sederhana dan mudah ditemukan di pasar tradisional, sehingga kalian dapat membuat hidangan ini kapan saja di rumah.

Cara Membuat Gimbal Jagung

Resep Gimbal Jagung oleh Shanty Yuniar - Cookpad

Pertama-tama, siapkan jagung manis yang sudah dikupas dari bijinya. Kemudian, haluskan jagung dengan menggunakan blender atau chopper. Setelah itu, campurkan dengan tepung beras, daun bawang cincang, garam, lada, bawang putih yang telah dihaluskan, dan juga air secukupnya sampai adonan tercampur rata.

Resep Gimbal Jagung oleh Shanty Yuniar - Cookpad

Selanjutnya, panaskan minyak dalam wajan. Ambil satu sendok makan adonan jagung dan goreng sampai warna kuning kecoklatan dan matang. Setelah itu, tiriskan gimbal jagung dengan menggunakan tisu dapur untuk menghilangkan minyak yang berlebih.

Resep Gimbal Jagung oleh Shanty Yuniar - Cookpad

Sementara gimbal jagung tengah digoreng, buat bumbu gimbalnya. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng di dalam wajan, lalu tambahkan sedikit air, garam, gula merah, cuka, dan juga cabe rawit yang sudah dihaluskan. Aduk sampai merata dan masak sampai matang.

Resep Gimbal Jagung oleh Shanty Yuniar - Cookpad

Setelah gimbal jagung sudah matang, masukan gimbal jagung ke dalam wajan yang berisi bumbu gimbal. Aduk rata dan masak sampai matang, sambil sesekali dicampur hingga meresap. Gimbal jagung siap dihidangkan.

Tips

Resep Gimbal Jagung oleh Shanty Yuniar - Cookpad

Untuk mendapatkan gimbal jagung yang renyah tapi tetap lembut, jangan menggunakan air terlalu banyak pada adonan jagung dan cepat-cepatlah memasukan adonan ke dalam wajan panas ketika membuat gimbal jagung.

Baca juga  Tanaman Jagung Sejak Benih Ditanam Dapat Dipanen Setelah

Untuk bumbu gimbal, sesuaikan dengan selera pedas kalian. Namun, hati-hati jangan terlalu banyak memasukan gula merah atau garam.

Mari mencoba membuat hidangan yang lezat ini dan Anda pasti akan merasakan kelezatan dan keunikan dari gimbal jagung, terutama saat disajikan sebagai makanan pencuci mulut atau sebagai snack sore hari. Selamat mencoba dan nikmati!

Baca artikel lainnya seputar Sayur-sayuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *