Bonsai Sancang Varigata

Posted on

Eh, ada foto baru nih yang bikin gue tertawa ngakak. Gue baru aja liat foto bonsai yang lucu banget. Mulutnya kecil, pipinya montok kayak si Doraemon, nyaris bikin gue pengen nyubit-nyubit. Hahaha. Kalian juga harus liat ini deh, ini bukan sekedar foto bonsai biasa.

Nih Cebolnya, Keliatan Imut Imut Gimana Gitu

Bonsai Berdasarkan Sancang

Beneran deh, kalian juga pasti nggak tahan liat foto ini. Kalau dilihat sekilas kayak imut-imut gitu. Apalagi yang kayak gue, pasti kalian juga tertawa ngakak kan?

Tapi tau nggak sih, ini sebenarnya bukan tanaman anyar loh. Ini adalah bonsai berdasarkan sancang. Nah kalau kalian belum tahu, sancang itu adalah tanaman yang biasa digunakan untuk sayur-sayuran.

Tapi ternyata, dari sancang ini bisa dimodifikasi jadi bentuk bonsai yang unik kayak gini loh. Gila ya. Sancang yang dulunya cuma bikin nasi goreng jadi bahan bercandaan. Hahaha.

Tapi menurut gue, kalau ini dijual kayaknya akan banyak juga yang beli. Ini cocok dipajang di meja, di taman, atau di mana saja. Orang yang liat pasti nggak bisa nggak senyum atau ketawa deh. Apalagi kalau lagi patah hati, dia pasti jadi happy deh liat ini. For sure.

Nah Ini Dia, Rahasia Bonsai Sancangnya

Sancang Penyedap Masakan

Kira-kira, gimana sih caranya membuat bonsai dari sancang kayak ini? Kalau kalian kepo, gue punya jawabannya. Setelah gue cari-cari di Google, ternyata untuk membuat bonsai sancang ini nggak terlalu susah loh. Kalian bisa mencobanya di rumah dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Pilih sancang yang bagus kualitasnya. Pastikan sancang yang dipilih itu segar dan berdaun lebat. Ya, kunci dari bonsai sancang yang indah adalah adanya daun yang melimpah.
  2. Potong batang sancang tersebut menjadi sesuai ukuran bonsai yang diinginkan. Kalau untuk ukuran kecil, potong di atas akar. Kalau untuk yang lebih besar, bisa dipotong di sisi batangnya.
  3. Setelah itu, rendam bonggol tersebut dalam air selama kurang lebih 24 jam. Tujuan dari perendaman ini adalah untuk melunakkan tekstur sancang agar dapat dibentuk dengan mudah.
  4. Setelah 24 jam, ambil bonggol dan rapatkan daun-daun yang ada di batang sancang. Hal ini dilakukan agar nantinya jadi bentuk bonsainya bisa seimbang dan enak dipandang.
  5. Setelah itu, tinggal bentuk sancang tersebut seperti bentuk-bentuk yang diinginkan. Kalau mau kayak yang di foto tadi, bisa dibentuk mirip-mirip itu.
  6. Jangan lupa, setelah selesai dibentuk jangan lupa siram air ya. Siram setiap hari karena sancang ini termasuk tanaman yang membutuhkan banyak air untuk bisa bertahan hidup.
Baca juga  Chamaecyparis Obtusa Bonsai

Gampang banget kan? Nah, kalau kalian ingin mencobanya, silakan saja. Gue juga sedang merencanakan membuat bonsai sancang kayak gini loh. Kalau jadi nanti, gue share juga deh di sini.

Sebelumnya kalian pernah denger nggak sih tentang bonsai ini? Soalnya gue baru tahu loh. Kalau boleh jujur, ini lucu banget dan nggak mau dilewatin aja deh kalau udah liat fotonya. Hahaha. Menurut kalian, apa ini lucu atau aneh sih? Comment yuk di kolom bawah.

Baca tulisan lainnya tentang Bonsai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *