Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi August 2022
manfaat buah blackberry

Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi

Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi – Hipertensi atau tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap sepele. Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi ini akan memicu berbagai komplikasi hipertensi yang dapat mengganggu kesehatan Anda. Salah satu cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi adalah dengan menerapkan pola makan sehat, mulai dari memilih menu makanan penurun hipertensi, menghitung kalori, dan memantau porsinya.

Buah yang bermanfaat sebagai penurun darah tinggi

Selain makanan-makanan di atas, beberapa buah juga dapat menurunkan tekanan darah sehingga cocok untuk dikonsumsi penderita hipertensi. Berikut buah yang bisa Anda pilih untuk dikonsumsi sehari-hari:

1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Selain murah, pisang juga bermanfaat sebagai makanan penurun darah tinggi.

Kandungan kalium yang tinggi dalam buah pisang dapat membantu menyeimbangkan kadar natrium yang tinggi dalam tubuh para penderita hipertensi, sehingga makanan ini dinilai efektif sebagai penurun hipertensi. Anda dapat mengonsumsi pisang secara langsung atau juga sebagai teman untuk makan sereal atau yogurt.

2. Buah berry

Buah-buahan kelompok berry, terutama blueberry, mengandung senyawa flavonoid. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa flavonoid dapat mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi sehingga cocok untuk penderita hipertensi. Anda bisa mengonsumsi satu cangkir bluberry setiap hari dan bisa menambahkannya pada yogurt atau sereal pagi Anda.

3. Buah bit

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum jus bit dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Salah satu penelitian yang membuktikan hal tersebut datang dari penelitian yang diterbitkan oleh Nutrition Journal pada 2013. العاب تجلب المال Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa terjadi penurunan tekanan darah sistolik setelah enam jam mengonsumsi jus bit, terutama pada partisipan pria.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan nitrat, yang ditemukan dalam buah bit, bisa menjadi sumber makanan penurun darah tinggi. Anda dapat mengonsumsi buah bit dengan cara dijus atau dimasak (dipanggang atau dikukus).

4. Delima

Buah delima atau juga disebut pomegranate memiliki khasiat sebagai makanan penurun hipertensi.

Penelitian yang dipublikasikan oleh Plant Foods for Human Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi jus buah delima lebih dari satu gelas setiap hari selama empat minggu dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Kandungan kalium dan polifenol dalam buah delima diyakini berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Kandungan polifenol tinggi juga bisa Anda temukan di cokelat hitam, minyak zaitun, dan teh kembang sepatu.

5. Kiwi

Kiwi merupakan salah satu buah atau makanan yang dianjurkan untuk penderita tekanan darah tinggi. Pasalnya, kiwi mengandung kalsium, magnesium, dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah. قوانين البلاك جاك

Selain mengandung ketiga mineral tersebut, buah kiwi juga kaya akan vitamin C yang bersifat antioksidan. bwin Antioksidan ini dapat membantu tubuh Anda dalam melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh.

6. Alpukat

Manfaat alpukat sudah dikenal oleh banyak orang. Selain bagus untuk kesehatan kulit, ternyata alpukat juga bisa dijadikan sebagai salah satu makanan penurun darah tinggi.

Alpukat merupakan buah yang kaya akan lemak baik serta vitamin dan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium yang cocok untuk menurunkan tekanan darah.

7. TomatMakanan tinggi kalium lainnya yang cocok untuk penurun darah tinggi yaitu tomat. Hal ini dibuktikan melalui sebuah studi oleh Tokyo Medical and Dental University dan Tucson Plant Breeding Institute, dengan 184 pria dan 297 wanita sebagai partisipan yang diminta untuk minum jus tomat tawar setiap hari selama setahun.

Hasilnya, tekanan darah pada 94 peserta penderita hipertensi mengalami penurunan, dengan tekanan darah sistolik turun dari sebesar 141,2 ke 137 mmHg, sedangkan angka diastolik menurun dari 83,3 ke 80,9 mmHg. Meskipun tidak dituliskan secara pasti apa kandungan dalam tomat yang dapat menurunkan tekanan darah, ada kemungkinan kandungan antioksidan dan karotenoid yang terdapat di tomat berperan penting.

8. Jeruk

Kandungan yang terdapat pada buah jeruk, salah satunya kalium, ternyata juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah Anda. Sebuah studi yang dilaksanakan oleh tim peneliti Cleveland Clinic membuktikan hal tersebut.

Sebanyak 25 partisipan dengan penyakit jantung mengikuti penelitian ini dan diminta untuk minum dua gelas jus jeruk sehari. Hasilnya, tekanan darah para partisipan tersebut menurun secara signifikan. Bahkan, dua minggu setelahnya, sebagian besar partisipan memiliki tekanan darah yang normal.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikan pengaruh jeruk pada penurunan tekanan darah.

9. Semangka

Semangka juga merupakan makanan lain yang dapat Anda manfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan L-citrulline dan L-arginine pada semangka berperan dalam menurunkan tekanan darah.

Menurut sebuah studi yang terdapat di American Journal of Hypertension, kandungan sitrulin yang terdapat di semangka dapat menurunkan angka sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi.

Penurunan ini lebih jelas terlihat pada pasien penderita tekanan darah tinggi pada bagian pergelangan kaki (ankle blood pressure) dan lengan atas (brachial blood pressure), terutama pada pasien dengan berat badan berlebih dan berusia 50 tahun ke atas.

10. Nanas

Buah lainnya yang dapat Anda konsumsi sebagai penurun tekanan darah adalah nanas. Buah yang identik dengan rasa asam ini kaya akan kalium, yang bermanfaat untuk penderita hipertensi.